Selasa, 26 September 2023

Essay 2 Plogging Adi Setiyanto 22310410004

ESSAY 2 PLOGGING PSIKOLOGI LINGKUNGAN

AKTIVITAS MENYEHATKAN DAN RAMAH LINGKUNGAN

ADI SETIYANTO 
22310410004
 
Dosen Pengampu: Dr.,Dra. Arundati Shinta, M.A
 
Fakultas Psikologi
Universitas Psikologi ’45 Yogyakarta

 

Seperti yang diketahui TPA Piyungan selama ini menampung sampah dari sejumlah daerah di Yogyakarta.

Penutupan TPA Piyungan justru memperburuk persoalan. Sampah yang menumpuk dan tidak dikelola dari sumbernya (manusia) bisa mencemari lingkungan. Bisa dilihat dibeberapa wilayak kota jogja banyak sampah berserakan setiap sudut kota. Hal ini terjadi karena kurangnya edukasi warga terkait pengelolaan sampah dengan baik, dan kurangnya pengetahuan tentang 3R (Reduce, Reuse dan Recycle).

Dalam bentuk menjaga kesehatan badan dan rasa peduli dengan lingkungan, saya melakukan kegiatan plogging disepanjang jalan wates yang berada di daerah onggobayan, Kalibayem. Plogging sendiri  singkatan dari kata "pick litter and jogging". Ini merupakan aktivitas dimana peserta sembari jogging atau berlari pula memungut sampah yang ditemukan pada rute jalan yang dilewati. 

Aktivitas plogging ini tak hanya akan berdampak positif untuk lingkungan namun pula buat kebugaran dan kesehatan tubuh.  Dalam kegiatan ini saya membagi 2 sesi Jogging.

Plogging 1


Plogging pertama saya lalukan pada hari Kamis, September 2023 pukul 07.15 s/d 09.27 WIB di jogging kali ini saya lakukan di pinggir jalan wates km 3 (didepan SLB). Dalam kegiatan plogging saya mendapati beberapa sampah, karena memang daerah jalan tersebut banyak sampah dari sisa-sisa makanan dari anak-anak sekolah yang kurang peduli dengan lingkungan. Sampah tersebut saya tampung menjadi satu dan kemudian saya pisahkan ketika dibawa kepengepul terdekat, setelah sampah selesai dipilah dan ditimbang mendapat berat 1,65 Kg, dan kami rupiahkan menjadi total 7 ribu rupiah dan uang tersebut saya belikan minuman dan makanan ringan.

 

Plogging 2


Kegaiatan Plogging kedua saya lakukan pada hari Selasa, 26 September 2023 pada pukul 07.30 - 09.15 WIB.  Kegiatan kali ini saya lakukan didaerah yang sama di jalan wates km 3 tapi berbeda lokasi, kali ini saya melakukan kegiatan jogging yang mengarah ke daerah SMP N 1 Kasihan karena biasanya dilingkungan sekolah seperti sebelumnya banya ditemukan sampah bekas minuman dan jajanan yang berserakan.
Dipinggir sekolah tersebut saya mendapat beberapa sampah botol plastik, sterofoam, plastik dan gelas plastik yang berserakan. Saya kumpulkan sampah tersebut menjadi satu, untuk sampah kali ini saya tidak mendapat banyak karena ketika saya melewati daerah tersebut sudah sedikit lebih bersih dibanding ketika jogging pertama saya. Sampah kali ini tidak saya jual ke pengepul karena jumlahnya tidak ada 1 kantong plastik. Jadi saya bawa kembali ke kost saya untuk saya pisahkan dengan sampah yang plastik agar bisa dijual ibu kos. 

Kesimpulan dalan kegiatan ini, masih banyak warga sekitar yang kurang sadar akan lingkungannya. Perlunya edukasi tentang pengolahan sampah yang baik dan benar. 
Mari kita jaga bumi kita dengan membuang sampah pada tempatnya dan menggunakan bahan yang ramah lingkungan. 

0 komentar:

Posting Komentar