Esai 2
Psikologi Inovasi: Meringkas Jurnal Motivasi
Wahyu Sukman
(23310420012)
JURNAL
Oleh Wahyu
Sukman
NIM:
23310420012
Esai 2:
Meringkas Jurnal Motivasi
Psikologi
Inovasi
Dosen
Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA
Topik |
Motivasi
Belajar dan Hasil Belajar |
Sumber |
Rahman, S. (2021). PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR
DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI
GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR, 289-302. |
Permasalahan |
Ketidakjelasan tujuan belajar dapat menyebabkan penurunan motivasi karena individu sulit mengetahui mengapa mereka belajar. Kegagalan menghadapi tantangan seperti kesulitan memahami materi atau tugas yang sulit bisa menurunkan motivasi. Ketidakpuasan dengan hasil belajar dapat membuat individu kehilangan semangat belajar. Lingkungan belajar yang tidak mendukung juga dapat mengganggu motivasi seseorang. Kurangnya rasa pentingnya materi yang dipelajari juga bisa mengurangi motivasi belajar. Ketidakmampuan menemukan minat pribadi dalam topik yang dipelajari dapat membuat seseorang merasa bosan dan tidak termotivasi. Gangguan mental seperti kecemasan, depresi, atau stres bisa mengganggu motivasi belajar. Untuk mengatasi
masalah ini, penting untuk mengidentifikasi penyebabnya dan mencari solusi,
seperti menetapkan tujuan yang jelas, mencari dukungan dari orang lain, atau
mengubah pendekatan belajar agar lebih menarik dan relevan. |
Tujuan
penelitian |
Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk memahami keterkaitan antara motivasi belajar dan pencapaian
hasil belajar siswa. |
Isi |
Pengaruh motivasi terhadap prestasi siswa menjadi fokus penelitian ini. Tujuannya adalah untuk menggali keterkaitan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode survei dan analisis statistik terhadap sampel siswa dari beragam latar belakang. Temuan utama menekankan hubungan positif antara tingkat motivasi belajar siswa dan prestasi belajar mereka. Artinya, semakin tinggi motivasi belajar siswa, semakin baik hasil belajar yang dapat mereka capai. Motivasi belajar memiliki peran penting dalam mendorong usaha dan pencapaian prestasi siswa. Motivasi intrinsik, seperti minat dan keinginan untuk berhasil, serta motivasi ekstrinsik, seperti penghargaan dan lingkungan yang mendukung, memiliki korelasi yang signifikan dengan hasil belajar siswa. Penelitian
ini merekomendasikan peningkatan motivasi belajar siswa tidak hanya melalui
peran guru sebagai motivator, tetapi juga melibatkan dukungan dari keluarga
dan motivasi internal siswa. Kerjasama antara semua pihak terlibat dalam
pendidikan diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil
penelitian ini diharapkan memberikan wawasan baru dan saran bagi peneliti
berikutnya dalam mengeksplorasi lebih lanjut faktor-faktor yang memengaruhi
prestasi belajar siswa. |
Metode |
Metode penelitian
tinjauan pustaka (Library Research) yang berlokasi di perpustakaan/ruang baca
secara online maupun offline. |
Hasil |
Menurut hasil dari penelitian yang melibatkan observasi langsung, siswa
dengan motivasi yang tinggi cenderung berdedikasi, gigih, tidak mudah
menyerah, serta aktif dalam membaca untuk meningkatkan pencapaian akademis
dan mengatasi masalah yang dihadapi. Sebaliknya, siswa dengan motivasi rendah
cenderung kurang berminat, cepat merasa putus asa, dan kurang fokus pada
pembelajaran, yang dapat mengakibatkan kesulitan dalam proses belajar. |
Diskusi |
- |
0 komentar:
Posting Komentar