Minggu, 14 Mei 2023

UTS PSIKOLOGI SOSIAL : LOMBA FOTO "QUALITY TIME WITH FAMILY"

 Quality Time Bersama Keluarga

Tegar Chandra Surya Perdana

22310410028

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Link Partisipasi Lomba :

https://www.instagram.com/p/CsOdl6YPS1r/?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==

 

Pendahuluan

Quality time bisa didefinisikan sebagai waktu yang Anda gunakan untuk memberikan perhatian serta beraktivitas bersama seluruh anggota keluarga di rumah, yaitu pasangan, anak, orang tua, dan saudara tanpa terganggu oleh hal-hal lain pada saat bersamaan. Kesibukan apapun tak boleh membuat Anda lalai melakukan quality time keluarga supaya bisa mendapatkan banyak manfaat dari rutinitas tersebut.

Permasalahan

Semakin kita dewasa semakin banyak juga aktivitas yang kita lakukan mulai dari hal kecil hingga hal yang besar, dan aktivitas tersebut terkadang membuat kita menjadi stress. Dampak yang di berikan dari stress tersebut bisa menyebabkan masalah tersediri terhadap lingkungan kita terutama terhadap keluarga, sering kali jika sedang stress kita melampiaskannya kepada keluarga kita sendiri mau itu disengaja ataupun tidak disengaja.

Penyelesaian dan Pembahasan

Stres adalah perubahan reaksi tubuh ketika menghadapi ancaman, tekanan, atau situasi yang baru. Ketika menghadapi stres, tubuh akan melepaskan hormon adrenalin dan kortisol. Kondisi ini membuat detak jantung dan tekanan darah akan meningkat, pernapasan menjadi lebih cepat, serta otot menjadi tegang.

Stres umum dirasakan setiap orang, baik dewasa maupun anak-anak. Saat mengalami stres, tubuh akan menjadi waspada terhadap tantangan atau bahaya yang mengancam.

Pengobatan Stres

Stres dapat diatasi secara mandiri. Namun, manajemen stres bukan bertujuan untuk menghilangkan stres sepenuhnya, tetapi mengelolanya agar aktivitas sehari-hari tidak terganggu.

Manajemen stres yang dapat dilakukan, yaitu:

Identifikasi penyebab stres

Cara ini dilakukan dengan mencari tahu apa yang memicu stres, seperti masalah pekerjaan, situasi rumah, atau hubungan dengan orang lain.

Quality Time bersama keluarga

Melakukan aktivitas bersama keluarga sebagai bentuk quality time juga bermanfaat untuk mengurangi stress yang dirasakan. Hal ini tidak hanya berlaku untuk orang tua saja, tapi juga untuk anak-anak.

Manfaat yang bisa kita sekeluarga dapatkan jika meluangkan quality time secara teratur yaitu meningkatkan kesehatan mental seluruh anggota keluarga karena setiap anggota keluarga merasa nyaman berinteraksi satu sama lain. Hal ini membuat risiko stres, depresi, gangguan kecemasan, dan masalah kesehatan mental lainnya dapat diminimalkan.

Tips Quality Time Efektif Bersama Keluarga

Setiap keluarga pasti punya cara masing-masing untuk melakukan quality time. Cobalah beberapa tips berikut ini supaya quality time jadi lebih efektif :

  • Meluangkan waktu secara teratur untuk quality time keluarga, misalnya menetapkan hari minggu sebagai waktu berkumpul keluarga di rumah. Dengan demikian, seluruh anggota keluarga bisa melakukan aktivitas pribadi pada hari lain dan meluangkan waktu pada hari quality time yang telah ditentukan.
  • Menjauhkan diri sendiri dan keluarga dari berbagai gangguan quality time, misalnya bermain gadget dan tumpukan pekerjaan. Anda bisa membuat permainan sederhana yang menantang selama quality time. Contohnya, anggota keluarga yang pertama kali tergoda menggunakan gadget saat quality time harus mentraktir seluruh anggota keluarga.
  • Mengajak seluruh anggota keluarga merencanakan kegiatan seru secara bergantian. Sehingga semua anggota keluarga bisa memberikan ide tentang aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan bersama-sama.
  • Menahan ego untuk membicarakan hal-hal bersifat sensitif (misalnya bertanya tentang rencana menikah, prestasi, atau pekerjaan anggota keluarga lain) sehingga momen quality time berlangsung menyenangkan tanpa menyinggung perasaan salah seorang anggota keluarga.
  • Menyisihkan uang tabungan secara disiplin supaya Anda sekeluarga bisa merasakan quality time di luar rumah, misalnya staycation atau mengunjungi destinasi wisata impian.

 

 

 

 

Pustaka dan Daftar Pustaka

Pittara, d. (2022, Maret 10). Stres. Retrieved from alodokter.com: https://www.alodokter.com/stres

Pondokgalih. (2022, November 30). Penting Dilakukan, Ketahui Berbagai Manfaat Quality Time Bersama Keluarga. Retrieved from bebekpondokgalih.com: https://bebekpondokgalih.com/manfaat-quality-time-bersama-keluarga/

Yonada, D. (2022, February 8). Mengapa Quality Time Bersama Keluarga Sangat Penting? Retrieved from cleanipedia.com: https://www.cleanipedia.com/id/keluarga/mengapa-quality-time-bersama-keluarga-sangat-penting.html

0 komentar:

Posting Komentar