Rabu, 31 Maret 2021

AIR

NAMA : KANZA GATAND VIESYSZICO

NIM : 20310410046
Prodi Psikologi.

Blog ini dibuat untuk memenuhi essay sebagai syarat UTS saya di Universitas Prkolamasi 45 Yogyakarta.



AIR.

Air adalah suatu sumber utama bagi kehidupan makhluk hidup, mulai dari manusia, tumbuha, hewan dan makhluk hidup lainnya.

Di alam kita ini, air adalah satu satunya yang diperlukan untuk proses menjalani hidup. Manusia untuk minum, mandi, dan mencuci. Hewan untuk minum dan menyegarkan badan. Sedangkan tumbuhan menggunakan air untuk proses tumbuh kembangnya.

Contoh tumbuhan yang sangat sangat membutuhkan air adalah padi.

Padi di sawah selalu di aliri oleh air saat proses imigrasi.

Bahkan pemerintah daerah sejauh ini telah menggelontorkan dana sebesar Rp 3,1 trilun untuk memperbaiki saluran irigasi. Karena tanpa proses imigrasi yang bagus, padi di sawah tidak akan tumbuh dengan layak, bahkan akan mati sebelum tumbuh.

Foto di atas saya ambil saat saya sedang bersantai pada balkon kos saya, dimana disana terdapat sebuah kebun yang sangat lebat. Setiap pagi saya selalu melihat para petani kebun menyiapkan lahannya, dari membersihkan rumput ilalang dan gulma, lalu mencangkul tanah agar subur, kemudian mereka mulai menananm bibit bibit seperti singkong, umbi umbian dan semavamnya.

Dalam proses penanaman itu, saya melihat sendiri bagaimana mereka setiap harinya menggunakan air dalam proses penyuburan tanah, dan penyiraman. Tak luput juga mereka gunakan air untuk minum disaat waktu istirahat para petani di siang hari.

Beranjak dari sebuah sawah, saya melihat di dekat saya ada sebuah tandon air yang sangat besar. Saya mulai berpikir, tandon ini setiap harinya digunakan oleh 50 kamar kos di tempat saya. Dan tandon besar ini tidak pernah kosong, karena setiap benda itu kosong, benda itu akan otomatis mengisi airnya kembali dengan cara menyedot dari dalam tanah. Kemungkinan saya sendiri memakai air dalam tandon ini setiap harinya adalah ¼ dari tandon itu.

Jika kita bayangkan berapa banyak air yang setiap hari di sedot oleh benda ini untuk mencukupi kebutuhan orang orang dalam beraktivitas. Maka berapa banyak pula air yang digunakan oleh seluruh makhluk hidup di dunia ini?.

0 komentar:

Posting Komentar