Minggu, 14 Mei 2023

UTS : Mengerjakan Essay dan Mengikuti Lomba dengan Tema : Quality Time With Family

 

UTS : Mengerjakan Essay dan Mengikuti Lomba dengan Tema : Quality Time With Family

 

Quality Time With Family

 


Rosita

22310410108

 

 Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta


Link Partisipasi Lomba

https://www.instagram.com/la_ro5174/

 

PENDAHULUAN

Ungkapan kasih sayang yang diekspresikan merupakan bentuk dari kehangatan hubungan dalam keluarga yang melahirkan rasa aman dan nyaman pada anak maupun orang tua. Quality time salah satu cara untuk menciptakan keluarga yang harmonis.

 PERMASALAHAN

Bagi orang tua yang sibuk bekerja sering terjadi kesalahpahaman dalam mengartikan waktu berkualitas. Walaupun setiap hari berada dirumah dan bertatap muka, tetapi masih banyak yang belum memanfaatkannya untuk membuat quality time bersama anak.

 PEMBAHASAN

Quality time ini berarti meluangkan waktu untuk memberikan perhatian penuh tanpa ada distraksi. Orang tua dan anak bisa melakukan hal-hal baru atau melakukan hobi bersama. Quality time juga bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana, misalnya seperti berbincang dan saling bertukar cerita dengan anak.

Quality time juga merupakan serangkaian kegiatan dari yang sangat terencana dan kegiatan dalam jangka waktu panjang hingga kegiatan ritual dan rutin dalam menggunakan waktu untuk berbagi sesuatu dengan orang lain khususnya keluarga. Bagian yang paling esensial dalam quality time adalah kebersamaan atau aktivitas yang dilakukan bersama-sama, interaksi satu sama lain, dan juga komunikasi.

Dengan quality time, orang tua bisa memantau perkembangan anak dan semakin mengenal mereka. Anak juga bisa berbincang dan bercerita tentang berbagai hal. Mulai dari hal-hal yang sederhana, seperti cerita sehari-hari, hingga membicarakan hal-hal yang mereka rasakan atau pikirkan. Hal ini akan mendorong hubungan komunikasi yang baik dengan anak.

Kebersamaan yang berkualitas juga bisa membantu anak membangun self-esteem atau harga diri mereka. Anak yang terbiasa berkomunikasi dengan orang tuanya akan lebih percaya diri untuk berkontribusi dalam percakapan dan menyampaikan pendapat mereka.

Perhatian dan kasih sayang yang orang tua tunjukkan kepada anak mereka, tentu akan berdampak pada kesehatan mental dan emosional. Anak harus sadar dan tahu bahwa mereka dicintai oleh orang tua mereka.

 PENYELESAIAN

Kehangatan  pengasuhan harus  tetap  ditumbuhkan  pada  orangtua  sibuk kerja.

Orangtua  tetap  dapat mengerjakan kesibukan yang dimilikinya namun orang tua  juga  dapat  belajar  untuk memaksimalkan  pengasuhan nya,  sehingga dengan adanya komunikasi berkualitas anak akan merasa mendapatkan perhatian dari orangtuanya. Kesibukan yang dimiliki oleh orangtua bukanlah kendala  untuk  menjalin  kehangatan  yang  baik pada  anak ketika  orangtua  mampu  untuk terus konsisten  dalam  melakukan  komunikasi berkualitas.

Kasih sayang dan cinta yang orang tua tunjukkan juga bukan hanya di waktu-waktu penting saja, seperti Hari Anak atau hari ulang tahun, tetapi di kehidupan sehari-hari secara teratur, salah satunya dengan cara quality time.

Bentuk-bentuk quality time yang dapat dilakukan atau dicoba oleh orang tua yaitu seperti beraktivitas bersama baik dalam rumah maupun di luar rumah. Memasak dan makan bersama, dengan memasak akan mengetahui kesukaan satu sama lain. Mendekorasi rumah bersama, bergurau dan bercengkrama, belajar bersama, dan berlibur bersama, dan berkunjung kerumah kerabat. Semua itu bisa dilakukan sehingga dapat menciptakan keluarga yang aman dan hangat.

 

Daftar pustaka

https://www.researchgate.net/publication/332272889_Efektifitas_Komunikasi_Berkualitas_untuk_Meningkatkan_Kehangatan_dalam_Pengasuhan_Pada_Orangtua_Sibuk_Bekerja_Di_KB-TK_IT_Al-Hikmah

https://www.google.com/amp/s/www.gramedia.com/blog/ini-alasan-kenapa-quality-time-bersama-anak-sangat-penting/amp/

https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/1623/1487/3302

 

 


 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar