Selasa, 26 Maret 2024

ESSAY 2 PSIKOLOGI INOVASI: MERINGKAS JURNAL INOVASI "PENGARUH PEMBERIAN BUKU SAKU TERHADAP MOTIVASI DAN KEPATUHAN IBU MELAKUKAN SENAM HAMIL" OLEH DIAN FADJARINI (21310410011)

 

ESAI 2 – Meringkas Jurnal Tentang Motivasi

“PENGARUH PEMBERIAN BUKU SAKU TERHADAP MOTIVASI DAN KEPATUHAN IBU MELAKUKAN SENAM HAMIL”

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA






 

Oleh:

Nama: Dian Fadjarini

NIM: 21310410011

Kelas: Psikologi SJ

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

                                                                                                        

Topik

Pengaruh pemberian buku saku terhadap motivasi dan kepatuhan ibu melakukan senam hamil. Design penelitian eksperimen.

Sumber

Murni, Ni Nengah Arini., Wahyuni, I Gusti Ayu Putu Sri.,  & Anggraeni, Ni Putu Dian Ayu. (2022). Pengaruh pemberian buku saku terhadap motivasi dan kepatuhan ibu melakukan senam hamilJurnal Bidan Cerdas, 4(3), September 2022, 152-162.

Perma- salahan

·         Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan subjek ibu hamil. Kesehatan perlu dijaga pada saat kehamilan karena mempengaruhi faktor resiko saat melahirkan. Dimana menurut World Health Organization (WHO) Asia telah menyumbang 86% kematian ibu hamil pada proses persalinan. Melalui senam hamil sebagai kegiatan antenatal care dapat menurunkan resiko kematian ibu. Namun dalam hal ini perlu ditingkatkan motivasi supaya ibu hamil mau melakukannya dengan semangat, yaitu melalui pemberian pocket booklet yang mudah dipahami.

Tujuan penelitian

·         Untuk mengetahui pengaruh pemberian pocket booklet terhadap motivasi dan kepatuhan ibu hamil dalam melakukan senam hamil.

 

Isi

·         Kesehatan ibu hamil perlu dijaga untuk meningkatkan resiko persalinan. Salah satunya adalah dengan melakukan senam hamil. Metode pemberian pocket book untuk meningkatkan pengetahuan Kesehatan pada ibu hamil, mampu menarik perhatian ibu hamil guna menjaga kepatuhan dalam kegiatan senam hamil. Media mempunyai pengaruh yang besar untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas pembelajaran.

Metode

·         Penelitian dilakukan menggunaakan design quasi experiment dengan pendekatan group pre and post test design with control group.

·         Subjek penelitian adalah 60 ibu hamil di wilayah kerja Pukesmas Ubung Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat yang dipilih secara purposive sampling. Dalam penelitian dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 30 kelompok intervensi dan 30 kelompok control.

·         Menggunakan variable terikat yaitu motivasi dan kepatuhan, serta variable bebas yaitu Pendidikan Kesehatan dengan pemberian pocket book

Hasil

·         Ada pengaruh antara pemberian pocket book terhadap kepatuhan ibu melakukan senam hamil.

·         Kelompok intervensi atau yang diberikan pocket book lebih patuh melakukan senam hamil yaitu sebanyak 28 responden (90,3%),  berbanding terbalik dengan kelompok control dimana lebih banyak responden yang tidak patuh melakukan senam hamil sejumlah 22 orang (73,3%).

Dikusi

·         Metode yang digunakan dalam rangka meningkatkan kepatuhan menjaga kebugaran jasmani ibu hamil mempengaruhi motivasi  ibu  untuk melakukan senam hamil.

·        Lewat penelitian ini juga dapat mendorong para tenaga kesehatan untuk semakin kreatif dalam menggaet para ibu hamil supaya patuh menjaga kesehatan.

·        Perlu ditingkatkan untuk mengevaluasi seberapa besar efektifitas senam hamil mempengaruhi proses persalinan.

 

0 komentar:

Posting Komentar