Essay 2 Persyaratan
Ujian Tengah Semester
Psikologi Manajemen Dan
Organisasi
Semester Ganjil
2021/2022
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A
Banyak
orang ingin menjadi seorang pemimpin di sebuah perusahaan, mungkin Anda salah
satunya. Namun yang perlu diingat, perjalanan karier dari bawah untuk sampai di
pucuk dalam struktur organisasi perusahaan tidaklah mudah. Butuh kerja keras
dan kriteria-kriteria tertentu
Pemimpin yang baik dibutuhkan oleh semua tim. Hal ini
disebabkan karena pemimpin yang baik akan membawa timnya ke dalam jalan yang
terang dan kesuksesan. Akan tetapi menjadi seorang pemimpin bukan hal yang
murah karena salah langkan kamu bisa kehilangan rasa hormat dari tim kamu..
Nah, jangan beranggapan bahwa kriteria-kriteria tersebut
merupakan bawaan dari lahir alias bakat. Melainkan hasil dari proses panjang
dan konsistensi seseorang. Siapapun bisa menjadi pemimpin, tak peduli berasal
dari mana atau keturunan siapa. Jika layak didapuk sebagai pemimpin, maka
jabatan itu bisa diraihnya. Lalu bagaimana
caranya menjadi pemimpin yang baik ini? Berikut ini adalah ulasannya :
1.
Attitude yang tenang
dan positif
Seorang pemimpin akan lebih dihargai jika mereka memiliki
attitude yang lebih tenang dan lebih positif. Hal ini disebabkan karena
attitude positif yang Kamu miliki akan membantu tim Kamu lebih tenang juga
dalam menghadapi masalah dalam tim tersebut. Jika Kamu tidak bisa memberikan
rasa tenang dan membuat tim takut pada Kamu, maka artinya Kamu gagal menjadi
pemimpin. Pastikan tim Kamu segan bukan takut pada Kamu.
2.
Membuka komunikasi
Hal lain yang dapat Kamu lakukan untuk menjadi seorang pemimpin
yang baik adalah dengan membuka komunikasi dengan tim Kamu. Dengan lebih dekat
dengan tim, kamu juga bisa bicara dari hati ke hati dan membuat tim merasa
lebih leluasa untuk mengutarakan masalah yang mereka hadapi dalam pekerjaan. Oh
ya, jangan lupa tetap memberikan batas jangan sampai kamu kehilangan wibawa di
depan tim kamu hanya karena kamu terlalu dekat dengan mereka. Kamu harus tahu
mana batasan pemimpin yang ramah dan pemimpin yang disepelekan.
3.
Mengajari bukan
memerintah
“Be a leader not a boss” merupakan ungkapan yang tepat untuk
menggambarkan hubungan antara atasan dan timnya. Seorang leader akan mengajari
dan memimpin, memberikan contoh mengenai bagaimana sesuatu berlangsung dan
diselesaikan sedangkan pemerintah akan membuat tim Kamu bekerja sendiri. Di
sini Kamu akan kehilangan wibawa dan mungkin dianggap tidak bisa apa-apa oleh
tim Kamu.
4.
Memberikan pandangan
mengenai gol dan ekspektasi
Hal selanjutnya bisa menjadikan Kamu seorang pemimpin yang baik
adalah memberikan penjelasan mengenai gol dan ekspektasi dari kegiatan usaha
yang sedang dilakukan oleh tim Kamu. Dengan memberikan informasi mengenai goal
dan juga ekspektasi, kamu bisa menyamakan persepsi antara satu tim dengan tim
lainnya dan bisa mendorong tim kamu untuk bekerja dengan lebih baik dan lebih
keras.
5.
Memberikan dan meminta
feedback
Seorang pemimpin yang baik akan selalu memberikan feedback
mengenai hasil kerja dari tim yang dimilikinya. Contohnya ketika tim Kamu
bekerja dengan baik, maka kamu harus memberikan feedback positif. Jangan lupa
untuk meminta feedback dari kepemimpinan Kamu agar kamu bisa belajar mengenai
kesalahan kamu selama memimpin
0 komentar:
Posting Komentar