Jumat, 22 Maret 2024

Essay 1Psikologi Inovasi : Meringkas Film "IP MAN" oleh Bima Mahardika (21310410189)

 

Essai 1 Meringkas Film dari YouTube: IP MAN

 

 

Psikologi Inovasi Esayy 1 Meringkas film

Dosen Pengampu Dr., Arundati Shinta MA

 


 

 

Bima Mahardika

21310410189

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

     

Topik

Film Ip Man diangkat dari kisah nyata seorang master seni bela diri aliran Wing Chun bernama Yip Man atau kerap dipanggil Ip Man. Ip Man lahir pada 1 Oktober 1893 di Kota Foshan, Provinsi Guangdong, China, dengan nama Ip Kai-man. Ia lahir dari keluarga kaya dan berpengaruh, yang memastikannya tumbuh menjadi sosok cerdas dan terdidik dengan baik. Ip Man mulai tertarik dengan Wing Chun di usia 11 tahun, usai menyaksikan kelas seni bela diri yang diajarkan oleh master Chan Wah Shun di kuil milik keluarganya. Sekitar satu tahun kemudian, Ip Man mulai belajar seni bela diri dengan spesialisasi pertarungan jarak dekat, yang telah dikembangkan di China selatan sejak 300 tahun lalu itu.

sumber

https://youtu.be/7teB2Cz_9fA?si=klSloSHFCE42j2fv

https://historia.id/olahraga/articles/perjalanan-hidup-ip-man-6m74w

Ringkasan

Dikota foshan tiongkok ia hidup nyaman bersama anak dan istrinya. Namun kenyamanan dan kedamaian di kota Foshan hancur ketika tentara jepang datang menjaiah kota. Tentara jepang memaksa para penduduk setempat termasuk para praktisi beladiri untuk melawan mereka demi hiburan, Ip Man awalnya menolak tetapi demi membantu masyarakat ia harus terjun langsung.

Kedamaian kota berubah menjadi kelam, saat jepang menjajah cina pada tahun 1937 dan pada tahun 1938 tentara jepang berhasil menduduki kota Fosan menghancurkan segalanya. Orang orang di kota Fosan menderita banyak orang orang yang mati kelaparan bahkan mati ditembak tentara jepang. Populasi di Fosan menyusut dari 300.000 jiwa menjadi 70.000 jiwa. Jepang juga banyak menghancurkan fasilitas, bahkan rumah IP Man dijadikan markas besar jepang. Kemudian kita melihat kehidupan ip man yang sangat jauh berubah ia kehilangan semuanya namunia masih tetap bersyukur tidak kehilangan istri dan anaknya. Ditayangkan saat ip man ingin memasak nasi terlihat kehidupan mereka begitu menyedihkan. Beras yang akan dimasak tinggal beberapa butir bahkan tidak cukup untuk satu orang. Ditambah lagi uang mereka sudah tidak ada. Ip man hanya bisa tersenyum manis terhadap istrinya. Keesokan paginya ia pergi ke toko beras menukarkan barang berharganya. Pada suatu hari istri ip man jatuh sakit karena kekhawatiran persediaan makanan mereka yang hampir habis. Ip man sebagai suami yang peduli selalu memberikan dukungan dan perhatian maksimal kepada istrinya walaupun kondisinya terpuruk. Keesokan harinya ip man mencari kerjaan dibeberapa toko namu semuanya menolak karena kondisi yang sedang sulit akibat penjajahan jepang. Namun ia tidak menyerah mencari peluang pekerjaan yang dapat membatunya memenuhi kebutuhan keluarganya. Tak lama kemudian ia melihat rombongan pekerja batu bara milik jepang, ip man pun mendaftarkan diri bekerja disana. Sesampainya ditambang ia bekerja dengan semestinya. Disana ia bertemu dengan Lin sahabatnya keduanya saling menguatkan satu sama lain. Saat sedang istirahat para pekerja mendapat jatah makan siang berupa sepotong ubi rebus namun disini ipman teringat dengan anak dan istrinya dirumah disimpanlah sepotong ubi rebus jatah makan siangnya untuk mereka dirumah nanti. Lin merasa sedih melihat kondisi ip man yang sekarang, dengan hati yang tulus ia membagi separuh potongan ubi rebus untuk ip man dengan alasan tidak habis menghabiskannya sendirian. Kemudian ia mengobrol dan mencari tahu kabar satu sama lain. Lin bercerita selama kedudukan jepang di kota fosan ia tidak pernah bertemu adiknya, ia ingin meminta maaf kepada adiknya dengan memberikan barang kaleng besi yang jatuh saat ia bekerja tadi. Saat ia mencarinya tiba tiba tentara jepang datang menginformasikan bahwa jenderal jepang tahu kalau orang orang fosan ahli beladiri kungfu ia ingin mempertarungkan dengan seni beladiri karate jepang, apabila menang akan diberikan berasberas sebagai hadiah. Beberapa orang mencalonkan diri termasuk Lin sahabar Ip man. Namun disini guru Ip menolak untuk ikut serta. Lin harus tewas diarena pertarungan dengan jenderal jepang.

