Rabu, 17 April 2024

Essay 4 - Berperilaku Inovatif Secara Nyata - Sachuroh

         

 Tugas Essay 4 Psikologi Inovasi : Berperilaku Inovatif

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta

Mengubah Sampah Menjadi Karya Estetika


 

Sachuroh

21310410165

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

 

Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah anorganik yang, sebagian besar sulit untuk di urai oleh alam atau mikroorganisme. Sementara, sebagian lainnya hanya dapat diuraikan dalam waktu yang lama. Sampah jenis ini pada tingkat rumah tangga misalnya botol plastik, botol gelas, tas plastik. Bagi lingkungan, plastik dapat menimbulkan pencemaran, baik di tanah, air, maupun udara. Di tanah plastik dapat menghalangi peresapan air dan sinar matahari, sehingga mengurangi kesuburan tanah dan dapat menyebabkan banjir. Sampah plastik memberi sumbangsih 90% sampah yang ada di lautan.

Di udara, komponen plastik yang bertebaran dapat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Sebagai contoh, plastik jenis polyvinyl chloride (PVC) yang mengandung halogen, akan memproduksi dioksin apabila dibakar. Dioksin adalah salah satu komponen paling berbahaya yang dihasilkan oleh manusia.

Sampah dapat diolah menjadi sebuah karya yang mempunyai nilai jual dan Estetika, jika kita sebagai manusia mampu untuk mengolah sampah tersebut,  tidak Selamanya sampah menjadi sebuah bencana, jika berada di tangan orang yang tepat maka sampah mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Pada kesempatan kali ini saya dapat mengolah sampah plastik dan botol plastik menjadi sebuah karya bunga yang indah. Bahan-bahan yang di perlukan untuk membuat bunga dari botol plastik itu sendiri yaitu, dua belas botol plastik kemasan gelas, satu buah plastik kresek berwarna hijau, lima sedotan plastik, plester, koran dan lem tembak. Bahan utama dari pembuatan karya ini adalah sampah bekas pakai, yang sulit di uraikan.

Langkah-langkah pembuatan bunga dari botol plastik

1. Siapkan Bahan-bahan pembuatan karya seperti, botol plastik yang sudah dicuci bersih, plastik kresek, dan bahan pembuatan lainnya.

2. Gunting botol plastik menjadi dua bagian, rapikan ujungnya, Gunting menjadi bagian kecil-kecil tanpa putus, lakukan hal yang serupa pula pada sedotan plastik.

3. Gulung botol plastik yang telah di gunting tersebut dan gabung dengan bagian yang lainnya, pasangkan pula sedotan yang telah dirangkai menyerupai bunga menggunakan lem tembak.

4. Pada kawat besi lilitkan kertas koran dan selanjutnya lilitkan kantong plastik berwarna hijau agar menyerupai tangkai bunga, menggunakan plester.

5. Satukan botol  plastik yang sudah menyerupai bunga dengan tangkainya menggunakan lem tembak .

6. Kemudian rapikan sisi-sisinya jadilah karya bunga cantik yang terbuat dari sampah botol plastik.

 

Karya tersebut dapat di jual dan menghasilkan uang di tangan orang yang tepat. Namun sampah plastik ini jika dibiarkan akan menumpuk dan membuat masalah baru, seperti lingkungan menjadi kotor karya banyaknya botol dan plastik yang berserakan dapat membuat sarang nyamuk. Pada saat bulan ramadhan tiba banyak sekali anak-anak kecil yang membeli minuman kemasan pada saat malam hari dan membuang sampahnya secara sembarangan, ketika melihat hal itu saya terpikirkan ada tugas tentang Berperilaku Inovasi mengubah sampah menjadi karya sehingga saya berusaha untuk mengolahnya, menjadi sampah tersebut lebih bernilai.

 

Link  e commerce produk :

https://shope.ee/50CL5P1c13?share_channel_code=1

0 komentar:

Posting Komentar