Meringkas Jurnal
Motivasi
Psikologi Inovasi Essay 2 Meringkas Jurnal Motivasi
Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA
Alif Yugo Wicaksono
21310410184
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
TOPIK
|
Motivasi belajar, COVID-19
|
SUMBER
|
Febrianti, E. P. (2021). Motivasi Belajar Menurun
Imbas Dari COVID-19. https://doi.org/10.35542/osf.io/k2tgz
|
PERMASALAHAN
|
COVID-19 sangat berdampak bagi seluruh kegiatan
masyarakat, mulai dari pendidikan, pekerjaan, dan sebagainya. Pendidikan yang
seharusnya bisa dijalankan dengan baik akibat pandemi ini
menjadi terhambat dan sempat diberhentikan sementara agar kita semua tehindar
dari COVID-19. Akibat dari pemberhentian sementara ini berimbas pada semangat
dan motivasi untuk belajar menurun,
terkikis secara perlahan.
|
TUJUAN
PENELITIAN
|
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dampak COVID-19
terhadap motivasi belajar siswa maupun mahasiswa.
|
ISI
|
- Di Indonesia COVID-19 menjadi ketakutan bagi khalayak karena seperti
tidak ada titik terang akan berakhirnya pandemi ini. Banyak ketentuan-ketentuan
yang sudah dilaksanakan pemerintah guna
menekan persebaran COVID-19
ini, salah satunya dengan
menetapkan PSBB (Pembatasan Sosial
Berskala Besar) disetiap daerah
seluruh Indonesia.
- Motivasi belajar
adalah dorongan dalam diri seseorang untuk belajar sesuai dengan keinginannya untuk mencapai suatu tujuan.
- Dampak COVID-19 dapat kita rasakan sebagai mahasiswa ataupun
siswa karena pembelajaran yang
seharusnya kita lakukan secara tatap muka, dialihkan dengan
melalui virtual meeting seperti Zoom Meeting ataupun Google Meet.
|
METODE PENELITIAN
|
- Bentuk penelitian
yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu metode penelitian
kualitatif.
- Data yang
diambil adalah hasil dokumentasi berbagai
literatur yaitu berupa buku, jurnal,
artikel ataupun yang berkaitan
dengan penelitian.
- Subjek
penelitian beberapa mahasiswa baru yang ikut merasakan libur panjang
COVID-19 akibatnya membuat
berkurangnya motivasi belajar.
- Teknik yang
digunakan adalah teknik referensi yang diperoleh selama penelitian seperti
jurnal penelitian, jawaban
responden.
|
HASIL
|
- Dampak dari
karantina yang
mengharuskan kita melakukan
semua kegiatan hanya dari
rumah sangat berpengaruh
terhadap motivasi belajar.
- Motivasi belajar
menurun drastis saat sempat terhentinya pembelajaran, pada
saat dirumah hampir semua orang yang dilakukan hanya
bermalas-malasan tidak diisi dengan kegiatan bermanfaat ataupun sekedar
belajar mandiri.
- Semakin rendah
motivasi belajar mahasiswa yang aktif berorganisasi maka akan semakin tinggi sikap
menunda-nunda prestasi akademik yang akan dilakukan.
- Motivasi belajar
didapatkan bisa dari dalam diri sendiri,
juga didapatkan melalui peranan lingkungan sosial dan orang tua. Salah satu aspeknya
tidak dapat kita penuhi, karena sampai
sekarang kita masih disaranakan untuk tetap
social distancing agar dapat menekan
persebaran COVID-19, disinilah dapat
kita lihat kembali salah satu faktor lain menurunnya motivasi belajar.
|
DISKUSI | - Kurangnya motivasi
belajar mahasiswa juga ada faktor internal dari mahasiswa tersebut.
- Kurangnya bersosialisasi
bukan kesalahan mahasiswa seutuhnya.
- Motivasi belajar
yang kurang mengakibatkan menurunnya kemampuan untuk berpikir, mengerjakan
suatu hal dan kehilangan kemampuan untuk kritis dan kurang kreatif.
- Kurangnya berpikir
kreatif serta inovatif untuk menggunakan teknik belajar yang lebih baik pada
masa tersebut membuat turunnya aktivitas belajar-mengajar yang optimal
sehingga tidak tercapainya proses belajar yang optimal.
- Tenaga pengajar
yang tidak terampil dan tidak adaptif menjadi faktor lain yang membuat
motivasi belajar menurun.
|
0 komentar:
Posting Komentar