Sabtu, 22 Februari 2025

Ujian Remedial Psikologi Inovasi JEKSON WNEDA 23310420092

 

UJIAN SUSULAN PSIKOLOGI INOVASI

Nama : Jekson Wenda
(0823310420092)
matkul;Psikologi inovasi
Kelas : A,SJ



Jawaban !

1.keberhasilan seseorang dalam meraih tujuan tertentu adalah adanya motivasi berprestasi. Motivasi berprestasi memang memiliki peran penting dalam pengembangan individu dan dalam pencapaian tujuan. Kalau seseorang memiliki motivasi berprestasi yang tinggi, maka ia cenderung memiliki orientasi terhadap pencapaian dan melakukan upaya maksimal untuk meraih keberhasilan. Motivasi berprestasi juga berhubungan erat dengan kualitas hidup, kepuasan diri, dan peningkatan kinerja dalam berbagai bidang.
Dalam konteks pendidikan, mulai dari tingkat dasar, menengah sampai perguruan tinggi, motivasi berprestasi sangat penting bagi seorang siswa atau mahasiswa untuk bisa meraih sukses dalam proses pendidikannya. Secara istimewa, motivasi berprestasi berperan sangat penting dan menentukan bagi seorang mahasiswa di perguruan tinggi. Mahasiswa dengan tingkat kemandirian belajarnya yang berbeda dengan fase-fase sebelumnya, biasanya dinilai memiliki tingkat intelektualitas yang tinggi, kecerdasan dalam berpikir dan perencanaan dalam bertindak. Oleh karena itu, berpikir kritis dan bertindak secara cepat serta tepat menjadi karakter yang cenderung melekat pada diri setiap mahasiswa (Arum, 2022).

Bagi seorang mahasiswa Motivasi berprestasi dikatakan sebagai faktor penting karena dapat memberikan sejumlah manfaat yang signifikan, antara lain untuk meningkatkan kinerja akademik. Motivasi berprestasi dapat meningkatkan kinerja akademik seorang mahasiswa. Ketika seorang mahasiswa memiliki motivasi yang kuat untuk mencapai prestasi tinggi, otomatis ia akan lebih berfokus, memiliki dorongan untuk belajar dengan tekun, dan mencapai hasil yang lebih baik dalam ujian dan tugas-tugas akademik (Bong, M., Clark, R.E., & Kim, 2016).

 

 dorongan berprestasi yang dilakukan (nAff) (Harper, 1984).yang  dikemukakan oleh Gregor McDouglas dalam sebuah disertasi PhD-nya yang berdasarkan penelitiannya di Kerala, India sangat luarbiasa karena mampu menonolong masyarakat Kerela untuk menemukan motivasi dorongan berprestasi.

Namun sebagian besar masyarakat indonesia pada umumnya dan lebih khususnya  mahasiswa UP45 yang sering mengalami kesulitan dalam mencapai dorongan berprestasi.
menurut saya ada beberapa alasan yang menjadi hambatan ,diantaranya adalah

1.    kurangnya motivasi dan semnagat dari dalam diri untuk mencapai prestasi

2.    keterbatasan suberdaya,seperti biaya waktu dan fasilitas hal ini dapat menjadi hambatan berprestasi

3.    kurangnya pengetahuan dan keterampilan,hal ini juga dapat menjadi hambatan dalam berprestasi

4.    kurangnya dukungan sosial

5.    kondisi ekonomi

hal-hal diatas juga bisa menjadi faktor hambatan dalam mencapai dorongan berprestasi.namun hal-hal diatas tidak dapat dijadikan alasan yang kuat sebagai penghambatnya,karena kembali ke motivasi diri untuk mencapai prestasi.

 

2. berani untuk beruba adalah hal yang sangat penting yang harus konsisten dalam menjalankannya.hal ini yang kadang menjadi tantanganya yaitu tetap konsisten.mahasiswa up45 harus tekun dalam menjalankan perubahan diri. Untuk melakukan perubahan diri kita.

Perubahan diri adalah proses yang kompleks dan dinamis yang melibatkan perubahan dalam pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang. Proses perubahan diri dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk faktor internal, faktor eksternal, dan faktor psikologis.

Untuk itu 4 elemen Roger Wiseman (2003) sangat berguna dan baik untuk melakukan perubahan diri. Hal berlaku bagi siapa saja. Namun kadangkala menjadi hambatan dalam melakukan perubahan diri.

Faktor yang mempengaruhi perubahan diri dapat dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu:

1. Faktor internal: Faktor internal meliputi motivasi, kesadaran, dan kemampuan seseorang.

2. Faktor eksternal: Faktor eksternal meliputi lingkungan, budaya, dan sosial.

3. Faktor psikologis: Faktor psikologis meliputi kepercayaan diri, harga diri, dan emosi.

Daftar Pustaka

1.    Arum, R. (2022). Apa itu Mahasiswa? Ini Pengertian dan Peranannya. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/best-seller/apa-itu-mahasiswa

2.    Bong, M., Clark, R. E., & Kim, S. K. (2016). Semantic and Motivational Predictors of Academic Achievement in Korean Elementary and Middle School Students. Motivation and Emotion, 40 (2), 195–208.

3.    Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Intrinsic and Extrinsic Motivations: Classic Definitions and New Directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54– 67. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1020

0 komentar:

Posting Komentar