Minggu, 24 Maret 2024

Esai 1 Psikologi Inovasi : Meringkas Film Youtube "One Life At A Time" Deni Mulyanto Psikologi SP

 

TUGAS MERINGKAS FILM PSIKOLOGI INOVASI

ESSAY 1

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

ONE LIFE AT A TIME

 

Topik

Dalam melakukan upaya untuk membantu pihak lain memang terkadang dipenuhi banyak rintangan dan cobaan, serta terkadang memerlukan mental yang tangguh dari hinaan dan cacian. Hal-hal jahat tersebut mungkin dating dari lingkungan sekitar dan mungkin bisa dari keluarga.

Sumber

One Life at a Time (2020) | Full Movie | Dean Cain | Luke Schroder – 1:06:03.

https://youtu.be/W7K12sJsJzE?si=_QTQwRLg84rYCMAr

Ringkasan

Ketika pialang saham London berusia 29 tahun Nicholas Winton mengunjungi Cekoslowakia pada tahun 1938, hanya beberapa minggu setelah Perjanjian Munich ditandatangani, ia bertemu dengan keluarga-keluarga di Praha yang melarikan diri dari kebangkitan Nazi di Jerman dan Austria. Mereka hidup dalam kondisi yang memprihatinkan, dengan sedikit atau tanpa tempat tinggal atau makanan, dan ketakutan akan invasi Nazi. Winton diperkenalkan dengan Doreen Warriner, kepala kantor Komite Pengungsi Inggris dari Cekoslowakia (BCRC) di Praha. Ngeri dengan kondisi di kamp pengungsi, Winton memutuskan untuk menyelamatkan sendiri anak-anak Yahudi. Didukung secara aktif oleh ibunya, Babette, yang merupakan seorang migran Jerman-Yahudi yang telah berpindah agama ke Gereja Inggris, ia mengatasi rintangan birokrasi, mengumpulkan sumbangan, dan mencari keluarga asuh untuk anak-anak yang dibawa ke Inggris. Banyak dari mereka adalah orang Yahudi yang berisiko dideportasi. Perlombaan melawan waktu dimulai karena tidak jelas berapa lama perbatasan akan tetap terbuka sebelum invasi Nazi yang tak terelakkan.

 

Lima puluh tahun kemudian, pada tahun 1988, Winton, kini berusia 79 tahun, membereskan beberapa kekacauan di kantornya, yang diminta oleh istrinya, Grete. Dia menemukan dokumen lamanya di mana dia mencatat pekerjaannya untuk BCRC, dengan foto dan daftar anak-anak yang ingin mereka bawa ke tempat aman. Winton masih menyalahkan dirinya sendiri karena tidak mampu menabung lebih banyak. Saat makan siang bersama teman lamanya Martin, Winton memikirkan apa yang harus dia lakukan dengan semua dokumen itu. Dia sedang mempertimbangkan untuk menyumbangkannya ke museum Holocaust, namun pada saat yang sama dia ingin menarik perhatian pada penderitaan para pengungsi saat ini, jadi dia tidak melakukannya.

 

Dokumen-dokumen tersebut berakhir di tangan That's Life! tim produksi, acara TV yang diproduksi oleh BBC dengan presenter Esther Rantzen. Winton diundang ke pertunjukan dan diminta duduk di antara penonton. That's Life mengejutkan Winton dengan mengundang beberapa anak yang dia bantu selamatkan ke dalam pertunjukan untuk bertemu dengannya.

Permasalahan

Permasalahan ada ketika Winton harus menyelamatkan anak-anak Yahudi sembari berpacu dengan waktu karena tidak jelas berapa lama perbatasan akan tetap terbuka sebelum invasi Nazi yang tak terelakkan

Opini Saya

Membantu orang-orang di sekitar kita yang sedang kesusahan merupakan salah satu perilaku yang sekarang jarang di miliki oleh individu, padahal pada hakekatnya dalam hidup ini pastilah saling membutuhkan satu sama lain. Perlu waktu untuk merubah kebiasaan dari individualis ke sosialis, dalam kehidupan sehari-hari saya mulai membiasakan diri untuk membantu sesama dimulai dari hal-hal kecil seperti membantu teman sendiri saat membutuhkan bantuan.

 

0 komentar:

Posting Komentar