Rabu, 20 September 2023

          PENGERTIAN DAN DAMPAK POLUSI UDARA TERHADAP MAKHLUK HIDUP

Psikologi Lingkungan

Elia Putri Utami

22310410111

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Polusi udara atau juga dikenal dengan pencemaran udara adalah sebuah kondisi terdapatnya ada satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi di udara (atmosfer) yang jumlahnya berada pada titik yang membahayakan. Dalam hal ini, polusi udara bisa berdampak pada kesehatan manusia, tumbuhan, dan juga hewan. Selain itu, percemaran pada udara juga menimbulkan dampak bahaya lain, karena dapat merusak properti dan juga mengganggu estetika dan kenyamanan lingkungan.

Polusi atau pencemaran udara merupakan masalah utama dari kesehatan lingkungan sedunia. Data World Health Organisation (WHO) menyebut, hampir seluruh populasi global (99%) menghirup udara yang mengandung polutan tinggi. Memang bukan hal baru jika pencemaran udara dikabarkan dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan. Lantas, apa saja dampak kesehatan yang bisa muncul? Melansir WHO, polusi atau pencemaran udara (air pollution) adalah kontaminasi lingkungan dalam atau luar ruangan oleh agen kimia, fisik, atau biologis apa pun yang mengubah karakteristik alami atmosfer. Kontaminasi ini umumnya terjadi karena aktivitas manusia. Ini bisa berasal dari emisi kendaraan, alat pembakaran rumah tangga, atau limbah udara dari pabrik, baik pabrik bahan kimia, manufaktur, maupun pembangkit listrik. Selain itu, beberapa kejadian alam juga bisa menjadi penyebabnya. Misalnya, asap kebakaran hutan (yang sering disebabkan oleh manusia), abu dan gas dari letusan gunung berapi, serta gas alam (seperti metana) yang berasal dari bahan organik yang membusuk di tanah. Polusi udara memiliki penyebab yang sangat beragam, tergantung lokasi pencemaran udara tersebut terjadi. Di Indonesia, pencemaran udara lebih dari 70% berasal dari emisi kendaraan bermotor.kendaraan bermotor akan menghasilkan gas pembuangan yang kemudian terkumpul di udara. Pencemaran udara yang satu ini jika terjadi dalam skala besar, akan menyebabkan gangguan lingkungan dan membawa dampak yang cukup mengkhawatirkan. Diantaranya muncul zat-zat kimia berbahaya seperti timbal (Pb), oksida fotokimia (Ox), oksigen nitrogen (NOx), hidrokarbon (HC), karbon monoksida (CO), dan masih banyak lagi.

Apa dampak pencemaran udara bagi kesehatan?

Bahaya polusi udara bisa terjadi pada siapa saja. Namun, merangkum fakta dari National Institute of Environmental Health Sciences, lansia, wanita hamil, dan anak-anak pada kondisi tertentu lebih berpotensi menimbulkan masalah kesehatan jika terpapar kontaminasi udara ini. Pada anak, umumnya risiko ini meningkat bila ia tinggal dan beraktivitas di luar rumah serta di area yang berpolutan tinggi, seperti di dekat jalan raya atau kawasan industri. beberapa akibat yang ditimbulkan oleh adanya pencemaran udara.seperti gangguan pernafasan,penyakit kardiovaskular,kanker,masalah kehamilan,penyakit neurodegenerative.

Perlunya kita sebagai makhluk hidup harus peduli terhadap Kesehatan yang harus dimulai dari hal kecil dengan mengurangi polusi tersebut.bisa dengan mengurangi penggunaan kendaraan,dapat dengan penanaman pohon dan menjaga kelestarian lingkungan sehingga akan menghasilkan udara yang bersih dan sehat.



0 komentar:

Posting Komentar