Sabtu, 01 Januari 2022

Manajemen dan Pengelolaan SDM pada Industri Perhotelan

Manajemen dan Pengelolaan SDM pada Industri Perhotelan

Essay Persyaratan Ujian Akhir Semester Psikologi Manajemen & Organisasi

(Semester Ganjil 2021/2022)

Dwi Ratri Octavianita (20310410002)/Kelas A

Fakultas Psikologi Universitas 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A

Keberadaan sumber daya manusia di dalam sebuah perusahaan khususnya pada industri perhotelan ialah sebuah aset penting yang perannya meningkatkan kinerja suatu perusahaan. Apalagi masih banyak industri perhotelan di Indonesia yang pekerjanya manusia, bukan robot seperti yang ada di beberapa negara maju, sehingga jika SDM tidak tersedia maka produktivitas perusahaan akan terhambat. Keberadaan SDM ini juga harus dibarengi dengan manajemen dan pengelolaan SDM yang baik.

Manajemen dan pengelolaan SDM adalah pembahasan yang merujuk pada pengaturan atau tata laksana dalam mengelola individu dan interaksi mereka dalam suatu perusahaan (Rihardi, 2021). Tujuannya agar perusahaan dapat menggunakan kemampuan para karyawannya dengan cara yang tepat.  Penemuan cara terbaik dalam mengelola SDM tentu melalui rangkaian proses pengembangan.

Menurut Sulastiyono (dalam Hendriyaldi & Wiyan, 2019) hotel merupakan sebuah perusahaan yang dikelola pemiliknya dengan menyediakan sejumlah pelayanan, di antaranya berupa pelayanan makanan, minuman, serta room facilities. Keberadaan hotel menjadi sarana pendukung berbagai kegiatan pada sektor pariwisata yaitu penyediaan akomodasi dan tempat meeting ataupun gathering para wisatawan dengan praktisi industri (Ayuningsih, Asa, Ayu, & R. Sahedhy, 2011).

Persoalan mendasar yang berhubungan dengan manajemen dan pengelolaan SDM pada industri perhotelan adalah mengenai faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pengelolaan SDM-nya. Namun, pada pembahasan kali ini lebih terfokus pada langkah-langkah pengelolaan SDM pada industri perhotelan. Hal ini penting untuk dibahas karena dapat dijadikan sebagai acuan karyawan yang bekerja di industri perhotelan.

Lalu pertanyaan yang harus dijawab pada pembahasan kali ini adalah bagaimana langkah-langkah manajemen dan pengelolaan SDM pada industri perhotelan? Hal ini penting karena dapat dijadikan sebagai gambaran peran dan tugas untuk individu yang nantinya akan menjadi manager di suatu industri perhotelan.

Berikut langkah-langkah dalam manajemen dan pengelolaan SDM pada industri perhotelan (Rihardi, 2021) sebagai berikut.

1.  Perencanaan sumber daya manusia

Melakukan antisipasi banyaknya pekerjaan dan pelaksana yang akan melakukan aktivitas bisnis dengan cara yang cukup efisien. Hal ini dilakukan dengan pembuatan rancangan pengisian lowongan masa depan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

2.  Perekrutan tenaga kerja

Menyeleksi kandidat yang memenuhi persyaratan dalam lowongan kerja yang telah dibuat. Pencarian kandidat ini dilakukan dengan memasang iklan di internal maupun eksternal perusahaan.

3.  Pemilihan personel

Memilih beberapa kandidat melalui serangkaian metode dan teknik yang sudah menjadi standar suatu perusahaan. Pelamar akan akan dianalisis dari CV hingga wawancara serta tes lainnya.

4.Pengenalan lingkungan kerja dan sosialisasi

Memberikan penjelasan kepada karyawan baru mengenai pihak-pihak yang berhubungan dengan tugasnya dan penjelasan tentang perannya.

5.Peningkatan keterampilan dan kompetensi karyawan

Melakukan pengadaan pelatihan seperti seminar, kursus dan pelatihan.

6.  Evaluasi kinerja karyawan

Melakukan pemantauan yang berkelanjutan dan terorganisir terkait dengan standar perusahaan.

7.  Peningkatan produktivitas

Mengembangkan sistem reward melalui stimulasi berupa penambahan gaji dan tunjangan.

8.  Penempatan karyawan

Melakukan mutasi, perbaikan, maupun pemecatan berdasarkan evaluasi komitmen, kinerja, keterlibatan, dan kemampuan karyawan.

9.  Pengembangan karir

Mengadakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan baru yang memungkinkan karyawan mengambil pekerjaan baru yang lebih kompleks.

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Ayuningsih, D.A., Asa, P., Ayu, S., & R. Sahedhy, N. (2011). Pengelolaan sumber daya manusia dalam bisnis perhotelan: studi komparasi di hotel dua garden, hotel wisanti, hotel musafira, dan hotel perwitasari Yogyakarta. Jurnal Manajemen. 1(1), 14-25.

Hendriyaldi & Wiyan, M. (2019). Revolusi industri 4.0: tantangan dan peluang manajemen sumber daya manusia untuk meningkatkan produktivitas grand hotel Jambi. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen. 7(3), September, 344-351.

Rihardi, E.L. (2021). Pengembangan manajemen sumber daya manusia sebagai sebuah keunggulan kompetitif pada industri pariwisata dan perhotelan. KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen. 2(1), Maret, 10-20. 

 

 

Sumber gambar:

https://www.czechuniversities.com/article/study-hospitality-management-in-prague

0 komentar:

Posting Komentar