Senin, 15 Mei 2023

UTS Psikologi Industri dan Organisasi : Lomba Poster dan Essay "MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI UNTUK MENDUKUNG PERKEMBANGAN INOVASI DI ERA SOCIETY 5.0"

Nama : Akeng arbi putra

Nim    : 22310410130

Kelas  : Reguler A1

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA




Link Postingan : 

https://www.instagram.com/p/CsQhQ0YytdI/?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==


Pendahuluan

teknologi digital untuk diaplikasikan pada kehidupan manusia. Meski begitu, Society 5.0 tetap mengandalkan manusia sebagai komponen utamanya.

Sebab, konsep Society 5.0 ini memang dibuat sebagai solusi atas Revolusi Industri 4.0 yang ditakutkan akan mendegradasi umat manusia

Society 5.0 sendiri baru saja diresmikan pada 21 Januari 2019. Konsep ini diharapkan dapat menetralisir, bahkan menyelesaikan segala masalah pada sistem dunia maya maupun sosial.

Permasalahan

di Era Society 5.0, Society 5.0 adalah suatu konsep masyarakat yang berpusat pada manusia (human-centered) yang berbasis kepada penggunaan teknologi (technology based)
Strategi dan Metode Pembelajaran Era Society 5.0 di Perguruan Tinggi, Society 5.0 adalah era di mana semua teknologi adalah bagian dari manusia itu sendiri. Internet bukan hanya sekadar untuk berbagi informasi melainkan untuk menjalani kehidupan.

Pembahasan

Society 5.0 juga bertujuan untuk menciptakan Jenis teknologi masa depan merupakan hasil dari pemikiran manusia yang seiring berjalannya waktu terus mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut tak lain berasal dari berbagai permasalahan hidup dan kebutuhan yang seringkali dihadapi.

Munculnya teknologi masa depan merupakan salah satu bentuk perkembangan zaman yang terus berjalan semakin cepat. Bahkan, saat ini manusia pun telah memiliki deretan hasil teknologi yang semakin memudahkan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

kondisi masyarakat yang lebih siap dalam menyelesaikan berbagai tantangan sosial. Caranya dengan memasukkan inovasi revolusi industri 4.0 (seperti AI, Robot, dan Big Data) ke dalam tatanan sosial.

Oleh karenanya, proses inovasi dan kebaruan menjadi sebuah keniscayaan yang tidak dapat dihindari untuk menciptakan layanan secara terus menerus. Hal ini dimaksudkan untuk mewujudkan dan membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih selaras dan berkelanjutan.

Peradaban manusia akan terus tumbuh dan berkembang seiring dengan kemajuan zaman. Dengan adanya konsep Society 5.0, diharapkan dapat menciptakan pembangunan yang berkelanjutan dan berkesinambungan.

Maka dari itu, dirilisnya konsep Society 5.0 juga merupakan jawaban dari tantangan yang sedang dihadapi Jepang. Yang mana saat ini Jepang sedang mengalami masalah akibat berkurangnya populasi. Hal tersebut pun membuat penduduk pada usia produktif menjadi berkurang.

Penyelesaian

Jenis teknologi masa depan merupakan hasil dari pemikiran manusia yang seiring berjalannya waktu terus mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut tak lain berasal dari berbagai permasalahan hidup dan kebutuhan yang seringkali dihadapi.

Munculnya teknologi masa depan merupakan salah satu bentuk perkembangan zaman yang terus berjalan semakin cepat. Bahkan, saat ini manusia pun telah memiliki deretan hasil teknologi yang semakin memudahkan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Referensi

https://www.merdeka.com/trending/jenis-teknologi-masa-depan-super-canggih-ketahui-dampak-penggunaannya-kln.html

https://m.kumparan.com/amp/berita-bisnis/society-5-0-definisi-dan-tujuannya-diterapkan-dalam-kehidupan-manusia-1zFeRrFJZDw

0 komentar:

Posting Komentar