Selasa, 26 Maret 2024

ESSAY 2 PSIKOLOGI INOVASI: MERINGKAS JURNAL INOVASI "PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS X MIA DI SMA NEGERI 2 NAMLEA" OLEH IRFAN KUSUMA WARDANI (21310410187)

 

Tugas Esai 2 Meringkas Jurnal

Mata Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi

 

Meringkas Jurnal : PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS X MIA DI SMA NEGERI 2 NAMLEA

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.

 







Irfan Kusuma Wardani

21310410187

 

 

 

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Topik

Motivasi, Prestasi Belajar

Sumber

Makatita, S & Azwan. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mia di SMA Negeri 2 Namlea. Jurnal Biology Science & Education.

Permasalahan

Berdasarkan dari hasil Ujian Akhir Semester (UAS) pada Tahun Ajaran 2018/2019 (semester genap), rata-rata nilai biologi siswa kelas X MIA berada di atas nilai kriteria ketuntasan minimal (≥70) yang dikelaukan sekolah. Hal tersebut disebabkan karena banyak faktor yang mempengaruhi keadaan tersebut. Slameto (2015) , menyatakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar adalah faktor yang berasal dari siswa atau disebut faktor internal, dan faktor yang berasal dari luar diri siswa disebut faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor psikologis (kondisi osikologi umum dan kondisi panca indra) dan faktor psikomotor (kecerdasan, minat, bakat, motivasi, kreativitas dan kemampuan kognitif). Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor lingkungan (lingkungan alami dan lingkungan sosial) dan faktor instrumental (program kurikulum, guru atau tenaga pengajar, dan fasilitas sekolah).

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas X Mia SMA Negeri 2 Namlea.

Isi

Motivasi memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar. Prestasi belajar siswa akan baik jika tertanam motivasi yang kuat dalam diri mereka. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian Inyak dkk (2013) menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi dan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. Motivasi belajar siswa tidaklah sama, ada siswa yang memiliki motivasi tinggi ada juga siswa yang memiliki motivasi rendah.

Metode

Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif yang mana menuntut peneliti menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya. Instrument yang digunakan yakni berupa angket atau kuesioner dan nilai rapot. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model skala Likers.

Hasil

Pada penelitian ini motivasi memiliki kontribusi atau pengaruh terhadap prestasi belajar. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar mempunyai kontribusi sebesar 56,1%. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian yang telah dilakukan oleh Firmansyah (2011), Lee (2010), dan Insar dkk (2017) yang menyimpulkan bahwa motivasi memiliki pengaruh atau kontribusi terhadap hasil belajar atau prestasi belajar siswa.

Diskusi

Pentingnya motivasi belajar bagi prestasi seorang siswa.

 

0 komentar:

Posting Komentar