Rabu, 20 Juli 2022

Bentuk-Bentuk Kegiatan Dalam Program CSR

Ujian Akhir Semester Psikologi Lingkungan

Kelas Karyawan (Kelas B), Psikologi UP45

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A

Semester Genap 2021/2022

Nur Alfiyah (20310410062) 

Gambar: Kreasi Tempat Pensil/Dompet dari Bungkus Mie Instan

Program corporate social responsibility (CSR) merupakan upaya untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat dengan melaksanakan kegiatan yang direncanakan untuk mencapai tujuan tertentu dengan memperhatikan manajemen pelaksanaannya (Hadi dalam Firdaus, Muslimah, & Dewi, 2021). Sedangkan menurut Kotler dan Lee (dalam Firdaus, Muslimah, & Dewi, 2021) program CSR adalah sebuah alternatif kegiatan yang dipilih dengan mempertimbangkan tujuan perusahaan untuk mencapai keuntungan yang potensial. Salah satu bentuk alternatifnya yaitu corporate marketing dimana perusahaan mengembangkan dan melaksanakan kampanye untuk mengubah perilaku masyarakat dengan tujuan meningkatkan kesehatan dan keselamatan publik, menjaga kelestarian lingkungan hidup, serta meningkatkan perilaku yang berkaitan dengan isu kesehatan, perlindungan terhadap kecelakaan, lingkungan serta ketertiban masyarakat. 

Tujuan utama dari pelaksanaan program CSR salah satunya adalah untuk menjaga citra dan juga nama baik perusahaan di hadapan masyarakat umum. Kemudian program CSR juga bertujuan untuk menjaga dan memelihara hubungan baik dengan skateholder. Dengan program CSR yang dilakukan oleh perusahaan, maka hal itu akan menciptakan sebuah hubungan yang lebih hangat dan bersahabat dengan lingkungan perusahaan, dan terakhir, menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di sekitar lingkungan. Dengan adanya program CSR menjadi salah satu bentuk upaya dari perusahaan untuk membantu dalam menyelesaikan masalah yang ada di lingkungan sekitar. 

Dalam (Firdaus, dkk., 2021) program CSR memiliki beberapa aspek, yaitu:

1) Aspek sosial: bertanggung jawab terhadap dampak sosial yang diakibatkan oleh perusahaan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Inti dari aspek sosial yaitu menghargai orang lain. 

2) Aspek ekonomi: meliputi dampak ekonomi dari kegiatan operasional yang dilakukan oleh perusahaan. 

3) Aspek lingkungan: perusahaan harus menyadari semua aspek lingkungan langsung dan tidak langsung yang berhubungan dengan kinerja usahanya, penyerahan jasa, dan manufaktur produk. 

Dalam proses pelaksanaan CSR, jenis kegiatannya dibagi menjadi lima (Azizah, 2021), diantaranya:

1) Cause promotions: salah satu upaya perusahaan untuk meningkatkan kesadaran pada suatu permasalahan. Pada program ini, nantinya pihak perusahaan akan memberikan dana serta sumber daya sebagai upaya mendukung kegiatan sosial. 

2) Cause related marketing: bertujuan untuk selalu berkomitmen dalam memberikan sejumlah keuntungan dari hasil penjualan untuk suatu produk tertentu. 

3) Corporate societal marketing: bertujuan untuk bisa membantu dalam mendukung terjadinya perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik. 

4) Corporate philanthropy: dilakukan dalam bentuk kontribusi yang dilaksanakan secara langsung dengan cara mencairkan dana. 

5) Community volunteering: dilakukan oleh pihak perusahaan dalam bentuk layanan atau jasa yang disediakan secara gratis untuk masyarakat. 

Berdasarkan aspek-aspek dan jenis-jenis kegiatan CSR tersebut, permasalahan yang muncul yaitu apa saja bentuk kegiatan CSR yang bisa dilakukan perusahaan? Hal ini penting karena ketika perusahaan ingin mencapai tujuan program CSR tentunya harus dibarengi dengan berbagai kegiatan di dalamnya. Jadi, tulisan ini akan berfokus pada bentuk-bentuk kegiatan CSR yang dapat dilakukan oleh perusahaan. 

Beberapa contoh bentuk kegiatan yang dapat dilakukan oleh perusahaan (dalam Azizah, 2021), yaitu:

1) Di bidang ekonomi: membentuk program Koperasi Simpan Pinjam dan Usaha untuk masyarakat dan juga karyawan, mengembangkan UMKM yang ada di sekitar wilayah perusahaan, dan memberikan beberapa dana modal untuk usaha masyarakat sekitar. 

2) Di bidang kesehatan: menyediakan acara donor darah yang bisa diikuti oleh masyarakat umum dan juga pegawai, program vaksinasi gratis untuk umum, dan memberikan pengobatan gratis. 

3) Di bidang lingkungan: mengadakan program pengolahan limbah, menyediakan program pelatihan kemampuan, dan menyediakan acara seminar yang berkaitan dengan pendidikan. 

4) Di bidang infrastruktur: menyediakan tempat ibadah, membangun sarana dan prasarana untuk umum, serta memperbaiki jalanan umum. 

5) Di bidang budaya: mengadakan festival seni, melakukan pengembangan dan juga pemberdayaan seniman yang ada di sekitar, dan melestarikan budaya serta karya seni. 





DAFTAR PUSTAKA

Azizah, L.N. (2021). Pengertian CSR: Model, Tujuan, Jenis, dan Contohnya. Gramedia.com. Retreived on July 20, 2022 from: https://www.gramedia.com/literasi/csr/

Firdaus, A., Muslimah, Z.R., Dewi, H.H. (2021). Hubungan antara persepsi terhadap program CSR (corporate social responsibility) dengan SWB (subjective well being) pada komunitas x di Yogyakarta. Jurnal Psikologi. 17(2), 11-16.


0 komentar:

Posting Komentar