Minggu, 14 Mei 2023

UTS PSIKOLOGI SOSIAL : ESSAY DENGAN TEMA QUALITY TIME WITH FAMILY

 UJIAN TENGAH SEMESTER

PSIKOLOGI SOSIAL

IRMAWATI

22310410031

 Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

 Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Judul

Quality Time Bersama Keluarga Dengan Berlibur”

Link Partisipasi Lomba

https://www.instagram.com/p/CsOawlZSgpB/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Pendahuluan

Hari Keluarga Nasional adalah sebuah momen penting dalam kalender nasional yang dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 29 Juni di Indonesia. Hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keluarga sebagai institusi yang sangat penting dalam membentuk karakter dan keberhasilan individu serta keberhasilan masyarakat secara keseluruhan. Perayaan Hari Keluarga Nasional di Indonesia dimulai sejak tahun 1987, ketika Presiden Soeharto mengeluarkan keputusan untuk menetapkan 29 Juni sebagai Hari Keluarga Nasional. Sejak saat itu, peringatan ini terus dirayakan setiap tahunnya dengan berbagai acara dan kegiatan yang diadakan oleh pemerintah, organisasi masyarakat, dan individu di seluruh Indonesia. Tujuan utama dari peringatan Hari Keluarga Nasional adalah untuk mempromosikan keharmonisan dan kebersamaan di antara anggota keluarga serta untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keluarga sebagai institusi yang sangat penting dalam membangun masyarakat yang sehat dan berdaya saing. Dalam peringatan Hari Keluarga Nasional, diharapkan seluruh anggota keluarga dapat saling mendukung dan membantu satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama serta untuk membangun keluarga yang bahagia dan sejahtera. Seperti halnya berlibur di pantai bersama keluarga.

Pembahasan

Harganas merupakan perwujudan pentingnya arti keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan nasional. Keluarga sebagai institusi terkecil masyarakat, menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter bangsa. Tema pada harganas kali ini “Berlibur Bersama Keluarga”, karena meningkatnya penggunaan gadget atau gawai pada anak – anak sehingga orang tua berupaya mengalihkan anaknya untuk tidak ketergantungan pada gadget atau gawai, yaitu dengan mengajaknya berlibur, anak akan dapat mengeksplorasi dunia, menambah semangat anak untuk mengetahui hal – hal baru dan anak juga bisa menjadi tahu mengenai alam seperti bermain di pasir pantai dan menikmati indahnya biota laut. Banyaknya anak yang ketergantungan pada gadget berakibat banyak kasus anak yang sakit matanya hingga buta, karena terlalu lama melihat layer gadget dan adapula kasus anak kecil yang sudah tertidur tetapi pergerakannya masih memainkan gadget seperti syndrome. Dengan hal ini sebaiknya ada batas waktu untuk memberikan anak dalam bermain gadget dan bisa juga kurangi penggunaan gadget pada anak dengan mengajaknya berlibur. Dengan berlibur memiliki dampak positif untuk anak dan keluarga yaitu anak bisa menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua. Serta mempererat kebersamaan keluarga. Salah satunya apabila anak berlibur ke pantai seperti pada ilustrasi, anak akan lebih banyak belajar dengan lingkungan begitu pula dengan orang tuanya.  Ketika anak bermain ombak, orang tua akan menjaganya dan menularkan rasa Bahagia disaat keluarga bisa meluangkan waktu bersama.

Kesimpulan

Quality time Bersama keluarga itu sangatlah penting, karena kebersamaan keluarga dapat meningkatkan mood, dan juga memberikan dampak positif kepada anggota keluarga. Salah satunya bisa mengalihkan ketergantungan anak terhadap gadget sehingga anak bisa lebih akrab kepada orang tua serta lingkungannya.  

Daftar Pustaka

 

Nasution, A. S. (2019). Hari Keluarga Nasional Sebagai Upaya Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,, 5(2), 88-96.

puskpandanwangi. (2022, Juni 9). HARI KELUARGA NASIONAL. Retrieved from Puskesmas Pandanwangi: https://puskpandanwangi.malangkota.go.id/2022/06/29/hari-keluarga-nasional/

Rakyat, P. (2022, Februari 27). HEBOH Anak Keseringan Main Handphone, Matanya Tak Bisa Dibuka, Diduga Buta! Retrieved from Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=RJ9rCHNea-0

Y, W., & T.A, K. (2017). Implementasi Hari Keluarga Nasional dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 117-127.

 

 

 



0 komentar:

Posting Komentar