Senin, 04 Juli 2022

Kegiatan Before After Untuk Menciptakan Lingkungan yang Bersih dan Sehat


Essay 3 Syarat Mengikuti Ujian Akhir Semester
Psikologi Lingkungan
Dosen Pengampu Dr.Arundati Sinta.,M.A 




Oleh:
Wening Rahmawati 
20310410003

Menjaga Kesehatan Lingkungan merupakan suatu kewajiban bagi setiap individu, selain merupakan anugerah yang diberikan sang pencipta kepada hamba-Nya, Kesehatan Lingkungan harus tetap dijaga agar keluarga kita terhindar dari penyakit. Karena kesehatan tidak ternilai harganya,Terkadang saat kita sehat, kita lupa akan nikmat tersebut dan ketika sakit kita baru sadar dan merasakan betapa kesehatan itu sungguh sangat berharga.

Lingkungan hidup yang bersih dan
sehat merupakan dambaan bagi setiap warga masyarakat" Lingkungan bersih dan sehat juga merupakan salah satu modal dasar. penting bagi pembangunan manusia Indonesia karena kualitas lingkungan sangat
berpengaruh terhadap kualitas hidup masyarakat. Lingkungan yang bersih dan sehat adalah lingkungan yang bebas dari berbagai kotoran, termasuk di antaranya debu, sampah dan bau. Karena proses penularan penyakit disebabkan oleh mikroba, lingkungan yang bersih dan sehat juga berarti harus bebas dari virus, bakteri pathogen dan berbagai vektor penyakit. Lingkungan bersih dan sehat juga harus bebas dari bahan kimia berbahaya. Namun demikian masalah kebersihan dan kesehatan lingkungan selalu menjadi polemik berkepanjangan di masyarakat.



Foto diatas saya ambil pada tanggal 1 Juli 2022 didepan halaman rumah. Halaman yang tadinya kotor karena banyak dedaunan, setelah saya bersihkan dan saya sapu menjadi bersih dan enak dipandang 

Foto diatas saya ambil tanggal 3 Juli 2022 ketika saya main ketempat nenek gambar diatas adalah pekarangan yang tadinya kotor banyak sampah daun, dan plastik akhirnya saya sapu,dan saya pilih antara yg plastik dan dedaunan.
Foto diatas saya ambil pada tanggal 4 Juli 2022. Foto diatas adalah rumah tetangga saya yang kebetulan sudah lama tidak dipakai.banyak sekali dedaunan,dan juga rumput yang sudah tinggi".yang saya lakukan yaitu menyapu dan mencabuti rumputnya.


Foto diatas saya ambil tanggal 4 Juli yang kebetulan sedang ad acara kerja bakti saya membersihkan samping rumah.


Lingkungan hidup yang nyaman serta kebersihan lingkungan merupakan hal teramat sangat penting karena ini adalah salah satu cara untuk sehat maka perlu kita jaga dengan sebaik mungkin. Saat ini kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan bisa dibilang sudah mulai berkurang oleh sebab itu kita sebagai generasi muda harus bisa selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita untuk menjaga orang orang yang kita sayang dan keluarga agar selalu sehat.Lingkungan bersih dapat diartikan sebagai kondisi dari kawasan bersih dan sehingga daerah tersebut terbebas dari berbagai penyakit dan nyaman untuk dihuni. Agar lingkungan di sekitar tempat tinggal kita bersih maka perlu usaha bersama dalam mewujudkannya. Salah usaha yang bisa dilakukan adalah dengan menjalankan kegiatan kerja bakti secara rutin. Bersihkan juga saluran air agar tidak tersumbat sehingga lingkungan di sekitar tempat tinggal kita bisa terbebas dari banjir dimana dapat memicu munculnya berbagai penyakit. Sediakan juga tempat sampah untuk setiap rumah agar kebersihan lingkungan menjadi terjaga.


Daftar Pustaka
Ary Susatyo Nugroho, Fibria Kaswinami dan Prasetiyo 2012, PENGELOLAAN KEBERSIHAN DA1\ KESEHATAN
LINGKUNGAN MASYARAKAT KALICARI
KECAMATAI\ PEDURUNGAN KOTA SEMARANG

Ihsani. 2012. Kesehatan Lingkungan.
http : //www nisaihsani. com/kesehata
nlingkungan/

Admin disperkimta | 07 Januari 2020Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kebersihan Lingkungan

















0 komentar:

Posting Komentar