Senin, 08 November 2021

MENDORONG KERJA TIM YANG KUAT DI PERUSAHAAN

Psikologi Manajemen dan Organisasi

(Tulisan ini untuk memenuhi syarat Mid PMO)


 (Semester Ganjil 2021/2022)

Elsa Kusumandari  (20310410041)

(Kelas A)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr., Arundati Shinta, M.A


MENDORONG KERJA TIM YANG KUAT DI PERUSAHAAN


Kerja sama tim atau team building adalah proses dan strategi yang dibangun untuk mewujudkan visi misi perusahaan. Prinsipnya, kerja sama tim merupakan cara bekerja kreatif berbekalkan komunikasi yang baik dan kemampuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi secara bersama-sama. 

Menjadi bagian dari sebuah tim hebat di tempat kerja tentu menjadi idaman setiap orang, termasuk Anda. Bayangkan jika Anda menjadi bagian dari tim ini, Anda akan bangun pagi dengan penuh semangat dan bekerja dengan penuh energi setiap hari.

Apakah ada orang yang merasa hebat sehingga bekerja tanpa tim? Ada. Beberapa orang memang menghindari bekerja dalam suatu tim. Alasannya, ada banyak. Salah satu yang membuat orang enggan bekerja sama dalam tim karena merasa mampu untuk bekerja sendiri. 

Padahal faktanya, banyak manfaat yang bisa didapatkan jika memiliki tim kerja. Selain menjadikan pekerjaan terasa lebih ringan dan mudah diselesaikan, kerja sama tim juga berkontribusi untuk pengembangan profesionalitas karyawan.  

Namun, menumbuhkan tim kerja yang solid butuh waktu dan proses penyesuaian. Hal ini, karena setiap anggota tim berasal dari latar belakang yang berbeda. Anda harus menciptakan kondisi di mana setiap anggota tim harus berkembang bersama. 

Di saat yang sama, Anda perlu menyiapkan materi team building yang apik. Anda juga harus menumbuhkan rasa percaya dan saling menghormati antara satu anggota tim dengan anggota lain, menyesuaikan kemampuan dengan bidang kerja, serta membangun etika kerja tim yang baik

. Kepemimpinan dan kerja sama tim sangat erat kaitannya. Seorang pemimpin dikatakan berhasil jika tim yang dibentuknya bisa bekerja dengan maksimal. Ini artinya, iklim kerja yang diciptakan oleh setiap anggota tim sangat baik sehingga berpengaruh pula pada kualitas hasil dari pekerjaan.

Berikut ini beberapa strategi yang juga bisa dilakukan untuk membangun sebuah tim yang kuat dan mampu bekerja sama dengan baik.

1. Pahami Apa Itu Team Work yang Hebat

Kerja sama tim yang baik dibentuk dari beberapa elemen, yaitu tujuan dan peran yang jelas, komunikasi yang baik, kerja sama, dan pengembangan setiap individu dalam tim. Tujuan dan peran yang jelas maksudnya setiap anggota tim memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing. Pembagian tugas dan peran ini bertujuan untuk menghindari overlapping pekerjaan. Anggota tim juga harus paham hirarki tim agar mampu berkoordinasi dengan tepat.

2. Mengkaji Performa Tim

Evaluasi dan feedback adalah bagian dari pengembangan tim yang kuat. Anda harus punya kriteria khusus untuk mengukur performa tim Anda untuk menetapkan, apakah tim Anda berhasil atau tidak. 

3 . Memberi Penghargaan dan Merayakan Kesuksesan

Anda dapat memberi pengakuan kepada anggota tim Anda secara langsung, melalui email, memberikan bonus, promosi jabatan atau tambahan hari libur. Anda juga bisa merayakan kesuksesan tim dengan program-program hiburan, seperti liburan bersama atau sekadar makan malam yang dihadiri seluruh personil tim.

Membangun kerja sama tim yang efektif adalah tugas seorang pemimpin dan ini tidak bisa dicapai dalam waktu yang singkat. Anda harus bekerja keras dan memberikan perhatian penuh kepada tim Anda agar tetap solid seperti yang Anda harapkan. Mulailah menabur benih kebaikan di dalam tim, dan Anda akan menuai hal yang sama di masa yang akan datang.

0 komentar:

Posting Komentar