Selasa, 26 Maret 2024

Essay 2 Meringkas Jurnal Motivasi : Yousin Gunawan Putra

 

PSIKOLOGI INOVASI

ESSAI 2  MERINGKAS JURNAL MOTIVASI

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A. 

 

 


 

Disusun Oleh

Yousin Gunawan Putra

21310410197

 

 

 

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

2024

 


Judul

The Students’ Motivation And Academic Achievement At Tertiary Level: A Correlational Study.

Sumber

Agustina, E.T., Wahyudin, A.Y., & Pratiwi, A.A. (2021). The Students’ Motivation And Academic Achievement At Tertiary Level: A Correlational Study. Journal Of Arts And Education, Vol 1, No 1 (2021). E-ISSN: 2809-0063.

Reviewer

Yousin Gunawan Putra

NIM

121310410197

Kelas

Psikologi SJ

Permasalahan

Nilai hasil belajar menurun. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi akademik siswa adalah motivasi belajar siswa. Motivasi yang ada pada diri siswa dapat mendorong mereka untuk lebih bersemangat untuk berprestasi dalam proses pembelajaran.

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi mahasiswa perguruan tinggi dengan prestasi akademik mahasiswa yang ditunjukkan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mereka.

Subjek Penelitian

Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian kuantitatif korelasional dan melibatkan 39 siswa sebagai partisipan.

Metode Penelitian

Penelitian ini dirancang menggunakan kuantitatif korelasional dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Purposive sampling sendiri merupakan suatu teknik penentuan sampel yang ada dalam populasi sesuai dengan keinginan peneliti dan tujuan atau permasalahan yang ada dalam penelitian. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Teknokrat Indonesia dan sampel yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 39 mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Penelitian Kuantitatif. Penelitian ini menggunakan empat jenis motivasi siswa diantaranya motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, motivasi instrumental dan motivasi integratif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner online yang disebarkan untuk merekap motivasi dan IPK mahasiswa. Kuesioner ini terdiri dari 20 item dan harus dijawab dengan pilihan tertutup mulai dari sangat setuju, setuju, netral, tidak setuju dan sangat tidak setuju.

Data yang dikumpulkan diolah melalui analisis statistik korelasi productmoment Pearson dan digunakan software SPSS versi 20 untuk mencari korelasi antar variabel. Hal pertama yang dilakukan dalam analisis data ini adalah uji reliabilitas untuk menunjukkan keandalan kuesioner yang digunakan. Kemudian yang kedua adalah uji statistik deskriptif untuk mengetahui nilai minimal dan maksimal IPK mahasiswa. Yang ketiga adalah dengan melakukan uji korelasi untuk mengetahui apakah kedua variabel yang dibahas berkorelasi atau tidak. Interpretasi skala yang dapat dipilih untuk menjawab kuesioner, dapat dilihat sebagai berikut: 5 = Sangat Setuju, 4 = Setuju, 3 = Netral, 2 = Tidak Setuju, 1 = Sangat Tidak Setuju.

Hasil Penelitian

Pemeriksaan kuesioner dan dokumen dilakukan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi siswa dengan prestasi belajar siswa.

Hasil analisis menunjukkan bahwa 39 responden telah berkontribusi dalam kuesioner dan sebagian besar dari mereka memilih opsi setuju yang menyatakan bahwa mereka menggunakan empat jenis motivasi dalam belajar bahasa Inggris. Jenis motivasi yang paling banyak mereka gunakan adalah motivasi intrinsik, dimana motivasi tersebut berasal dari dalam diri sendiri. Tidak hanya itu, hasil analisis korelasional menunjukkan terdapat hubungan antara motivasi mahasiswa dengan IPK. Temuan penelitian ini dapat mengkonfirmasi hasil penelitian sebelumnya dan teori yang ada bahwa motivasi cenderung linier dengan prestasi belajar siswa. Pentingnya seorang guru memperhatikan motivasi belajar siswa ketika melakukan proses belajar mengajar. Siswa mungkin berusaha mencari motivasi tersembunyi dalam dirinya agar berhasil dalam belajar. Penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi hubungan ini dengan jumlah sampel yang lebih besar dan tingkat siswa yang berbeda untuk meningkatkan kemampuan transfer temuan penelitian ini.

0 komentar:

Posting Komentar