Sabtu, 23 September 2023

Essay 1 Meringkas Jurnal Maulana Nor Ikhsan (22310410083)

ESSAY 1 PSIKOLOGI LINGKUNGAN


Analisis Pengelolaan Sampah Pada Masyarakat Desa Disanah Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang

 Maulana Nor Ikhsan 

22310410083

Dosen : Dra., Dr. Arundati Shinta MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 




Topik

Pengelolaan sampah di Desa Disanah, Kabupaten Sampang.

Sumber

Jurnal Kesehatan Lingkungan Vol.10 , No.4, Oktober 2018.

Permasalahan

1. Pembuangan sampah sembarangan dan pembakaran sampah yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan dan dapat mengganggu kesehatan.

2. Kurangnya tempat penampungan sampah pribadi di rumah-rumah warga.

3. Keterbatasan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung pengelolahan sampah, seperti tempat sampah disetiap rumah, dan tempat penampungan sementara (TPS).

4. Rendahnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan. 

Tujuan Penelitian

1. Untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada dalam pengelolaan sampah di Desa Disanah.

2. Untuk mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolahan sampah di Desa Disanah.

3. Untuk menyusun rekomendasi guna meningkatkan pengelolahan sampah di Desa Disanah.

Isi

Jurnal ini membahas tentang pengelolaansampah di Desa DisanahKabupatenSampang. Isi jurnal ini mencakup analisispermasalahan dalam pengelolaan sampahfaktor-faktor yang mempengaruhipengelolaan sampahserta rekomendasiuntuk meningkatkan pengelolaan sampah di Desa Disanah.

Beberapa permasalahan yang diidentifikasidalam pengelolaan sampah di Desa Disanahantara lain pembuangan sampahsembaranganpembakaran sampahkurangnya tempat penampungan sampahpribadiketerbatasan fasilitasdanrendahnya kesadaran masyarakat terhadapkebersihan lingkungan.

Faktor-faktor yang mempengaruhipengelolaan sampah meliputi minimnyatempat penampungan sementara (TPS), sulitnya akses menuju desadan kurangnyapemahaman dan kesadaran masyarakatterhadap pentingnya pengelolaan sampah.

Rekomendasi yang diberikan dalam jurnalini antara lain melakukan sosialisasi kepadamasyarakat tentang pentingnya pengelolaansampah yang baikmengadakan kegiatangotong royong secara rutin untukmembersihkan desamengalokasikananggaran dana desa untuk pembangunantempat penampungan sampahmembanguntempat penampungan sementara (TPS) yang memadaidan melibatkan pemerintahdaerah dalam pengadaan tempatpenampungan sementara (TPS) danpengolahan sampah.

Metode

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan observasional deskriptif. Teknik penelitian yang dilakukan meliputi survey lapangan, focus group discussion (FG), wawancara terbuka, dan studi literatur. 

Hasil

Hasil dari penelitian ini menunjukkanbahwa pengelolaan sampah di DesaDisanahKabupaten Sampang masih belumbaikBeberapa masalah yang diidentifikasimeliputi pembuangan sampah sembaranganpembakaran sampahkurangnya tempatpenampungan sampah pribadiketerbatasanfasilitasdan rendahnya kesadaranmasyarakat terhadap kebersihan lingkunganMasalah ini disebabkan oleh keterbatasanfasilitas dan pemahaman yang rendahmengenai pengelolaan sampah.

Untuk meningkatkan pengelolaan sampah di Desa Disanahpenelitian inimerekomendasikan beberapa langkahantara lain:

1. Melakukan sosialisasi kepadamasyarakat tentang pentingnyapengelolaan sampah yang baik.
2. Mengadakan kegiatan gotong royongsecara rutin untuk membersihkandesa.
3. Mengalokasikan anggaran dana desauntuk pembangunan tempatpenampungan sampah.
4. Membangun tempat penampungansementara (TPS) yang memadai.
5. Melibatkan pemerintah daerah dalampengadaan tempat penampungansementara (TPS) dan pengolahansampah.

Dengan implementasi langkah-langkahtersebutdiharapkan pengelolaan sampah di Desa Disanah dapat ditingkatkan danmenciptakan lingkungan yang lebih bersihdan sehat.

Kesimpulan

Berdasarkan penelitian inidapatdisimpulkan bahwa pengelolaan sampah di Desa DisanahKabupaten Sampang masihbelum baikTerdapat beberapapermasalahan yang diidentifikasiantara lain pembuangan sampah sembaranganpembakaran sampahkurangnya tempatpenampungan sampah pribadiketerbatasanfasilitasdan rendahnya kesadaranmasyarakat terhadap kebersihan lingkungan

Permasalahan tersebut disebabkan olehfaktor-faktor seperti minimnya tempatpenampungan sementara (TPS), sulitnyaakses menuju desadan kurangnyapemahaman dan kesadaran masyarakatterhadap pentingnya pengelolaan sampahSelain itu, budaya dan pola pikir masyarakatyang kurang tepat terkait sampah jugamenjadi hambatan dalam pengelolaansampah di Desa Disanah.

Untuk meningkatkan pengelolaan sampah di Desa Disanahdiperlukan upaya sepertipenyediaan tempat penampungan sampah di tiap rumahpembangunan tempatpenampungan sementara (TPS), peningkatan akses menuju desadanpeningkatan kesadaran masyarakat melaluisosialisasi dan edukasi tentang pentingnyapengelolaan sampah.

 

0 komentar:

Posting Komentar