Rabu, 27 September 2023

Essay 1 Meringkas Jurnal Ahmad Adi Prayitno

 

ANALISIS PENGARUH PENGETAHUAN DAN SIKAP

TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH TERHADAP

PERILAKU WARGA DALAM MENGELOLA

SAMPAH RUMAH TANGGA DI KELURAHAN SEWU,

KECAMATAN JEBRES, KOTA SURAKARTA

 

Psikologi Sosial Essay 1 Meringkas Jurnal

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

Ahmad Adi Prayitno

21310410162

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

Topik

Analisis Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Tentang Pengelolaan Sampah Terhadap Perilaku Warga Dalam Mengelola Sampah Rumah Tangga Di Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta

Sumber

Pambudi, Y. S., & Sudaryantiningsih, C. (2017). Analisis pengaruh pengetahuan dan sikap tentang pengelolaan sampah terhadap perilaku warga dalam mengelola sampah rumah tangga di kelurahan sewu, kecamatan jebres, kota Surakarta. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 101-108.

Permasalahan

Masalah sampah rumah tangga menjadi permasalahan utama yang dihadapi oleh masyarakat di perkotaan, demikian pula di Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Kelurahan Sewu merupakan kawasan padat penduduk dengan kondisi permukiman yang tidak teratur dan lokasinya berdekatan dengan bantaran sungai Bengawan Solo

 

Tujuan

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pengetahuan, sikap, dan perilaku warga Kelurahan Sewu terkait pengelolaan sampah rumah tangga, serta untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh variabel pengetahuan, dan sikap warga tentang pengelolaan sampah terhadap perilakunya dalam mengelola sampah rumah tangga.

 

Metode

Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 2.277 Kepala Keluarga (KK). Sampel penelitian diambil secara random probability sampling. Jumlah sampel minimum yang diperlukan dihitung dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh 341 KK. Jumlah sampel sebanyak 346 KK. Alat pengumpulan data penelitian adalah kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda, uji t, dan uji F dengan software SPSS untuk menguji pengaruh secara parsial maupun simultan variabel-variabel penelitian.

Hasil

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara pengetahuan tentang pengelolaan sampah terhadap perilaku warga dalam mengelola sampah rumah tangga dengan hasil uji t diperoleh nilai p <0,05. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara sikap tentang pengelolaan sampah terhadap perilaku mengelola sampah dengan hasil uji t diperoleh nilai p < 0,05, sedangkan F hitung diperoleh 129,247 dengan nilai p < 0,05. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara pengetahuan dan sikap tentang pengelolaan sampah terhadap perilaku warga Kelurahan Sewu mengelola sampah rumah tangga.

Diskusi

Selain pengetahuan tentang pengelolaan sampah, sikap seseorang terhadap pengelolaan sampah diduga akan berpengaruh terhadap perilaku mengelola sampah. Semakin positif sikap seseorang tentang pengelolaan sampah biasanya perilakunya dalam mengelola sampah juga akan semakin baik, demikian pula sebaliknya (Puspitawati & Rahdriawan, 2012). Sikap mempunyai peranan di dalam pola-pola tingkah laku manusia yang merupakan pandangan atau perasaan yang disertai kecenderungan untuk bertindak terhadap suatu hal atau suatu obyek tertentu (Walgito, 2006). Sikap ini dapat bersifat positif dan dapat pula bersifat negatif. Dalam sikap positif, kecenderungan tindakan adalah mendekati, menyenangi, mengharapkan obyek tertentu, sedangkan dalam sikap negatif, terdapat kecenderungan untuk menjauhi, menghindari, membenci, tidak menyukai obyek tertentu. Sikap seseorang terhadap suatu obyek adalah perasaan mendukung atau memihak (favourable) maupun perasaan tidak mendukung atau tidak memihak (unfavourable) pada obyek tersebut (Azwar, 2008).

 


0 komentar:

Posting Komentar