ESAI
2 – Meringkas Jurnal Tentang Motivasi
PENERAPAN
KOMPETENSI PSIKOLOGI GURU DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Dosen
Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA
Oleh:
nama :
Fais Firmansah
nim :
21310410182
Kelas:
Psikologi SJ
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Topik |
penerapan
kompetensi psikologi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. |
Sumber |
Suyitno, S.
(2022). Penerapan Kompetensi Psikologi Guru dalam Peningkatan Motivasi
Belajar Siswa. JURNAL BASICEDU Research & Learning in Elementary
Education, 6(1), 56-65. |
Permasalahan |
·
Kurangnya pengetahuan guru terkait psikologi yang
kemudian dapat menghambat kemampuan mereka untuk menjadi fasilitator dan
motivator bagi siswa ·
Kurangnya motivasi belajar siswa yang dapat mengganggu
proses pembelajaran. Guru harus dapat memahami serta menyelesaikan
permasalahan siswa yang dapat mempengaruhi motivasi belajar mereka. |
Tujuan Penelitian |
Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk membahas bagaimana kemampuan psikologi guru dapat
membantu meningkatkan motivasi belajar siswa dan bagaimana penerapan
nilai-nilai psikologi oleh guru dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa di
SD Plus Al-Kautsar. Penelitian juga bertujuan untuk menekankan pentingnya
psikologi pendidikan dalam membantu guru menilai secara adil dan akurat hasil
belajar siswa |
Isi |
Penelitian
ini membahas tentang penerapan kompetensi psikologi guru dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa di SD Plus Al-Kautsar. Guru yang memiliki pemahaman
yang baik tentang psikologi dapat mempengaruhi semangat belajar siswa |
Metode |
Penelitian
ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan
studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
model analisis interaktif yang meliputi proses collecting data, display data,
reduction data, dan verification/conclusion |
Hasil |
penerapan
kompetensi psikologi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD
Plus Al-Kautsar sangat signifikan. Psikologi pendidikan juga membantu guru
menilai hasil belajar siswa secara adil dan akurat, menggunakan strategi
pembelajaran yang tepat, membuat lingkungan belajar yang kondusif,
berinteraksi dengan baik, memberikan bimbingan dan konseling, memfasilitasi
dan memotivasi belajar, dan merumuskan tujuan dan motivasi pembelajaran.
Kesimpulannya, keahlian psikologi guru dapat membantu mencapai tujuan
pembelajaran dan meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. |
Diskusi |
·
penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus di SD
Plus Al-Kautsar, sehingga hasilnya mungkin tidak dapat langsung diterapkan
secara umum pada konteks pendidikan yang berbeda. ·
penggunaan metode kualitatif dalam penelitian ini juga
dapat menimbulkan kritik terkait subjektivitas peneliti dalam
menginterpretasikan data ·
diperlukan penelitian lebih lanjut dengan sampel yang
lebih luas dan variasi konteks pendidikan untuk memperkuat hasil penelitian |
0 komentar:
Posting Komentar