Tugas Mata Kuliah Teknik Penyusunan Skripsi
Dengan Dosen Pengampu Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A
Siti Nurhaliza
20310410055
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Topik |
Faktor yang mempengaruhi minat belajar |
sumber |
Al Fuad, Z., & Zuraini. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar
siswa kelas I SDN 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2),
42-54. |
Permasalahan |
Dalam
kegiatan pembelajaran, minat mempunyai peranan yang sangat penting. Bila
seorang siswa tidak memiliki minat dan perhatian yang besar terhadap objek
yang dipelajari
maka sulit diharapkan siswa tersebut akan tekun dan memperoleh hasil yang
baik dari belajarnya. Akan tetapi sebenarnya
faktor apa yang mempengaruhi minat belajar, dibalik minat belajar yang rendah
pasti ada yang melatar belakanginya. |
Tujuan penelitian |
Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas
1 SDN 7 Kute Panang. |
Isi |
·
Minat merupakan
rasa suka atau tertarik terhadap suatu hal atau aktivitas seseorang yang
mendorongnya untuk melakukan sesuatu kegiatan. ·
Belajar adalah sesuatu diperolehnya kebiasaan-kebiasaan pengetahuan,
dan sikap baru. Adapun minat belajar
adalah perhatian, rasa suka, ketertarikan seseorang terhadap aktivitas
belajar yang ditunjukkan melalui keantusiasan, partisipasi, dan keaktifan
dalam belajar serta menyadari pentingnya kegiatan itu. ·
Faktor yang
mempengaruhi minat belajar ada 2 yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Adapun faktor internal (faktor dari
dalam diri siswa) yaitu sebagai berikut: a.
aspek jasmaniah atau aspek fisik, mencakup
kondisi fisik atau kesehatan jasmani dari individu siswa sendiri.
Kondisi fisik yang prima yang sehat akan sangat
mendukung keberhasilan belajar dan dapat mempengaruhi minat belajar siswa itu sendiri. b.
Aspek psikologis,
meliputi perhatian,
pengamatan, tanggapan, fantasi, ingatan, berpikir, bakat, dan motif. Sedangkan faktor
eksternal atau faktor dari luar diri siswa yaitu sebagai berikut: a.
Keluarga,
keluarga merupakan lembaga pendidikan pertama, lingkungan pertama yang
mempengaruhi minat belajar siswa, cara orang tua dalam mengajar anak tentu
akan berpengaruh pada minat belajar siswa. b.
Sekolah, meliputi
metode
mengajar atau pembelajaran, kurikulum, sarana dan prasarana
belajar, sumber-sumber belajar, media pembelajaran, hubungan siswa dengan
temannya, hubungan siswa dengan guru-gurunya dan hubungan siswa dengan staf sekolah serta berbagai
kegiatan kokurikuler. c.
Lingkungan
Masyarakat, mencakup hubungan dengan teman bergaul atau dengan teman sebaya,
kegiatan dalam masyarakat, dan lingkungan tempat tinggal. |
Metode |
Pendekatan penelitian
menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif.
Populasi pada penelitian adalah seluruh orang tua dari siswa kelas 1 yaitu
sebanyak 18 orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan angket.
Analisis data yang digunakan merujuk pada kegiatan mengorganisasikan data ke
dalam susunan sajian data yang dibutuhkan untuk menjawab masalah dalam penelitian. Hal ini bertujuan untuk memperoleh fakta yang terkandung dalam
sumber-sumber yang telah didapat dan akhirnya diinterpretasikan. |
Hasil |
·
siswa kelas 1 yang
berjumlah 18 orang memiliki faktor yang mempengaruhi minat belajar mereka
berbeda-beda, dan cara untuk menumbuhkan minat belajar itu pun berbeda-beda.
Namun untuk mengajar siswa kelas satu dibutuhkan guru yang lucu sabar dan
santai saat mengajar agar mudah dipahami, dan
lebih disukai siswa jika dibanding dengan guru yang killer dan terlalu serius. ·
Faktor lain yang
mempengaruhi minat belajar siswa adalah
karena dirinya sendiri yaitu karena dirinya berkeinginan untuk belajar, adanya
dorongan dari orang tua yang ingin anaknya menjadi anak yang pintar dengan
memberikan perhatian yang lebih terhadap si anak sehingga membuat mereka semangat
belajar. Faktor
lingkungan dan pergaulan juga mempengaruhi minat belajar siswa
karena jika anak bergaul dengan anak yang rajin belajar maka ia
akan mengikuti temannya dan menjadi rajin belajar juga. Akan tetapi, jika
anak bergaul dengan anak yang malas belajar, maka anak juga akan menjadi
malas belajar. Selain itu jika dalam lingkungan tempat tinggalnya anak-anak
atau teman- teman sebayanya bersekolah, maka anak akan terdorong untuk ingin
bersekolah seperti teman- teman di tempat tinggalnya. Perhatian yang
di berikan oleh guru juga sangat berpengaruh untuk menumbuhkan minat
belajar siswa. Sebagian
orang tua tidak memperhatikan pendidikan anaknya bukan berarti mereka ingin
anaknya menjadi anak yang bodoh, namun karena keadaan hampir semua orang tua siswa
bekerja sebagai petani, yang sudah pergi bekerja
sejak pagi hingga sore membuat para orang tua
lelah setelah bekerja dan tidak lagi mengajarkan anaknya di rumah. |
Diskusi |
Faktor lingkungan tempat
tinggal, faktor lingkungan sekolah, faktor keluarga dalam artian orang tua
juga menjadi faktor yang berpengaruh pada minat belajar siswa dan hal ini
juga terjadi di salah satu SDN Kute Panang. Keluarga menjadi lembaga
pendidikan pertama yang membimbing dan mendidik anak sehingga anak dapat
berkembang dengan baik salah satunya dalam minat belajarnya. Sekolah yang
juga sebagai lembaga pendidikan juga tidak cukup untuk menumbuhkan minat
belajar anak, perlu adanya bimbingan dan didikan dari keluarga (orang tua).
Akan tetapi jika melihat keadaannya tidak semua orang tua dapat membimbing
anak atau tidak dapat memperhatikan pendidikan anaknya untuk menumbuhkan
minat belajar dan kebiasaan belajarnya ketika berada di rumah. Hal ini bukan
karena orang tua acuh atau tidak peduli melainkan karena latar belakang
beberapa orang tua yang bekerja sebagai petani, yang harus berangkat pagi dan
pulang sore. Sehingga ketika sudah sampai di rumah sudah lelah, sudah tidak
ada tenaga untuk mengajar anaknya. |
0 komentar:
Posting Komentar