Minggu, 24 Maret 2024

Essai 1 Psikologi Inovasi : Meringkas Film youtube “ Up” Nourindra Hafiz Adityawan (21310410193)

 

UP

Nourindra Hafiz Adityawan

21310410193

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA


 

Topik

Bangkit dan berjalan kembali setelah menemui kehilangan yang sangat menyakitkan

Sumber

UP | Full Movie HD – 1.01

https://youtu.be/VvM8XULskwk?si=KuYsj12J5B-hLIPV

Ringkasan

Up” adalah film animasi yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis pada tahun 2009. Film ini disutradarai oleh Pete Docter dan Bob Peterson. Cerita “Up” mengikuti petualangan seorang pria tua bernama Carl Fredricksen yang memutuskan untuk mewujudkan impian mendiang istrinya, Ellie, dengan cara yang tidak terduga.

Carl, seorang pensiunan penjelajah, merasa sangat terpukul oleh kehilangan Ellie. Ketika properti tempat tinggalnya terancam dirobohkan untuk proyek pembangunan, Carl memutuskan untuk melakukan petualangan epik dengan membuat rumahnya terbang menggunakan ribuan balon helium.

Namun, Carl tanpa sengaja membawa seorang bocah pengembara bernama Russell yang terjebak di dalam rumah terbangnya. Bersama-sama, Carl dan Russell melakukan perjalanan ke Amerika Selatan, di mana mereka bertemu dengan berbagai macam karakter unik dan menghadapi berbagai rintangan.

Permasalahan

Kehilangan sosok yang sangat berarti dalam kehidupan, seorang teman dalam menjalani kegiatan sehari-hari, seorang sahabat dalam mencurahkan semua isi hati dan merencanakan sesuatu adalah hal yang sangat menyedihkan. Kehilangan istri menjadikan pemeran Carl Fredericksen sempat mengurung dirinya untuk beberapa waktu. Memilih untuk diam dirumahnya dan tidak melakukan apa-apa. Hal ini menunjukkan adanya gangguan psikologis pada diri pemeran utama, sehingga dibutuhkan ketabahan dan motivasi untuk bangkit

Opini Saya

Nilai moral adalah suatu nilai atau sikap baik yg dilakukan seorang terhadap lingkungan sekitarnya. Nilai moral juga dijadikan panduan dan pembentuk karakter seseorang. Nilai moral poly ditemukan dimana saja termasuk film. Didalam film, nilai moral dapat diketahui dalam ucapan juga tindakan yang dilakukan tokoh-tokoh film. Penyampaian nya tersebut baik secara implisit maupun tersurat. Hal tadi bertujuan supaya penonton bisa meneladani serta menerapkannya dalam film animasi up ini mereka secara tidak eksklusif poly menyampaikan nilai-nilai moral yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai moral yang terkandung dalam film ini cukup banyak diantaranya adalah :

  1. Rajin menabung : Carl serta Ellie mempunyai cita-cita buat membentuk rumah di dekat parasade falls. Mereka menabung buat mewujudkan mimpi mereka. namun uang mereka selalu habis karena keperluan mendesak. akan tetapi mereka tidak pantang menyerah dan selalu rajin menabung.

  2. Beradaptasi dengan orang yang berbeda usia : Carl yang sudah menjadi kakek-kakek dan Rasell seseorang anak muda. Mereka yg tak sengaja bertemu dikarenakan Rassell yg mencari lencana terakhir buat menolong orang tua. serta mereka melewati pertualangan serta rintangan bersama-sama

  3. Pantang menyerah dan bertekad kuat : Carl mengingat mimpi ellie ketika muda buat pergi ke paradise falls. Carl pun berniat buat membelikan tiket menuju Amerika perkumpulan berasal hasil tabungan bekerjanya sebagai penjual balon.

  4. Kreatif : Carl adalah orang kreatif, ia mempunyai wangsit untuk menerbangkan rumahnya menggunakan ribuan balon helium serta juga menghasilkan kemudi buat mengarahkan terbang rumahnya.

  5. Tangguh dan kerja keras : Waktu kevin dicuri oleh Muntz, Russell tidak praktis putus asa serta ingin menyelamatkan kevin bagaimanapun caranya. ia pula tak meyerah menggunakan keadaan.


0 komentar:

Posting Komentar