Selasa, 26 Maret 2024

ESSAY 2 PSIKOLOGI INOVASI : MERINGKAS JURNAL INOVASI "PENERAPAN KOMPETENSI PSIKOLOGI GURU DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA" OLEH FAIS FIRMANSAH (2131041018

 

ESAI 2 – Meringkas Jurnal Tentang Motivasi

 

PENERAPAN KOMPETENSI PSIKOLOGI GURU DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 

Oleh:

nama : Fais Firmansah

nim : 21310410182

Kelas: Psikologi SJ

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


 



 

Topik

penerapan kompetensi psikologi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Sumber

Suyitno, S. (2022). Penerapan Kompetensi Psikologi Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. JURNAL BASICEDU Research & Learning in Elementary Education, 6(1), 56-65.

Permasalahan

·         Kurangnya pengetahuan guru terkait psikologi yang kemudian dapat menghambat kemampuan mereka untuk menjadi fasilitator dan motivator bagi siswa

·         Kurangnya motivasi belajar siswa yang dapat mengganggu proses pembelajaran. Guru harus dapat memahami serta menyelesaikan permasalahan siswa yang dapat mempengaruhi motivasi belajar mereka.

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas bagaimana kemampuan psikologi guru dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa dan bagaimana penerapan nilai-nilai psikologi oleh guru dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa di SD Plus Al-Kautsar. Penelitian juga bertujuan untuk menekankan pentingnya psikologi pendidikan dalam membantu guru menilai secara adil dan akurat hasil belajar siswa

 

Isi

Penelitian ini membahas tentang penerapan kompetensi psikologi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Plus Al-Kautsar. Guru yang memiliki pemahaman yang baik tentang psikologi dapat mempengaruhi semangat belajar siswa

Metode

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif yang meliputi proses collecting data, display data, reduction data, dan verification/conclusion

Hasil

penerapan kompetensi psikologi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Plus Al-Kautsar sangat signifikan. Psikologi pendidikan juga membantu guru menilai hasil belajar siswa secara adil dan akurat, menggunakan strategi pembelajaran yang tepat, membuat lingkungan belajar yang kondusif, berinteraksi dengan baik, memberikan bimbingan dan konseling, memfasilitasi dan memotivasi belajar, dan merumuskan tujuan dan motivasi pembelajaran. Kesimpulannya, keahlian psikologi guru dapat membantu mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan motivasi siswa untuk belajar.

Diskusi

·         penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus di SD Plus Al-Kautsar, sehingga hasilnya mungkin tidak dapat langsung diterapkan secara umum pada konteks pendidikan yang berbeda.

·         penggunaan metode kualitatif dalam penelitian ini juga dapat menimbulkan kritik terkait subjektivitas peneliti dalam menginterpretasikan data

·         diperlukan penelitian lebih lanjut dengan sampel yang lebih luas dan variasi konteks pendidikan untuk memperkuat hasil penelitian

 

0 komentar:

Posting Komentar