Selasa, 23 April 2024

Esai 3 Psikologi Inovasi : Wawancara Tentang Disonansi Kognitif Wahyu Sukman (23310420012)

 

Esai 3 Psikologi Inovasi: Wawancara tentang Disonasi Kognitif

Wahyu Sukman (23310420012)

 

Disonasi Kognitif Terhadap Perokok yang Melakukan Aktifitas Gym

Oleh Wahyu Sukman

NIM: 23310420012

Esai 3: Wawancara tentang Disonasi Kognitif

Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA



 

Merokok adalah tindakan menghisap atau menghirup asap rokok menggunakan pipa atau rokok, yang berlangsung secara terus-menerus dan melalui empat tahap yang meliputi: persiapan, inisiasi, menjadi perokok, dan menjaga kebiasaan merokok (Maman, 2009).

 

IDENTITAS SUBJEK (NARASUMBER)

Nama                                 : FH

Jenis Kelamin                    : Laki-laki

Usia                                    : 43 Tahun

Pekerjaan                           : Pegawai swasta

SETTING

Tanggal Pelaksanaan          : Selasa, 23 April 2024

Waktu                                 : 19:33 – 20:18 WITA

Lokasi                                : Salah satu area GYM di Kabupaten Bantaeng

 

PERCAKAPAN:

Wahyu: Btw sejak kapan ki mulai merokok?

            (omong-omong sejak kapan kamu mulai merokok?)

FH: Mulai ka merokok itu waktu na kelas 1 SMA

            (aku mula merokok sejak kelas 1 SMA)

Wahyu: Terus apa yang buat ki bisa merokok? Apa yang pengaruhi ki?

            (lalu apa yang buat kamu bisa merokok? Yang pengaruhi kamu tuh apa?)

FH: yang pengaruhi ka itu dari pergaulan ku, krna teman-teman ku merokok i jadi ikut ikut ma juga saya

(saya dipengaruhi oleh pergaulan saya, karena teman teman saya adalah perokok dan akhirnya saya ikutan)

Wahyu: Waktu pertama kali ki merokok bagiama rasa nya? Biasa saja ji? Atau batuk ki? Atau bemana?

(Waktu pertama kali kamu merokok itu rasanya bagaimana? Biasa aja? Atau batuk ga? Atau bagaimana?)

FH: waktu pertama ka merokok itu batuk batuk ka, baru agak pusing ka sedikit.

            (waktu pertama kali aku merokok, aku langsung batuk dan sedikit pusing)

Wahyu: Jadi waktu SMA kelas 1 sampai sekarang nda pernah ki berhenti merokok?

            (jadi waktu SMA kelas 1 sampai sekarang kamu ga pernah berhenti merokok?)

FH: pernah ja berhenti merokok 2 bulan waktu ku sakit.

            (aku pernah berhenti merokok selama 2 bulan waktu aku lagi sakit)

Wahyu: Tapi pernah ji ada usaha ta untuk berhenti total merokok ia?

            (tapi pernah ga, ada usaha untuk berhenti total merokok?)

FH: itu mi waktu ku sakit, berusaha ka untuk berhenti merokok tapi nda bisa i.

            (iya waktu aku sakit, aku berusaha untuk berhenti merokok tapi ga bisa)

Wahyu: Oooh, tapi kita tau ji resiko nya ia?

            (oooh, tapi kamu tau resikonya kan?)

FH: ku tau ji resiko nya ia kayak sesak nafas, TBC, sama penyakit paru-paru.

            (aku tau resikonya seperti sesak nafas, TBC, dan penyakit paru-paru

Wahyu: Nah, pernah ki alami salah satu nya itu?

            (nah, pernah ga kamu alami salah satu resiko itu?)

FH: pernah ka sesak nafas ia

            (iya pernah sesak nafas)

Wahyu: Tapi nda sampai masuk jki di RS?

            (tapi ga sampai masuk RS kan?)

FH: tidak ji

            (Ngga kok)

Wahyu: Terus tidak ada niat ta sekarang untuk berhenti di’? krna sudah kecanduan mki?

            (lalu kamu ga ada niat untuk berhenti sekarang ya? Karena kamu sudah kecanduan?

FH: iyo betul sekali krna sudah kecanduan ma bela jadi susah sekali untuk berhenti.

            (iya betul banget soalnya aku dah kecanduan jadi susah banget untuk berhentinya)

Wahyu: Hmmm, iye pale kalo begitu, ini cuma sedikit saran ji toh kita kurangi mi sedikit demi sedikit merokok ta karena berbahaya sekali itu rokok, bukan cuma kita yang na kena tapi orang orang disekitar ta juga.

(hmmm, yaudah kalau gitu, Cuma sedikit saran aja kalau bisa merokoknya tuh dikurangi sedikit demi sedikit karena rokok tuh berbahaya banget, bukan Cuma kamu yang akan menderita tapi orang orang yang disekitar kamu juga bakal kena juga imbas nya)

FH: Okemi siap, makasih banyak saran ta

            (oke siap, makasih banyak sarannya)

Wahyu: Iyee

            (Iyaa)

 

Daftar Pustaka

Jaya, M. (2009). Pembunuh Bahaya itu Bernama Rokok. Yogyakarta: Perpustakaan Nasional.

0 komentar:

Posting Komentar