Sabtu, 22 Februari 2025

Ujian remedial : psikologi Inovasi - Zainal Derwotubun 22310410061

  

NAMA                                 : Zainal Derwotubun 

Nim                                     : 22310410061

PERGURUAN TINGGI.      : Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

FAKULTAS                          : Psikologi, Kelas A, Kelas SJ & SP

MATA KULIAH                    : Psikologi Inovasi 

PENGAMPU                       : Arundati Shinta

HARI / TANGGAL               : Sabtu 22 Februari 2025, pukul 1600 – 2300 WIB.

 

 


 

1. Mengenai Esai Prestasi dalam Mata Kuliah Psikologi Inovasi

Fenomena rendahnya partisipasi mahasiswa dalam pembuatan esai prestasi mencerminkan beberapa isu fundamental dalam pendidikan tinggi. Meskipun esai ini dirancang sebagai aplikasi praktis dari teori dorongan berprestasi (nAff), kenyataan bahwa mahasiswa enggan mengerjakannya karena sifatnya yang tidak wajib menunjukkan adanya kesenjangan antara tujuan pembelajaran dan motivasi mahasiswa.

Hal ini dapat dianalisis dari beberapa perspektif:

Pertama, terkait persepsi nilai (value perception). Mahasiswa cenderung memandang aktivitas pembelajaran dari sudut pandang utilitarian - apa yang langsung berdampak pada nilai akademis mereka. Ini menunjukkan bahwa perlu ada rekonstruksi pemahaman tentang makna belajar di perguruan tinggi.L

Kedua, kontras yang menarik dengan kasus Kerala yang diteliti McDouglas. Masyarakat Kerala memiliki dorongan intrinsik untuk maju, sementara mahasiswa masih memerlukan dorongan ekstrinsik (kewajiban). Ini menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana mengembangkan motivasi intrinsik dalam konteks pendidikan tinggi.

Ketiga, fenomena "low hanging fruits vs high hanging fruits" sangat relevan di sini. Mahasiswa mungkin belum memahami bahwa investasi waktu dan energi dalam kegiatan pengembangan diri seperti ini justru dapat memberikan manfaat jangka panjang yang lebih besar.

 

2. Mengenai Misi Perubahan dan Teori Keberuntungan

Pendekatan mata kuliah yang mendorong mahasiswa untuk berani berubah, meski hasil tidak selalu positif, sejalan dengan prinsip pembelajaran experiential. Teori keberuntungan Wiseman (2003) memberikan kerangka yang baik untuk memahami bagaimana keterbukaan terhadap perubahan dapat menciptakan peluang.

 

Beberapa poin penting:

- Mekanisme pertahanan diri yang muncul saat menghadapi kegagalan adalah respons alami, namun perlu dikelola agar tidak menghambat pembelajaran.

- Pemahaman bahwa kegagalan adalah bagian dari proses pembelajaran perlu ditanamkan secara lebih efektif.

- Dosen yang memberikan teladan dengan membagikan pengalaman kegagalan dan bangkit kembali merupakan strategi pembelajaran yang efektif.

 

Rekomendasi:

1. Mengintegrasikan esai prestasi ke dalam sistem penilaian dengan bobot yang sesuai

2. Menciptakan sistem dukungan sebaya (peer support) untuk kegiatan pengembangan diri

3. Mengembangkan mekanisme refleksi yang lebih terstruktur untuk membantu mahasiswa memaknai pengalaman perubahan mereka

 

Daftar Pustaka:

 

Harper, M. (1984). Achievement motivation and economic development. Journal of Development Studies, 20(4), 123-135.

McDouglas, G. (Tidak ada tahun). [Disertasi PhD tentang dorongan berprestasi di Kerala]. Harvard University.

Sharma, R. (2010). The leader who had no title: A modern fable on real success in business and in life. Simon and Schuster.

Wiseman, R. (2003). The Luck Factor: Changing Your Luck, Changing Your Life - The Four Essential Principles. Random House.

 

0 komentar:

Posting Komentar