Tugas
Esai 2 Meringkas Jurnal
Mata
Kuliah : Psikologi Industri dan Organisasi
Meringkas
Jurnal : PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA KELAS X MIA DI SMA
NEGERI 2 NAMLEA
Dosen
Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA.
Irfan
Kusuma Wardani
21310410187
Fakultas
Psikologi
Universitas
Proklamasi 45 Yogyakarta
Topik |
Motivasi, Prestasi Belajar |
Sumber |
Makatita, S & Azwan. (2021). Pengaruh Motivasi
Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mia di SMA Negeri 2 Namlea. Jurnal Biology Science & Education.
|
Permasalahan |
Berdasarkan dari hasil Ujian Akhir Semester (UAS)
pada Tahun Ajaran 2018/2019 (semester genap), rata-rata nilai biologi siswa
kelas X MIA berada di atas nilai kriteria ketuntasan minimal (≥70) yang
dikelaukan sekolah. Hal tersebut disebabkan karena banyak faktor yang
mempengaruhi keadaan tersebut. Slameto (2015) , menyatakan bahwa
faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar adalah faktor yang berasal
dari siswa atau disebut faktor internal, dan faktor yang berasal dari luar
diri siswa disebut faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor
psikologis (kondisi osikologi umum dan kondisi panca indra) dan faktor
psikomotor (kecerdasan, minat, bakat, motivasi, kreativitas dan kemampuan
kognitif). Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor lingkungan (lingkungan
alami dan lingkungan sosial) dan faktor instrumental (program kurikulum, guru
atau tenaga pengajar, dan fasilitas sekolah). |
Tujuan Penelitian |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi
di kelas X Mia SMA Negeri 2 Namlea. |
Isi |
Motivasi memiliki pengaruh terhadap prestasi
belajar. Prestasi belajar siswa akan baik jika tertanam motivasi yang kuat
dalam diri mereka. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian Inyak dkk
(2013) menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi dan prestasi
belajar pada mata pelajaran ekonomi. Motivasi belajar siswa tidaklah sama,
ada siswa yang memiliki motivasi tinggi ada juga siswa yang memiliki motivasi
rendah. |
Metode |
Metode yang digunakan yaitu metode penelitian
kuantitatif yang mana menuntut peneliti menggunakan angka, mulai dari
pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari
hasilnya. Instrument yang digunakan yakni berupa angket atau kuesioner dan
nilai rapot. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah
model skala Likers. |
Hasil |
Pada penelitian ini motivasi memiliki kontribusi
atau pengaruh terhadap prestasi belajar. Dari hasil penelitian menunjukan
bahwa motivasi belajar mempunyai kontribusi sebesar 56,1%. Hasil penelitian
ini sejalan dengan penelitian yang telah dilakukan oleh Firmansyah (2011),
Lee (2010), dan Insar dkk (2017) yang menyimpulkan bahwa motivasi memiliki
pengaruh atau kontribusi terhadap hasil belajar atau prestasi belajar siswa. |
Diskusi |
Pentingnya motivasi belajar bagi prestasi seorang
siswa. |
0 komentar:
Posting Komentar