Minggu, 07 April 2024

 

DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA MAHASISWA DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA Y.A.I

Dosen Pengampu : Dr. Dra Arundati Shinta M.A



Nourindra Hafiz Adityawan

21310410193

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

Topik

Motivasi

Sumber

Ilham, M., Wibawanti, I., & Sovitriana, R. (2022). Dukungan Sosial Teman

Sebaya Dengan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Di Fakultas Psikologi

Universitas Persada Indonesia YAI. Psikologi Kreatif Inovatif2(2), 43-50.

Permasalahan

Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan manusia lain dalam hidupnya. Hal tersebut juga berlaku pada setiap mahasiswa yang membutuhkan dukungan sosial dari teman sebaya untuk menumbuhkan kepercayaan diri mereka agar mereka dapat menumbuhkan motivasi untuk berprestasi.

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya dan kepercayaan diri terhadap motivasi berprestasi pada mahasiswa angkatan 2019 di Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia Y.A.I.

 

Isi

Pendidikan merupakan suatu hal yang mendasar bagi manusia. Pada masa Perguruan Tinggi ini dperkenalkan dengan sistem belajar yang berbeda serta istilah-istilah yang cukup asing di bangku pendidikan dasar. Pada masa ini, mahasiswa mengalami peralihan masa dan kewajiban yang berbeda dari bangku sekolah sebelumnya. Peralihan kewajiban ini dapat menjadi tantangan ataupun ketakutan bagi beberapa mahasiswa, salah satu hal yang menyebabkannya adalah motivasi mahasiswa dalam menempuh masa ini.

Metode

§  Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa aktif di Fakultas Psikologi Indonesia.

§  Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan  salah satu non-probability sampling yaitu purposive sampling.

§  Jumlah sampel yang digunakan adalah 136 mahasiswa angkatan 2019 di Fakultas Psikologi Universitas Persada Indonesia Y.A.I.

§  Prosedur pengambilan data pada penelitian ini yaitu diawali dengan mengajukan surat pembuatan permohonan izin penelitian. Selanjutnya menghubungi Tata Usaha Universitas untuk meminta data jumlah mahasiswa angkatan 2019. Pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan link G-form skala penelitian kepada subjek yang menjadi sampel penelitian.

§  Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Teknik Bivariate Correlation dan Multivariate Correlation menggunakan program SPSS.

Hasil

§  Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan Bivariate Correlation, didapatkan bahwa pada hipotesis pertama  diperoleh koefisien korelasi antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi berprestasi sebesar ­ dengan , maka dapat dinyatakan bahwa ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa Universitas Persada Indonesia Y.A.I Angkatan 2019.

§  Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan Bivariate Correlation, didapatkan bahwa pada hipotesis kedua  diperoleh koefisien korelasi antara kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi sebesar ­ dengan , maka dapat dinyatakan bahwa ada hubungan antara kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa Universitas Persada Indonesia Y.A.I Angkatan 2019.

§  Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan Multivariate Correlation, didapatkan bahwa pada hipotesis ketiga  diperoleh koefisien korelasi antara dukungan sosial teman sebaya dan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi sebesar ­ dengan , maka dapat dinyatakan bahwa ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa Universitas Persada Indonesia Y.A.I Angkatan 2019.

Diskusi

Dengan penelitian ini, mahasiswa dapat memilih teman yang supportif yang bisa saling memberikan dukungan kepada teman-temannya dan berupaya untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri, karena dalam perkuliahan dibutuhkan motivasi untuk berprestasi yang dalam hal ini berhubungan dengan dukungan sosial dari teman sebaya dan kepercayaan diri.

0 komentar:

Posting Komentar