Rabu, 20 September 2023

PsiLingkungan: Essay pengganti pertemuan ke2 ( Widya Mela Nova _22310410125/SP)

 

 

 

POLUSI UDARA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN

Essay Pengganti Pertemuan ke-2

 

Psikologi lingkungan

 

Widya Mela Nova

22310410125

Dosen Pengampu :Dr.Dra.Arundati Shinta, M.A.

 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

 

 


 

KELABUNYA langit Jakarta belakangan ini memberikan kekhawatiran tersendiri, polusi udara yang berdampak pada penurunan kualitas udara terutama di daerah  Jakarta dan sekitarnya tengah menjadi sorotan. Polusi udara adalah kontaminasi udara oleh zat yang berbahaya bagi manusia dan mikroorganisme lainnya. Berdasarkan pantauan IQAirsaat ini rata-rata polutan halus (PM2.5) sebesar 62,2 mikrogram/m3, nilai tersebut 12,4x lebih tinggi dari standar kualitas udara rekomendasi badan Kesehatan dunia (WHO) dan masuk kategori tidak sehat. 

Polusi udara adalah kontaminasi udara oleh zat apa pun yang berbahaya bagi manusia dan organisme hidup lainnya. Ini dapat menyebabkan atau berkontribusi pada berbagai masalah kesehatan. Mulai dari yang ringan, hingga yang parah dan berbahaya.Gas dan partikel berbahaya di udara berasal dari berbagai sumber. Termasuk asap knalpot kendaraan, asap dari pembakaran batu bara atau gas, dan asap tembakau.

Dampa paparan polusi udara, terutama jangka panjang, dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang dapat terjadi:

1.Kangker paru-paru

Partikel dalam polusi udara dapat menyebabkan kanker paru-paru. Ini adalah kondisi ketika sel kanker berkembang di paru-paru.

2.Serangan asma

Beberapa polusi seperti asap mengandung karbon monoksida. Hal ini dapat memicu munculnya serangan asma. Ozon dalam polusi dapat memengaruhi cara kamu bernapas. Selain itu, partikel kecil seperti debu atau asap dapat tersangkut di paru-paru dan menyebabkan serangan asma.

3.Bronkitis kronis

Asam dari mobil, truk, dan kendaraan lain dapat mencemari udara. Ini dapat meningkatkan risiko bronkitis kronis. Ini adalah saat lapisan tabung bronkial, yang membawa udara ke paru-paru Anda, mengalami peradangan. 

4.Radang paru-paru

Nitrogen oksida dan sulfur dioksida dalam polusi udara meningkatkan risiko terkena pneumonia, atau radang paru-paru. Gejalanya mungkin termasuk nyeri dada, batuk, kelelahan, sesak napas, dan demam. 

 Pemerintah Indonesia tengah giat berupaya  mengendalikan polusi udara yang salah satunya disebabkan oleh emisi gas buang kendaraan bermotor melalui uji emisi kendaraan bermotor. Emisi gas buang ini dapat berdampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Namun, pengendalian polusi udara ini tidaklah mudah, karena berbagai faktor seperti jenis kendaraan, teknologi mesin, umur kendaraan, dan pola pergerakan manusia dapat mempengaruhi tingkat emisi yang dihasilkan.

 

Uji emisi kendaraan adalah langkah awal yang sangat penting dalam upaya pengendalian polusi udara. Dengan mengidentifikasi sumber-sumber emisi kendaraan, langkah-langkah yang tepat dapat diambil untuk mengurangi dampak negatif pada kualitas udara dan lingkungan secara keseluruhan. Langkah ini merupakan kontribusi penting dalam menjaga kesehatan masyarakat dan keberlanjutan lingkungan.

 

 

Sumber: https://mediaindonesia.com/opini/609005/dampak-polusi-udara-pada-kesehatan

Medical News Today. Diakses pada 2023. How Does Air Pollution Affect Our Health? 

Vedantu. Diakses pada 2023. Air Pollution Control

WebMD. Diakses pada 2023. Health Effects of Air Pollution.

Uji Emisi Kendaraan, Upaya Cegah Polusi Udara.Jakarta.Humas-BRIN/Diterbitkan pada 1 september

  

0 komentar:

Posting Komentar