Jumat, 22 Maret 2024

ESSAY 2 PSIKOLOGI INOVASI : MERINGKAS JURNAL MOTIVASI "MOTIVASI BELAJAR MENURUN IMBAS DARI COVID-19" OLEH ALIF YUGO WICAKSONO (21310410184)

 

Meringkas Jurnal Motivasi

Psikologi Inovasi Essay 2 Meringkas Jurnal Motivasi

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 

 


 


 

Alif Yugo Wicaksono

21310410184

 

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

TOPIK

Motivasi belajar, COVID-19

SUMBER

Febrianti, E. P. (2021). Motivasi Belajar Menurun Imbas Dari COVID-19. https://doi.org/10.35542/osf.io/k2tgz

PERMASALAHAN

COVID-19 sangat berdampak bagi seluruh kegiatan masyarakat, mulai dari pendidikan, pekerjaan, dan sebagainya. Pendidikan yang seharusnya  bisa  dijalankan dengan baik akibat pandemi ini menjadi terhambat dan sempat diberhentikan sementara agar kita semua tehindar dari COVID-19. Akibat dari pemberhentian sementara ini berimbas pada semangat dan motivasi untuk belajar  menurun, terkikis secara perlahan.

TUJUAN PENELITIAN

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dampak COVID-19 terhadap motivasi belajar siswa maupun mahasiswa.

 

 

ISI    

  • Di  Indonesia COVID-19 menjadi  ketakutan bagi khalayak karena seperti tidak ada titik terang akan berakhirnya pandemi ini. Banyak ketentuan-ketentuan yang sudah dilaksanakan pemerintah  guna menekan   persebaran   COVID-19   ini, salah  satunya  dengan  menetapkan PSBB  (Pembatasan  Sosial  Berskala Besar)   disetiap   daerah   seluruh Indonesia.
  • Motivasi belajar adalah dorongan dalam diri seseorang untuk belajar sesuai dengan  keinginannya untuk mencapai suatu tujuan.
  • Dampak COVID-19 dapat kita rasakan sebagai  mahasiswa ataupun siswa karena pembelajaran   yang seharusnya kita lakukan secara tatap muka, dialihkan dengan melalui virtual meeting seperti Zoom Meeting ataupun Google Meet.

METODE  PENELITIAN

  • Bentuk penelitian yang digunakan  dalam  penelitian  ini  yaitu metode penelitian kualitatif.
  • Data yang diambil adalah hasil dokumentasi  berbagai literatur yaitu berupa  buku,  jurnal,  artikel  ataupun yang   berkaitan   dengan   penelitian.
  • Subjek penelitian beberapa mahasiswa baru yang ikut merasakan libur panjang COVID-19 akibatnya  membuat berkurangnya motivasi belajar.
  • Teknik yang digunakan adalah teknik referensi yang diperoleh selama penelitian seperti jurnal   penelitian, jawaban responden.

HASIL

  • Dampak  dari  karantina  yang mengharuskan  kita  melakukan  semua kegiatan  hanya  dari  rumah  sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar.
  • Motivasi  belajar  menurun  drastis  saat sempat terhentinya pembelajaran, pada saat dirumah hampir semua orang yang dilakukan   hanya   bermalas-malasan tidak diisi dengan kegiatan bermanfaat ataupun   sekedar   belajar   mandiri.
  • Semakin rendah motivasi belajar mahasiswa yang aktif berorganisasi maka akan semakin tinggi sikap menunda-nunda prestasi akademik yang akan dilakukan.
  • Motivasi belajar didapatkan bisa dari dalam diri  sendiri, juga didapatkan melalui peranan lingkungan sosial dan orang tua. Salah satu aspeknya tidak  dapat kita penuhi, karena sampai sekarang kita  masih disaranakan untuk tetap social distancing   agar dapat menekan persebaran COVID-19,  disinilah dapat kita lihat kembali salah satu faktor lain menurunnya motivasi belajar.

DISKUSI  

  • Kurangnya motivasi belajar mahasiswa juga ada faktor internal dari mahasiswa tersebut.
  • Kurangnya bersosialisasi bukan kesalahan mahasiswa seutuhnya.
  • Motivasi belajar yang kurang mengakibatkan menurunnya kemampuan untuk berpikir, mengerjakan suatu hal dan kehilangan kemampuan untuk kritis dan kurang kreatif.
  • Kurangnya berpikir kreatif serta inovatif untuk menggunakan teknik belajar yang lebih baik pada masa tersebut membuat turunnya aktivitas belajar-mengajar yang optimal sehingga tidak tercapainya proses belajar yang optimal.
  • Tenaga pengajar yang tidak terampil dan tidak adaptif menjadi faktor lain yang membuat motivasi belajar menurun.

 

0 komentar:

Posting Komentar