Sabtu, 20 April 2024

ESSAY 4 PSIKOLOGI INOVASI: BERPERILAKU INOVATIF SECARA NYATA ALIF YUGO WICAKSONO (21310410184)

 

Berperilaku Inovatif Secara Nyata

Psikologi Inovasi Essay 4 Berperilaku Inovatif

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 

 


 

Alif Yugo Wicaksono

21310410184

 

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

 

Lingkungan kita saat ini memiliki banyak permasalahan seperti sampah dimana-mana, kemampuan untuk mengolah sampah yang buruk, membuang sampah dengan tidak memilah terlebih dahulu dan tidak memiliki pengolahan sampah yang baik dan efektif. Di Jogja sendiri, hal-hal seperti ini banyak dijumpai hampir disetiap sudut kota. Bahkan puncaknya banyak sampah yang berserakan di daerah wisata, seperti Alun-alun utara, hingga Malioboro.

 

Sampah plastik paling banyak dijumpai disekitar kita. Jika tidak diolah dengan baik bisa mengakibatkan penumpukan sampah dan ladang penyakit yang akan berdampak pada kesehatan masyarakat di sekitarnya. Maka dari itu dibutuhkan langkah yang pasti dan nyata untuk bergerak melakukan perubahan dan mengolah sampah-sampah tersebut menjadi suatu hal yang memiliki gun dengan metode 3R.

 

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengolah sampah plastik yaitu botol minuman bekas menjadi barang yang memiliki nilai dan bisa untuk dipakai pada kebutuhan sehari-hari kita.

 

Alat-alat

1.  Botol mineral bekas ukuran 1,5 L

2.  Gunting/pisau

3.  Sabun cuci piring dan spons

4.  Cat warna (opsional)

5.  Kuas (opsional)

6.  Tali pramuka/macrome

 

Langkah-langkah

1.  Siapkan sampah plastik yaitu botol bekas yang berukuran besar (1,5 L)

2.  Bersihkan dengan melepas label produk dan mencuci hingga bersih

3.  Potong botol tersebut menjadi dua bagian

4.  Pada langkah ini anda bisa menyimpan bagian atas dari botol tersebut untuk digunakan sebagai alat corong dengan berkreasi sendiri

5.  Selanjutnya bagian bawah bisa dihiasi dengan cat ataupun ide kreatif lainnya, tapi pada saat ini saya hanya akan menggunakan botolnya sebagai dengan dihiasi pemandangan (opsional)

6.  Siapkan tali pramuka/macrome untuk membuat ikatan memutar dan sisakan sedikit untuk menjadi gantungan yang mana bisa digantung pada tembok ataupun tempat lainnya

7.  Terkahir, anda bisa melakukan finishing dengan mencat beberapa bagian yang ingin anda hiasi atau kreasi lainnya sesuai dengan ide kreatif kalian (opsional)

 







Setelah semua dilakukan selanjutnya bisa dengan melakukan tahap marketing yaitu dengan melakukan promosi pada sosial media ataupun market place seperti Instagram, Shopee dan lain sebagainya. Untuk produk ini bisa anda jumpai pada Shopee yaitu https://id.shp.ee/dZoYUmw .bagi yang berminat bisa langsung melakukan pembelian dengan harga yang cukup murah dan tidak membuat kantong anda menjadi kering.

0 komentar:

Posting Komentar