Saat tentara Jepang membuat ulah dengan mengumpulkan orang-orang yang ahli bela diri untuk diajak bertarung, Ip Man awalnya tidak mau ikut serta. Namun, ia bergabung setelah mendengar kabar temannya, Lin (pemilik restoran) menghilang tanpa kabar setelah pertarungan hari sebelumnya. Ia pun berani menerima tantangan dari jendral Jepang untuk datang ke arena pertandingan.

Dengan iming-iming mendapatkan beras, Ip Man bersama beberapa orang lainnya datang ke tempat tentara Jepang berkumpul. Ia melihat dengan mata kepala sendiri, temannya, Liu, guru bela diri yang pernah dikalahkannya mati karena ditembak oleh tentara Jepang. Ip Man geram. Ia pun menerima tantangan untuk bertarung, bahkan ia meminta tanding dengan melawan 10 orang bersabuk hitam.

Tak disangka, kemenangan itu pun membuat Jendral Jepang, Tuan Miura sangat marah. Ia menantang Ip Man untuk kembali lagi lain waktu untuk bertanding. Sebenarnya, Ip Man tidak ingin kembali lagi. Saat itu, temannya yang menjadi penerjemah bernama Li mengatakan bahwa Ip Man menyanggupi tawaran itu.

Permasalahan

hidup Ip Man dan keluarganya terancam karena ia berani mengalahkan para petarung bela diri yang disediakan Jepang. Ip Man diminta untuk bertarung dengan Jendral Miura. Saat pertarungan berlangsung, ini bikin saya merinding sih. Tandingnya bener-bener nampol banget. Jendral Miura langsung mati di tempat saking capeknya bertarung.

Dampak penjajahan Jepang di tanah Hongkong. Saat itu Hongkong dikuasai Jepang meskipun sebentar, hanya 8 tahun. Tapi pengaruhnya sangat terasa menyakitkan karena Jepang merampas apapun, bahkan beras pun sulit didapat. Jepang menjajah Hongkong selama 8 tahun hingga bisa menguasai berbagai kota. Meski demikian, Ip Man bisa berhasil keluar dari kota Foshan menuju Hongkong dan mendirikan perguruan Wing Chun pertama kalinya. Setelah tahun 1945, Kaisar Jepang yaitu Kaisar Hirohito menyerah dan peperangan pun berhenti.

Kondisi kehidupan keluarga guru Ip Man pun mulai merangkak naik setelah masa sulit. Kini, seni bela diri kungfu ala Wing Chun paling banyak dikenal dan diminati di seluruh dunia, bahkan murid Wing Chun Ip Man pun sudah sampai 2 jutaan orang. Salah satu muridnya yang terkenal dalam film laga adalah Bruce Lee.

Opini

Dari film IP MAN tersebut terdapat banyak nilai yang bisa diambil seperti tidak menyerah dalam keadaan yang berbanding terbalik dengan zona nyaman, tabah dalam menghadapi musibah, rela berkorban, serta semangat bangkit dari keterpurukan.

0 komentar:

Posting Komentar