Rabu, 20 September 2023

Psikologi Lingkungan: Essay pengganti pertemuan ke-2 (Roda Yoni Manggala_ 22310410086/SP)

 

POLUSI UDARA DAN DAMPAKNYA BAGI LINGKUNGAN HIDUP

Essay Pengganti Pertemuan ke-2

Psikologi Lingkungan

Roda Yoni Manggala

 22310410086

Dosen Pengampu: Dr. Dra. Arundati Shinta, M.A.

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Saat ini pencemaran lingkungan menjadi suatu ancaman yang perlu kita sadari. Salah satu bentuk pencemaran lingkungan tersebut yaitu timbulnya polusi udara. Polusi udara merupakan suatu keadaan dimana terdapat substansi fisik, biologi, atau kimia pada lapisan bumi (atmosfer) yang jumlahnya dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan serta dapat mengganggu estetika dan kenyamanan. Polusi udara ini biasanya terjadi di kota –kota besar yang padat penduduk salah satunya adalah kota Jakarta.

Saat ini Jakarta mengalami krisis udara bersih dengan indeks kualitas udara yang berada pada titik yang menghawatirkan. Jakarta menempati posisi pertama sebagai kota yang memiliki kualitas udara terburuk di dunia. Indeks kualitas udara Jakarta berada di angka 151-200 yang termasuk pada kategori tidak sehat. Di Jakarta sendiri polusi udara akan tampak  pada saat jam berangkat dan pulang kerja dimana masyarakat sedang sangat aktif menggunakan kendaraan untuk beraktivitas. Buruknya kualitas udara ini dapat mengganggu aktivitas manusia dan tentunya dapat membahayakan kesehatan tubuh sehingga kita harus mewaspadai ancaman kesehatan ini.Sebagai salah satu kota besar dengan jumlah penduduk yang padat di Indonesia,tentunya aktivitas yang terjadi di Jakarta juga semakin meningkat. Peningkatan aktivitas inidapat kita lihat dengan adanya jumlah kendaraan bermotor yang semakin banyak sehingga sering menimbulkan kemacetan di jalan raya.

Permasalahan lingkungan seperti polusi udara tersebut sebenarnya menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai masyarakat untuk lebih menjaga dan memperhatikan lingungan kita. Hal tersebut dapat dimulai dari dalam diri kita masing-masing dengan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya lingkungan yang sehat dan bersih dan mewujudkannya dengan tindakan nyata seperti melakukan penanaman pohon dan menambah area hijau di seluruh wilayah kota, menggunakan kendaraan umum ketika bepergian untuk mengurangi asap kendaraan, mengolah dan menyaring limbah pabrik sebelum dibuang kelingkungan, serta menerapkan pola dan perilaku hidup bersih dan sehat. Apabila seluruh elemen dapat bekerjasama dalam mewujudkan hal tersebut, maka polusi udara yang terjadi dikota besar seperti Jakarta dapat dikurangi atau bahkan Indonesia dapat terbebas dari masalah polusi.

 


Sumber : https://id.scribd.com/document/452283939/Polusi-Udara-docx


0 komentar:

Posting Komentar