PSIKOLOGI INOVASI
ESSAI 2 MERINGKAAS JURNAL
Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A.
Disusun Oleh :
Yosy Tri Aprian
21310410188
SJ
PROGRAM STUDI PSIKOLOGI
FAKULAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA
2024
Judul Jurnal | Hubungan Durasi Penggunaan Media Sosial Dengan Motivasi Belajar Remaja |
Nama Jurnal | Jurnal Keperawatan Jiwa, Volume 5 No 2 Hal 77 - 81, November 2017 |
Penulis Jurnal | Hana Nur Rahmawati , Muhammad Khabib Burhanuddin Iqom , Hermanto. |
Ringkasan Jurnal | Jurnal berjudul “HUBUNGAN DURASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR REMAJA” ini membicarakan penggunaan media sosial dan motivasi belajar remaja di SMAN 1 Gringsing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pengguna media sosial di sekolah tersebut berusia 16 tahun dan mayoritas adalah perempuan. Mayoritas pengguna media sosial memiliki durasi penggunaan media sosial yang rendah dan motivasi belajar yang sedang. Studi ini juga menunjukkan adanya hubungan antara durasi penggunaan media sosial dengan motivasi belajar remaja di sekolah tersebut. Studi ini memberikan beberapa rekomendasi. Pertama, remaja disarankan untuk menggunakan media sosial dengan bijak agar tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di platform tersebut dan dapat fokus pada pembelajaran. Kedua, masyarakat diharapkan untuk memperhatikan durasi penggunaan media sosial remaja dan memberikan dukungan serta pengawasan yang diperlukan. Ketiga, institusi pendidikan, seperti sekolah, disarankan untuk meningkatkan fasilitas internet guna mendukung kegiatan pembelajaran yang semakin terintegrasi dengan teknologi. Terakhir, peneliti selanjutnya disarankan untuk menambahkan teori pendukung dan faktor lain dalam penelitian agar pemahaman tentang hubungan antara durasi penggunaan media sosial dan motivasi belajar remaja dapat lebih rinci. Studi ini menemukan adanya hubungan antara durasi penggunaan media sosial dengan motivasi belajar remaja di SMAN 1 Gringsing. Semakin lama remaja menggunakan media sosial, semakin rendah motivasi belajar mereka. Oleh karena itu, penting bagi remaja untuk mengatur waktu penggunaan media sosial dengan baik agar tidak terganggu dalam proses pembelajaran. Karakteristik pengguna media sosial di sekolah tersebut adalah rata-rata berusia 16 tahun dengan mayoritas pengguna adalah perempuan. Mayoritas pengguna media sosial memiliki durasi penggunaan yang rendah, yang menunjukkan bahwa remaja di sekolah tersebut cenderung tidak terlalu terlibat dalam aktivitas media sosial. Meskipun demikian, motivasi belajar remaja tetap sedang, menunjukkan bahwa meskipun durasi penggunaan media sosial rendah, motivasi belajar mereka tidak terlalu rendah. Saran yang diberikan berfokus pada membantu remaja dalam mengelola penggunaan media sosial mereka. Remaja disarankan untuk menggunakan media sosial dengan bijak agar tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di platform tersebut dan dapat fokus pada pembelajaran. Selain itu, masyarakat juga diharapkan untuk memperhatikan durasi penggunaan media sosial remaja dan memberikan dukungan serta pengawasan yang diperlukan. Institusi pendidikan, seperti sekolah, disarankan untuk meningkatkan fasilitas internet guna mendukung kegiatan pembelajaran yang semakin terintegrasi dengan teknologi. Terakhir, peneliti selanjutnya disarankan untuk menambahkan teori pendukung dan faktor lain dalam penelitian guna memperdalam pemahaman tentang hubungan antara durasi penggunaan media sosial dan motivasi belajar remaja. |
0 komentar:
Posting Komentar