Selasa, 19 September 2023

ANALISIS PENGELOLAAN SAMPAH PADA MASYARAKAT DESA DISANAH KECAMATAN SRESEH KABUPATEN SAMPANG

 

ANALISIS PENGELOLAAN SAMPAH PADA MASYARAKAT DESA DISANAH KECAMATAN SRESEH KABUPATEN SAMPANG


Vina anggraini yosi ningrum

22310410105

Universitas proklamasi 45

 

Topik

Pengelolaan sampah pada masyarakat

Sumber

file:///C:/Users/HP/Downloads/admin,+4.jurnal+elzam+zami.pdf

https://e-journal.unair.ac.id/JKL/article/download/6424/5796/35813

 

ringkasan

Sampah merupakan salah satu hal yang selalu ada dalam kehidupan sehari hari.Lingkungan adalah tempat hidup yang ada di bumi khususnya manusia.sampah merupakan salah satu benda yang sudah tidak terpakai.menurut Hendrik L. Blum, 1974 dalam slamet,2016 menyatakan bahwa lingkungan adalah factor terbesar dalam mempengaruhi derajat kesehatan, sehingga menjaga lingkungan merupakan yang bebas dari segala kotoran, dan lain lain yang dapat merugikan segala aspek yang menyangkut setiap kegiatan dan perilaku masyarakat. Untuk meewujudkan kebersihan lingkungan, dibutugkan kesadaran dari masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan.

Desa Sanah merupakan salah satu desa di kecamatan Sreseh kabupaten Sampan yang masih termasuk desa dengan keadaan sulit karena  keterbatasan  transportasi dan masih dalam proses pembangunan. Permasalahan ini tentu saja berdampak pada operasional desa Sanah itu sendiri terutama dalam hal kebersihan, khususnya sulitnya menjamin pengelolaan sampah karena keterbatasan peralatan, transportasi dan kendaraan, membawa sampah  tidak bisa masuk ke desa.

pengelolaan sampah melibatkan pemanfaatan dan penggunaan sarana dan prasarana antara lain mnempatkan sampah pada wadah yang sudah terseedia, proses pengumpulan sampah,pemindahan sampah, dan pengangkutan sampah serta pengelolaan sampah hingga pada proses pembuangan akhir ( sahil,2006).

Perilaku membuang sampah ini sudah menjadi ciri budaya yang mendarah daging di masyarakat. Hal ini sudah tertanam kuat dalam mentalitas masyarakat mengenai sampah yang tidak pantas. Misalnya tumpukan sampah adalah hal biasa dan tidak perlu ditangani. Oleh karena itu, tidak ada tindakan lebih lanjut yang diambil untuk mengatasi masalah penumpukan sampah.. masyarakat desa sanah menganggap bahwa kerja bakti membersihkan jalan dari berbagai penghalang seperti ranting pohon bisa mengatasi masalah sampah.

Permasalahan sampah di Desa Sanah diatasi melalui pemanfaatan Tempat Penampungan Sementara (TPS) untuk mengolah sampah yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Sanah. Kedua, mengenai pengelolaan sampah-sampah tersebut setelah ditetapkannya tempat penyimpanan, yang terpenting adalah pengetahuan masyarakat terhadap masalah tersebut. Ketika seseorang mengetahuinya, mereka tidak memerlukan kesempatan untuk melakukannya.

Perlunya sosialisasi dari badan lingkungan hidup (BLH) untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat tentang permasalahan sampah.

 

Permasalahan

Sistem pengelolaan sampah di Desa Sanah masih kurang baik. Hal ini terlihat jelas dari perilaku masyarakat yang mempunyai kebiasaan membuang sampah sembarangan, seperti di lahan kosong, selokan, sungai atau di sekitar jalan raya. Selain itu, belum adanya kesadaran yang baik akan pentingnya pengelolaan sampah, dan terbatasnya pengelolaan membuang sampah ke tempat pembakaran sampah, karena kurangnya sarana prasarana pendukung seperti tempat sampah.Rumah demi rumah, bersifat sementara. tempat penampungan  (TPS).kurangnya kesadaran masyarakat akan sampah juga menjadi pokok permasalahannya, pemikiran sebagian besar masyarakat membakar sampah sebagian dari pengelolaan sampah .Tetapi, hal tersebut bias menyebabkan pencemaran udara dan bias mengganggu kesehatan.

Opini saya

Sampah merupakan masalah serius,sampah yang menumpuk lama kelamaan akan mencemari lingkungan, sampah yang dibuang disungai akan menyebabkan banjir, tidak hanya menyebabkan banjir ,tanah juga akan terkontaminasi dengan adanya sampah, sebaiknya kita mengolah sampah sebaik mungkin seperti mendaur ulang sampah tersebut menjadi kerajinan yang dapat dijual dan memperoleh keuntungan, sampah organic dapat diolah menjadi kompos ,sampah daur ulang dapat dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan dan bernilai jual tinggi.

 


0 komentar:

Posting Komentar