Senin, 22 April 2024

Essay 2 Psikologi Inovasi : Meringkas Jurnal Motivasi -Ahmad Adi Prayitno (21310410162)

 

ESSAY 2

MERINGKAS JURNAL MOTIVASI

MOTIVASI BERPRESTASI PADA MAHASISWA BERPRESTASI DARI KELUARGA TIDAK MAMPU SECARA EKONOMI”

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Mata Kuliah Psikologi Inovasi

 


Nama : Ahmad Adi Prayitono

NIM : 21310410162

Universitas Proklamasi 45

Yogyakara



Judul Jurnal

MOTIVASI BERPRESTASI PADA MAHASISWA BERPRESTASI DARI KELUARGA TIDAK MAMPU SECARA EKONOMI

Nama Jurnal

Haryani, R., & Tairas, M. M. W. (2014). Motivasi berprestasi pada mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu secara ekonomi. Jurnal psikologi pendidikan dan perkembangan3(1), 30-36.

Penulis Jurnal

Ratna Haryani , M.M.W. Tairas

Ringkasan Jurnal

Jurnal berjudul “MOTIVASI BERPRESTASI PADA MAHASISWA BERPRESTASI DARI KELUARGA TIDAK MAMPU SECARA EKONOMI”. untuk mengetahui bagaimana terbentuknya motivasi berprestasi pada mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi. Motivasi berprestasi yang dimaksud disini adalah kebutuhan dari seorang individu untuk menyelesaikan sesuatu yang sulit dengan baik dan mandiri, menghadapi rintangan dan mencapai standar yag tinggi, serta keberanian untuk melakukan pesaingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu secara ekonomi. Cara memperoleh subyek dilakukan dengan teknik purposive agar diperoleh data yang representatif sesuai tema penelitian. Penggalian data dilakukan dengan teknik wawancara. Data yang diperoleh dianalisa dengan melakukan koding terhadap hasil wawancara yang telah dibuat verbatim Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya motivasi berprestasi terdiri atas dua faktor, yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik meliputi keyakinan untuk sukses, self-efficcacy, value, serta pengalaman yang diperoleh sebelumnya. Sedangkan faktor ekstrinsik meliputi keluarga, sekolah, dan teman. Proses pembentukan motivasi berprestasi melibatkan faktor-faktor tersebut.Motivasi berprestasi pada mahasiswa berprestasi mulai terbentuk sejak sebelum masuk perguruan tinggi. Mahasiswa berprestasi pada umumnya sudah mulai memiliki prestasi sejak mereka duduk di bangku sekolah dasar dan terus berlanjut hingga di perguruan tinggi. Dari pembahasan yang telah dilakukan pada bab sebelumnya, kesimpulan yang dapat diperoleh dari hasil penelitian ini adalah adanya faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi yang bisa berupa faktor ekstrinsik dan faktor intrinsik. Faktor intrinsik yang berperan adalah : kemungkinan untuk sukses, selfefficcacy, value, serta pengalaman sebelumnya. Sedangkan faktor ekstrinsik yang berperan adalah fakor keluarga, sekolah, dan teman. Dari penelitian ini diperoleh data tambahan mengenai faktor ekstrinsik lain yang berperan dalam motivasi berprestasi subjek, yaitu : reward, orang yang lebih dulu sukses/berprestasi, kegiatan ekstra kurikuler, training ESQ, serta buku, internet, dan fenomena disekitar individu. Proses terbentuknya motivasi berprestasi mulai muncul pada masa anakanak yang dibentuk oleh faktor eksternal, yaitu dorongan keluarga dan sekolah. Saat memasuki usia SMP mulai muncul faktor internal. Motivasi berprestasi individu s ema k i n t e rli h a t s e iri n g d e n g a n bertambahnya pengalaman (yang merupakan faktor internal). Faktor eksternal lain seperti teman, orang yang telah lebih dulu sukses juga berpengaruh terhadap motivasi berprestasi individu. Bagi mereka orang yang telah lebih dulu sukses serta nasehat yang diberikan oleh teman serta guru dan dosen dapat mengubah cara pandang i n d i v i d u t e r h a d a p p r e st a si d a n mempengaruhi perilaku mereka terhadap pencapaian prestasi mereka selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar