Jumat, 07 Januari 2022

Alam Sebagai Sarana Pendidikan Dan Bukan Cuma Petualangan

 

ALAM SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN DAN BUKAN CUMA PETUALANGAN





Nama : Thadika Oudy Amaya Decha P.P.

NIM : 20310410048

Dosen Pengampu : Dr. Arundhati Shinta, MA

Essay ini ditulis guna pemenuhan Ujian Akhir Semester

Mata Kuliah Psikologi Managemen dan Organisasi

 

Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat merangsang fikiran dan keterampilan mahasiswa/mahasiswi dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Salah satu media pembelajarannya yaitu lingkungan, karena lingkungan dapat dijadikan media pembelajaran yang optimal untuk mencapai proses dan hasil pembelajaran, sebab mahasiswa/I dapat mengetahui secara langsung keadaan yang sebenarnya, dan pembelajaran dapat menjadi lebih menarik, dengan begitu proses pembelajaran tidak akan membosankan. Pembelajaran dapat dilakukan dalam lingkungan kampus maupun luar kampus, serta dapat pula belajar dari peristiwa alam yang dialami oleh masyarakat, dan lain sebagainya.

                                                 

Ada beberapa lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai media dan sumber pembelajaran yaitu lingkungan masyarakat/lingkungan sosial yang mempelajari tentang interaksi antar kehidupan bermasyarakat seperti adat istiadat yang ada di masyarakat, sistem nilai, perubahan sosial dan lain sebagainya. Adapula lingkungan alam yang mempelajari tentang sumber daya alam, tumbuhan, hewan dan lain sebagainya. Dan yang terakhir adalah lingkungan buatan meliputi bendungan, taman, irigasi, dan lain sebagainya.

Proses kegiatan pembelajaran pemanfaatan lingkungan sosial ini dilakukan dengan cara praktek lapangan atau turun langsung kepada masyarakat, seperti mengamati, bertanya atau bahkan wawancara. Dengan adanya praktek lapangan ini membuat para peserta didik maupun mahasiswa/I lebih mudah memahami/menguasai materi, karena dapat mengetahui keadaan yang sebenarnya di dalam masyarakat secara langsung, serta dapat menambah pengalaman dan juga dapat lebih mudah untuk mengingat materi yang telah di dapat.

Hasil yang didapat dari kegiatan pembelajaran ini adalah mendapatkan pembelajaran yang berupa factual, pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan serta mendapat pengalaman baru dan dapat membantu memecahkan masalah sosial yang terjadi didalam suatu masyarakat. Maka dari itu pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sosial sebagai media dan sumber pelajaran sangatlah efektif untuk dilakukan dalam pembelajaran psikologi managemen dan organisasi.

0 komentar:

Posting Komentar