Sabtu, 02 Juli 2022

Kegiatan Before-After Untuk Menciptakan Lingkungan Bersih

Kegiatan Before-After Untuk Menciptakan Lingkungan Bersih
Essay 3 Syarat Mengikuti Ujian Akhir Semester
Psikologi Lingkungan
Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A
Oleh: Destyara Zulfa Ramadhani
NIM: 20310410054

Kebersihan merupakan suatu keadaan yang bebabas dari segala macam kotoran yang merugikan bagi segala aspek yang menyangkut setiap kegiatan maupun perilaku atau tindakan masyarakat. Menurut Chanif (2020), Sampah adalah faktor yang berpengaruh pada kondisi kebersihan suatu lingkungan. Manusia tidak akan lepas dari urusan dan masalah sampah, baik sampah rumah tangga hingga sampah industri. Jika pengelolaan sampah kurang tepat sehingga berdampak buruk bagi kondisi lingkungan dan kesehatan masyarakat. 

Lingkungan merupakan faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan, oleh karena itu menjaga lingkungan merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat (Slamet. 2016). Oleh sebab itu menjaga agar lingkungan bersih merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh masyarakat. Menjaga lingkungan agar tetap bersih bisa dilakukan dengan hal kecil, misalnya membuang sampah pada tempatnya, membersihkan halaman, dan juga bisa dengan melakukan before-after tempat umum yang tercemar oleh sampah. Berikut merupakan kegiatan before-after yang saya lakukan pada tempat-tempat umum di bulan Juni.

Foto 1
Pada tanggal 23 Juni 2022. Saya membersihkan makam di dusun tempat saya tinggal. Di makam itu saya membersihkan sampah dedaunan yang ada pada jalan pinggir makam. Saya menyapu dedaunan yang kering dan juga memcabuti rumput liar di sekitaran jalan makam tersebut.

Foto 2
Dilakukan pada tanggal 25 Juni 2022. Saya membersihkan trotoar di daerah tempat tinggal saya. Disana terdapat sampah sampah plastik bekas makanan ringan. Sepertinya ada yang sengaja membuang sampah sembarangan sehingga trotoar menjadi kotor dengan sampah bekas pembungkus makanan tersebut.

Foto 3
Pada tanggal 27 Juni 2022. Saya menuju pasar hewan yang kebetulan dekat dengan tempat tinggal saya. Saya membersihkan bagian depan pasar hewan. Sampah didominasi oleh dedaunan dan juga plastik. 

Foto 4
Saya lakukan kegiatan before-after pada tanggal 30 Juni 2022. Tempat kali ini saya membersihkan balai sadranan. Terdapat sampah kardus bekas nasi kotak dan juga sampah plastik bekas pembungkus makanan ringan. 

Kegiatan before-after diatas merupakan kegiatan positif yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Mulailah menjaga kebersihan agar lingkungan bersih sehingga nyaman dan sehat. Janganlah membuang sampah sembarangan. 


Referensi:
Kurnia, Sari Chanif., Sarni Anggoro. 2020. EDUKASI DAMPAK PENGELOLAAN SAMPAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT. Jurnal Peduli Masyarakat. Vol. 2. No. 2. 
Slamet, R. A. L. 2016. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Andi. 

0 komentar:

Posting Komentar