Senin, 25 Maret 2024

Essay 2 Meringkas Jurnal Motivasi : SACHUROH

PENGARUH PELATIHAN, MOTIVASI KERJA, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN  ( LITERATUR REVIEW MANAJEMEN KERJA )

 

Tugas Esayy 2 : Meringkas  Jurnal  Motivasi

Dosen Pengampu: Dr.,Dra Arundati Shinta MA.



Sachuroh

21310410165

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta


Topik

Pelatihan, Motivasi Kerja, Kecerdasan Emosional,  Kinerja Karyawan

Sumber

Dinasti review, Jurnal ilmu manajemen terapan, 4(4), 498-505

Permasalahan

Kinerja karyawan merupakan salah satu hal terpenting dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Hal tersebut dikarenakan suatu tujuan atau target perusahaan akan tercapai bila pekerjanya mampu memiliki kinerja yang baik dalam mencapai hal tersebut. Dengan demikian, penting bagi perusahaan atau organisasi untuk memantau kinerja karyawan dan bahkan melakukan upaya-upaya yang dapat meningkatkan kinerja karyawannya. Pada dasarnya, kiner Karyawan dikatakan memiliki kinerja yang baik jika berhasil memenuhi deadline, berhasil membangun citra perusahaan dan interaksi pelanggan kearah yang positif, bekerja secara efktif. Sebaliknya, jika karyawan atau individu yang bekerja dalam suatu perusahaan tidak bekerja dengan efektif, maka pelanggan akan menilai secara buruk dan akhirnya akan memilih alternatif perusahaan lain yang serupa.

Tujuan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  kinerja karyawan  agar sesuai  target  dan seberapa kuat motivasi  serta kecerdasan  emosional  yang di miliki oleh para karyawan  agar bertujuan untuk memajukan citra perusahaan. Serta agar dapat memajukan  kesuksesan perusahaan atau organisasi  Serta karyawan nya.

Isi

Penelitian pada dasarnya merupakan  sebuah bentuk upaya  dari perusahaan atau organisasi  untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian karyawan.  Pelatihan berpengaruh  pada kinerja karyawan, jika pelatihan di persepsi baik oleh pelanggan maka akan meningkatkan mutu kualitas. Menurut  (Fahrozi et al., 2020) mengatakan pelatihan  sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas SDM untuk memajukan perusahaan. Dan ini merupakan salah satu faktor terpenting persaingan dosmestik dan internasional.

Motivasi kerja merupakan  suatu bentuk dorongan yang ada pada individu  untuk melakukan pekerjaannya. Untuk meningkatkan kinerja karyawannya diperlukan  motivasi  kerja, lingkungan kerja  dan budaya kerja yang dapat mendorong  karyawan  meningkatkan  kinerjanya. Motivasi kerja berpengaruh  terhadap kinerja karyawan, apabila Motivasi kerja di persepsikan  baik oleh konsumen  maka akan meningkatkan kualitasnya.

Kecerdasan emosional merupakan cara individu  untuk mengontrol emosinya , yang mana hal tersebut  sangat dibutuhkan di dalam dunia pekerjaan.  Dengan kontrol emosi yang baik maka pekerjaan  dapat dilakukannya dengan lancar dan tidak ada masalah dalam psikologi seseorang.

Metode

Metode yang  di gunakan oleh penulis pada penelitian  ini adalah  literatur review yang mengkaji penelitian-penelitian  terdahulu untuk menjawab di hipotesis  penelitian.

Hasil

Pelatihan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas pekerjaan seorang karyawan. Hal ini dikarenakan pelatihan memungkinkan  sebagian besar perusahaan atau organisasi memenuhi tujuan dan target yang dimilikinya. Dengan ini karyawan dapat mempelajari konsep kerja baru, meningkatkan sikap kerja, menambah keterampilan,  dan meningkatkan produksi. Pelatihan memiliki manfaat yaitu karyawan lebih efektif  dalam mengambil keputusan dan pemecahan masalah, serta dapat membantu meningkatkan moral karyawan dan mengembangkan sikap positif dan sikap kerja.

Motivasi kerja memengaruhi kinerja karyawan, hal ini di sebabkan adanya Motivasi yang tinggi, sehingga karyawan memperlakukan pekerjaan dengan berbeda yaitu dengan sungguh-sungguh sehingga mendapatkan hasil yang terbaik. Motivasi ini merupakan kunci bagi perusahaan. Seorang karyawan  yang termotivasi akan memiliki kepuasan  kerja yang lebih besar,  kinerja tinggi dan kemauan untuk berhasil. Selain itu memotivasi karyawan juga mendorong kualitas kerja dan meningkatkan Kinerja  dalam sebuah perusahaan.  

Kecerdasan Emosional sangat berpengaruh terhadap  kinerja karyawan, oleh karena itu dibutuhkan  kemampuan-kemampuan dasar seperti pengelolaan emosi dalam kaitannya  untuk memperbaiki kinerjanya. Pada umumnya,  orang yang memiliki tingkat EQ tinggi memiliki hubungan sosial yang lebih baik dengan orang-orang termasuk manajemen, rekan kerja serta pelanggan yang mengarah pada tidak hanya meningkatkan kinerja tetapi juga kepuasan dalam melakukan apa pun.

Diskusi

Pelatihan berpengaruh terhadap peningkatan moral karyawan dengan mengedepankan sikap positif kepuasan kerja, dan pembelajaran yang di tingkatkan. Ini membuat karyawan  mempunyai  sikap setia pada perusahaan serta mengembangkan sikap komitmen.

Motivasi kerja berpengaruh pada kinerja karyawan, jika Motivasi ini di persepsi baik maka dapat meningkatkan kualitas. Menurut Antoni (2008) mengemukakan bahwa pemberian dorongan sebagai salah satu bentuk Motivasi penting dilakukan untuk meningkatkan gairah kerja.

Kecerdasan Emosional berpengaruh pada kinerja karyawan, menurut Goleman (2017) kinerja karyawan tidak hanya dilihat dari kemampuan kerja yang sempurna, akan tetapi juga kemampuan  dalam mengusai dan mengelola diri sendiri serta kemampuan dalam membina hubungan dengan orang lain.

Kesimpulan

Pengaruh merupakan suatu reaksi yang timbul (dapat berupa tindakan atau keadaan) dari suatu perlakuan akibat dorongan untuk mengubah atau membentuk suatu keadaan ke arah yang berbeda. Pada penelitian ini dapat di simpulkan bahwa pelatihan, Motivasi Kerja, Kecerdasan Emosional  mempunyai peran penting dalam sebuah keberhasilan  suatu perusahaan atau organisasi. Semua ini berpengaruh  terhadap  target dan tujuan untuk memperoleh suatu hasil yang lebih baik ke depannya. 


 

0 komentar:

Posting Komentar