Pengabdian Diri Menjadi
Pembimbing Kegiatan TPA Ramadhan
Essay Butir Prestasi Psikologi Lingkungan
(Semester Genap 2021/2022)/Semester 4
Dwi Ratri Octavianita (20310410002)
Fakultas Psikologi Universitas 45 Yogyakarta
Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A
Memasuki
bulan suci Ramadhan, saya dan teman-teman yang lain menjadi pembimbing untuk
adik-adik santri dalam kegiatan TPA. Jumlah santri di TPA tahun ini kurang
lebih sekitar 50 hingga 60 anak. Untuk jumlah pembimbing kurang lebih sekitar
20 orang. Saya dan teman-teman pembimbing yang lain sudah merancang kegiatan
TPA agar lebih seru dan menarik. Kegiatan TPA berupa membaca dan menulis
IQRA’/Al-quran, materi hadist, menonton film tentang kisah nabi, dan masih
banyak lainnya. Kegiatan TPA pada tahun ini dapat berjalan sebulan full, setelah sebelumnya di tahun 2021 sempat
terhenti di tengah jalan karena ada kasus covid di dusun kami. Mengabdikan diri
menjadi pembimbing TPA memang tidak mudah, namun saya dan teman-teman ingin
meraih keberkahan ramadhan yang lebih banyak lagi dengan membagikan ilmu kepada
para santri.
TPA
atau Taman Pendidikan Al-Qur’an menurut Malik (dalam Nurjayanti, Adriani, &
Nurul, 2020) didefinisikan sebagai sebuah lembaga atau kelompok di dalam
masyarakat yang menyelenggakaran pendidikan yang bersifat nonformal berbasis
pendidikan agama Islam dengan tujuan untuk memberikan pengajaran mengenai
Al-Qur’an. Keberadaan TPA diharapkan mampu menjadi wadah untuk mencetak
generasi qur’ani. Generasi qur’ani adalah generasi yang mempunyai komitmen
terhadap kitab suci Al-Qur’an yaitu menjadikannya sebagai sumber untuk
berperilaku, pedoman hidup, dan rujukan untuk segala urusan (Priyadi, Syarif,
& Aprilia, 2013).
Psikologi
lingkungan merupakan salah satu cabang ilmu psikologi yang meneliti terkait
hubungan timbal balik antara individu dengan lingkungan fisik, baik lingkungan
yang alami maupun lingkungan fisik buatan (Djuwita & Herdiansyah, 2021). Yang
termasuk lingkungan alami ialah hutan, sungai, tumbuhan, hewan, dan lain
sebagainya yang terbentuk alami. Yang termasuk lingkungan buatan adalah danau
buatan, hutan kota, dan tiruan alam yang lainnya (Djuwita & Herdiansyah,
2021). Dampak lingkungan terhadap perilaku manusia dan dampak perilaku manusia
terhadap lingkungan menjadi ruang lingkup dalam bahasan di dalam Psikologi
Lingkungan.
Jika dikaitkan dengan
Psikologi Lingkungan, kegiatan TPA ini dapat terlaksana dengan kondusif dan
nyaman berkat kepedulian kami para pembimbing dan adik-adik santri yang secara
rutin selalu membersihkan dan menjaga kebersihan gedung TPA dan lingkungan di
sekitarnya. Jadi, perilaku membersihkan dan menjaga kebersihan yang telah kami
lakukan berdampak pada lingkungan yang bersih. Kemudian, lingkungan yang bersih
tersebut berdampak pada kondusif dan nyamannya kegiatan TPA. Tidak sampai di
situ saja, di penghujung bulan Ramadhan, saya dan teman-teman juga melakukan
kerja bakti untuk persiapan sholat Idul Fitri agar dapat terlaksana dengan
nyaman dan khuyuk.
REFERENSI
Djuwita, R., Amarina,
& Herdiansyah, H. (2021). MSLK5110-Psikologi
Lingkungan. Universitas Terbuka.
Nurjayanti, D., Adriani,
R.P., & Nurul, K.D. (2020). Penerapan program taman pendidikan al-quran
(tpa) untuk anak usia dini. Jurnal Kumara
Cendekia. 8(2), Juni, 183-196.
Priyadi, U., Syarif,
N.H., & Aprilia, I. (2013). Peningkatan mutu pembelajaran taman pendidikan
alquran dengan pembuatan kurikulum tpa. Jurnal
Inovasi dan Kewirausahaan. 2(1), Januari, 37-44.
0 komentar:
Posting Komentar