Kamis, 08 April 2021

PERILAKU SHOPPING ADDICTION YANG MEMPENGARUHI KEHIDUPAN

 





Di Susun Oleh :

Ade Rei Enggi Wijaya

20310410034

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr.Arundhati Shinta, M.A

 


Perilaku berbelanja merupakan rangsangan dari dalam diri individu yang akan mendorong membeli kebutuhan dengan mengekspresikan dalam perilaku pembelian dan konsumsi suatu produk. Berbelanja menjadi salah satu aktivitas manusia, yaitu dengan membeli sesuatu baik barang maupun jasa. Banyak sekali tempat perbelanjaan seperti Supermarket atau Mall. Bagi konsumen yang tinggal di daerah perkotaan yang tidak bisa mengendalikan keinginan untuk membeli sesuatu yang mereka sukai seringkali menyebabkan perilaku berbelanja bukan lagi untuk memenuhi kebutuhan utama tetapi hanya keinginan semata agar tidak tertinggal oleh kemajuan jaman.

 Sebelum melakukan pembelian, kemampuan dalam menganalisa perilaku berarti keberhasilan dalam menyelami jiwa konsumen dan kebutuhannya. Perilaku pada dasarnya berorintasi pada tujuan, dengan kata lain perilaku kita pada umumnya dimotivasi oleh keinginan untuk mencapai tujuan tertentu. Belanja saat ini bukan lagi sekadar sebuah kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidup tetapi juga telah menjadi sebuah gaya hidup. Di era modern saat ini lazim dengan kata shopping atau belanja menjadi hobi dan kesenangan tersendiri. Banyak orang melakukan kegiatan membeli produk atau shopping walaupun mereka tidak memerlukan produk tersebut.

 Shopping Addiction merupakan tingkah laku adiksi lainnya seperti alcohol atau obat-obatan, membuat suatu perubahan biochemical dalam individu yang memberikan suatu kesenangan dalam dirinya, sesuatu yang diinginkan, menimbulkan kebahagiaan dan menghilangkan rasa sakit atau putus asa. Ketika kegiatan berbelanja telah berakhir ia akan merasakan suatu penyesalan atau depresi yang dialaminya maka orang tersebut akan pergi berbelanja, sehingga pola perilaku berbelanja akan berulang terus.

 

Referensi :

Auria, Aisyah. 2013. Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Shopping Addiction Pada Mahasiswi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduated Thesis. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Dian Ratna, Tyas Palupi (2017). Hubungan Antara Sikap dengan Perilaku Pro-Lingkungan Ditinjau dari Perspektif Theory Of Planned Behavior. Jurnal: Psikologi Vol .14, No.1, Halaman 214-217. Universitas diponegoro.

Fellicia, F., Elvinawaty, R., & Hartin, S. (2015). Kecenderungan Pembelian Komplusif: Peran Perfeksonisme dan Gaya Hidup Hedonistic. Jurnal: Penelitian & Pemikiran Psikologi, Volume 9, No. 3, Hal. 103-112.

Prasetyo, Yanto. (2017). Gaya Hidup dan Shopping Addiction. Jurnal: Psikologi Vol 6, No.2. Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Ratri Tri.A., & Fauzan Heru S,. (2017). Hubungam Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Jurnal: Psikologi Volume 3, No.3, 2017 : 131-140.

 


0 komentar:

Posting Komentar