Kamis, 18 April 2024

ESSAY 3 PSIKOLOGI INOVASI: DISONANSI KOGNITIF FAIS FIRMANSAH (21310410182)

 

PSIKOLOGI INOVASI

ESSAI KE-3

Dosen Pengampu : Arundati Shinta

 

WAWANCARA PEROKOK

 

 




Disusun Oleh

 

Fais Firmansah

 

21310410182

 

 

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

2024

 

 

 

 

Target Wawancara      : Mahasiswa Jurusan Psikologi

Identitas Target                       : RF

Tempat                                    : Rumah Responden

 

Fais      : “Selamat siang, mas RF. Terima kasih telah bersedia untuk diwawancarai oleh saya. Pertama-tama saya ingin memulai dengan pertanyaan tentang kebiasaan merokok Anda. Bisakah mas RF menceritakan sejak kapan mas RF mulai merokok dan apa yang membuat mas RF memulainya?”

RF       : “Siang juga mas. Terima kasih telah memberi kesempatan ini. Saya jujur saja mulai merokok sejak SMA, sekitar empat tahun yang lalu. Awalnya, saya tertarik mencoba karena melihat teman-teman saya melakukannya dan saya merasa itu menjadi bagian dari kehidupan remaja yang menurut saya cukup keren.”

Fais      : “Oh begitu, lalu bagaimana anda melihat dampak dari kebiasaan merokok anda terhadap lingkungan sekitar, seperti polusi udara dan limbah punting rokok?”

RF       : “Sejujurnya, saya tidak terlalu memikirkannya pada awalnya. Namun, seiring berjalannya waktu, saya mulai menyadari betapa berbahayanya efek rokok bagi lingkungan. Asap rokok yang dihasilkan mencemari udara dan limbah punting rokok yang dibuang sembarangan juga berdampak negatif pada lingkungan sekitar karena tentu limbah ini akan cukup sulit untuk terurai.”

Fais      : “Apakah Anda melakukan sesuatu untuk mengurangi dampak negatif dari kebiasaan merokok Anda terhadap lingkungan?”

RF       : “Saya telah mencoba beberapa langkah, meskipun belum sepenuhnya berhasil. Misalnya, saya berusaha untuk tidak merokok di dalam ruangan atau di tempat-tempat umum yang ramai. Saya juga selalu memastikan untuk membuang puntung rokok pada tempatnya, meskipun kadang-kadang saya masih lalai dalam hal ini.”

Fais      : “Wah sudah cukup bagus itu mas. Apakah ada tantangan tertentu yang mas hadapi dalam usaha untuk mengurangi dampak negatif dari kebiasaan merokok mas RF terhadap lingkungan?”

RF       : “Tentu, tantangannya cukup banyak. Salah satunya adalah tekanan sosial dari teman-teman yang juga merokok. Seringkali sulit untuk menolak tawaran mereka untuk merokok bersama. Selain itu, kebiasaan merokok itu sendiri juga sulit untuk diubah, karena sudah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari.”

Fais      : “Lalu apakah mas RF memiliki rencana atau strategi untuk mengatasi tantangan tersebut dan lebih efektif dalam mengurangi dampak negatif dari kebiasaan merokok mas RF selama ini?”

RF       : “Ya mas, saya berencana untuk terus meningkatkan kesadaran saya akan dampak negatif dari kebiasaan merokok terhadap lingkungan. Saya juga berusaha untuk lebih kuat dalam menolak godaan merokok dan mencari alternatif kegiatan yang lebih sehat dan bermanfaat.”

Fais      : “Terakhir, apa ada pesan atau saran yang ingin mas RF sampaikan kepada teman-teman atau masyarakat umum tentang pentingnya menjaga lingkungan dari dampak negatif kebiasaan merokok?”

RF       : “Saya ingin mengatakan bahwa menjaga lingkungan adalah tanggung jawab bersama kita semua. Kebiasaan merokok tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan individu, tetapi juga pada lingkungan tempat tinggal kita. Mari kita semua Bersama-sama berkomitmen untuk mengurangi kebiasaan merokok dan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.”

 

 

Daftar Pustaka

FARIDZI, I., & NOVIANA, E. (2023). Perancangan Kampanye Penanggulangan Limbah Puntung Rokok di Kota Bandung. FAD, 1-14.

CAHYANI, Laura Ardiani Rohmah. Analisis Dampak Lingkungan dari Peningkatan Jumlah Pembuangan sembarangan Putung Rokok di Gunung. CHEMVIRO: Jurnal Kimia dan Ilmu Lingkungan (JKIL), 2024, 2.1: 87-90.

0 komentar:

Posting Komentar