Senin, 22 April 2024

Esai 4 Psikologi Inovasi : Berperilaku Inovatif Secara Nyata Vina Milatul Azka (21310410181)

 

Esai 4 : Berperilaku Inovatif

Mata Kuliah : Psikologi Inovasi

Dosen : Dr. Arundati Shinta, MA

 




Judul : Dari Kardus Bekas Menjadi Rak Serbaguna

Vina Milatul Azka

21310410181

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

            Kardus atau karton box merupakan salah satu material yang punya karakteristik ringan juga praktis. Barangnya yang mudah didapat dan terjangkau menjadikan kardus pilihan terbaik sebagai wadah kemasan dan penyimpanan jika dibandingkan dengan plastik.

Barang sisa yang sudah tidak lagi digunakan biasa disebut sebagai sampah. Kardus bekas pakai juga akan menjadi sampah jika tidak lagi dirasa memberi manfaat bagi yang memiliki. Padahal kardus bisa dimanfaatkan menjadi barang baru yang bernilai  jika dikelola secara bertanggung jawab. Kardus sendiri terbuat dari kertas atau karton dan dikategorikan sebagai sampah organik sehingga dapat terurai secara alami di alam.

Wanita memang tak bisa lepas dari makeup. Peralatan makeup dianggap menjadi salah satu barang yang penting dan wajib dimiliki. Menjadi suatu kebutuhan, tak heran jika makeup tak hanya digemari wanita dewasa tetapi para remaja.

Seiring berjalannya waktu, kini sudah banyak brand makeup dan berbagai alat makeup yang diciptakan untuk menunjang kebutuhan wanita.  Jika alat makeup tersebut tidak ditata dengan rapi, akan menyulitkan bagi pengguna jika ada barang yang hilang atau terselip. Dari permasalahan ini, saya hubungan dengan Psikologi Inovasi untuk mengubah sampah menjadi barang yang berguna salah satunya mengubah kardus bekas menjadi rak serbaguna atau tempat alat makeup.

Bahan dan alat yang perlu disiapkan untuk membuat rak serbaguna antara lain kardus bekas, lem tembak beserta alat tembaknya, gunting, kertas pembungkus kado, dan lem kertas.

Langkah pertama, tentukan terlebih dahulu model rak yang ingin dibuat. Misal, rak yang terdiri dari beberapa sekat, terdapat laci dan sebagainya. Kemudian potong kardus menjadi beberapa bagian sesuai dengan pola yang ingin dibuat. Rekatkan potongan-potongan kardus membentuk pola yang diinginkan menggunakan lem tembak. Pastikan kardus menempel dengan kuat. Setelah kardus sudah terpasang semua sesuai dengan pola, potong kertas kado sesuai dengan pola potongan kardus di awal dengan melebihi ukurannya sekitar satu centimeter. Pemilihan motif dan warna dari kertas kado juga mempengaruhi hasilnya nanti. Orang akan tertarik jika motif yang dipilih bagus dan warnanya yang menarik. Tempel kertas kado menutupi seluruh bagian kardus yang terlihat dari luar menggunakan lem kertas. Beri hiasan sesuai yang diinginkan pada rak serbaguna. Misal, saya menggunakan sedotan bekas yang saya sudah lipat-lipat memanjang. Pastikan kembali bahwa kardus sudah merekat baik dengan kardus lain, begitupun kertas kadonya.

Rak serbaguna yang sudah jadi, didiamkan beberapa menit guna menunggu lem kering. Jika sudah kering, alat makeup bisa dimasukkan ke dalam rak serbaguna. Rak ini terdiri dari dua laci dan dua sekat. Rak ini akan membuat makeup semakin terlihat rapi dan tidak berserakan. Selain itu, rak serbaguna dari kardus bekas ini juga dapat bernilai jika dijual baik secara online maupun offline.

Rak serbaguna ini diposting di Facebook dengan link https://www.facebook.com/100015712353250/posts/pfbid0JxLPiJepgeahUHMtXZiMWR2feQ5czhjUQ21fhwZx5SGhNFWVkzCVXSMsgLMTsfzJl/?app=fbl

0 komentar:

Posting Komentar