Senin, 15 Mei 2023

UTS Psikologi Industri & Organisasi Membuat Essay dan Mengikuti Lomba

   

                              Meningkatkan Literasi Digital Di Kalangan Karyawan pada Era 5.0

Ujian Tengah Semester Psikologi Industri & Organisasi


Ester Therecia Hermin Rumbewas

22310410103

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




Link Partisipasi Lomba:
https://instagram.com/p/CsRsFRYyw8O/

Pendahuluan:
Society 5.0 adalah sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi. Pada era ini, masyarakat diharapkan mampu menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era revolusi industri 4.0 untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

Untuk memahami perkembangan Society 5.0 ini, kita perlu memahami juga generasi-generasi sebelumnya dimulai dari Society 1.0 hingga Society 4.0.
Society 1.0: Era berburu dan manusia baru mengenal tulisan
Society 2.0: Era pertanian di mana manusia mengenal cocok tanam
Society 3.0: Era industri di mana manusia mulai menggunakan mesin untuk aktivitas sehari-hari
Society 4.0: Era teknologi komputer hingga internet untuk menunjang kegiatan manusia
Society 5.0: Era teknologi di mana semua teknologi merupakan bagian dari manusia itu sendiri.

Permasalahan:
Era Society 5.0 juga memberikan dampak negatif yaitu banyaknya pekerjaan dan profesi lama yang hilang tergerus oleh waktu, lingkungan yang terancam, dan tersisihnya SDM yang tidak unggul, tidak berkompeten serta tidak mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi karena tidak mampu bersaing.

Pembahasan:
Kurangnya pengetahuan karyawan terhadap memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan produk/jasa merupakan tantangan tersendiri bagi karyawan. Tingkat kesiapan penggunaan teknologi dan cara mendigitalkan berbagai proses bisnis dapat dinilai dari tingkat kesadaran digital, tingkat kemampuan investigasi digital, kolaborasi digital, dan kemampuan transformasi digital. Pemahaman literasi digital dan TIK berdampak positif bagi pelaku usaha karena menunjukkan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan secara signifikan dipengaruhi oleh kualitas layanan. Hal ini menunjukkan bahwa apa yang diantisipasi dalam hal kualitas pelayanan sesuai dengan apa yang dirasakan konsumen, sehingga menimbulkan perasaan puas terhadap tingkat pelayanan yang diterima.
Karyawan yang mempunyai kinerja yang baik dapat ditentukan oleh optimisme untuk mencapai keberhasilan. Hal ini bermakna bahwa karyawan tersebut mampu meningkatkan optimisme atau dengan cara menggunakan dengan baik yang tersedia seperti(a) Memiliki visi pribadi dalam hidup, (b)Bertindak konkrit, (c) Berpikir Realistis, (d) Menjalin hubungan sosial, (e) Berpikir Proaktif, (f) Berani melakukan trial and error. Hal ini bermakna bahwa literasi digital perlu ditingkatkan lagi melalui beberapa cara seperti: (1) kompetensi informasi, (2) kompetensi komunikasi, (3) kemampuan dasar literasi digital dan (4) sikap dan prespektif penggunain formasi.

Penyelesaian:
Untuk itu, pada era society 5.0 sangat membutuhkan SDM yang unggul dan berdaya saing tinggi. Agar terbentuknya SDM yang unggul dan berdaya saing, tentu para SDM tersebut harus memiliki kompetensi. Ada beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh SDM di era society 5.0 diantaranya yaitu:

1. Leadership yaitu, kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin. Di era ini kita di tuntut untuk menjadi setidaknya pemimpin bagi diri kita sendiri, berani mengambil keputusan kuat terhadap tantangan dan siap dalam situasi apapun. Seorang pemimpin yang hebat tentunya akan menghasilkan keputusan yang hebat, yang berdampak kepada orang-orang yang dipimpinnya.
2. Language skills yaitu, kemampuan berbahasa asing khususnya bahasa Inggris merupakan kemampuan yang harus dimiliki di era revolusi 5.0 ini. Mengapa ? karena di era ini tidak ada lagi batasan yang membuat kita dapat berkomunikasi lintas negara, dan untuk memudahkan kita menjalin komunikasi dengan berbagai macam orang di seluruh dunia maka kemampuan berbahasa standar internasional adalah salah satu hal yang perlu dimiliki di era 5.0. Kemampuan berbahasa asing khususnya bahasa inggris merupakan hal mutlak yang harus dimiliki oleh karena setiap sistem yang berbasis teknologi secara menyeluruh saat ini telah memberikan petunjuk (instruksi) penggunaan dalam bahasa inggris, bagaimana mungkin kita dapat mengoperasikan teknologi canggih dan bersaing jika untuk mengoperasikan teknologi dengan panduan bahasa asing saja kita tidak mengerti.
3. IT Literacy yaitu, di era 5.0 dimana teknologi IT menjadi penggerak utama, semua literatur mengenai pengetahuan dapat di cari menggunakan internet. Di masa 5.0 diperlukan SDM yang memiliki kemauan mengembangkan dan meningkatkan ilmu pengetahuan. Di era 5.0 ini semua pengetahuan dapat kita cari dengan menggunakan internet, untuk itu maka kita seharusnya mampu memiliki pengetahuan yang lebih luas, akurat dan tanpa batasan karena semua data dapat di cari dengan mudah saat ini melalui jaringan internet.
4. Writing skills yaitu, kemampuan dalam menulis merupakan hal yang penting. Dengan kemampuan menulis yang baik maka akan mendorong kita lebih kreatif lagi menciptakan tulisan-tulisan yang berguna bagi khalayak ramai. Dengan menulis kita dapat menuangkan ide dan gagasan yang kita miliki dan pemikiran maupun inovasi baru dapat ditularkan dalam memasuki era Society 5.0.”

Selain itu ada tiga kemampuan lagi yang dibutuhkan dalam menghadapi society 5.0. diantaranya yaitu:
1. Problem Solving yaitu, kemampuan untuk memecahkan permasalahan. Kemampuan ini adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh SDM di era 5.0, karena di era 5.0 kita dihadapkan pada keadaan volatility, uncertainty, complexity, ambiguity, (VUCA) yang tidak dapat di prediksi, banyak kemungkinan yang dapat terjadi di era ini, oleh karena itu kemampuan dalam memecahkan masalah dengan cepat dan tepat merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan di era 5.0 ini.
2. Critical Thinking yaitu, untuk dapat memecahkan masalah tentunya kita harus dapat berfikir secara kritis, kemampuan berfikir secara kritis dan menganalisa persoalan yang terjadi akan membuat kita mampu mencari jalan keluar yang efektif dan efisien.
3. Creative yaitu, SDM yang memiliki kreatifitas yang tinggi sangat dibutuhkan di era VUCA dan di era 5.0 ini dikarenakan di era ini semua sudah berbasis teknologi dan kita di dorong untuk tetap berinovasi guna mengikuti perkembagan zaman.

Referensi:
https://www.detik.com/bali/berita/d-6461103/society-50-adalah-pengertian-dan-penerapannya/amp
https://waspada.id/pendidikan/mempersiapkan-kompetensi-sdm-yang-berdaya-saing-pada-era-society-5-0/

0 komentar:

Posting Komentar