Jumat, 07 Januari 2022

Kepemimpinan Dalam Perspektif Manajemen

 

KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN




Nama : Thadika Oudy Amaya Decha P.P.

NIM : 20310410048

Dosen Pengampu : Dr. Arundhati Shinta, MA

Essay ini ditulis guna pemenuhan Ujian Akhir Semester

Mata Kuliah Psikologi Managemen dan Organisasi

 

Menurut George R. Terry (yang dikutip dari Sutarno, 1998:17) bahwa kepemimpinan itu adalah hubungan yang ada dalam diri seseorang atau pemimpin, mempengaruhi orang lain untuk bekerja secara sadar dalam hubungan tugas untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Pemimpin adalah seseorang yang memiliki kemampuan memimpin, artinya memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain atau kelompok tanpa mengindahkan bentuk alasannya (Thoha, 1983:255).

Menurut George R. Terry, fungsi manajemen ada 4 yaitu :

·      - Perencanaan (planning) : Memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan.

·      - Pengorganisasian (organizing) : Dilakukan dengan tujuan membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas yang telah dibagi-bagi.

·       - Pelaksanaan (actuating) : Suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manjerial dan usaha.

·       - Pengendalian (controlling) : Suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.

Setiap pemimpin akan memiliki gaya kepemimpinan yang berbeda-beda satu sama lain seperti yang akan dijelaskan sebagai berikut :

®    Gaya Kepemimpinan Dalam Manajemen Pendidikan

            Pemimpin memiliki peran yang sangat besar dalam pencapaian tujuan pendidikan sebagaimana yang ada dalam teori manajemen. Suatu organisasi akan berhasil atau gagal sebagian besar ditentukan oleh kepemimpinan lembaga/perusahaan itu sendiri. Gaya kepemimpinan yang dikenal dan diakui keberadaannya dalam manajemen pendidikan, yaitu :

Ø  Kepemimpinan Otokratik

Seorang pemimpin yang autokratik adalah mementingkan pelaksanaan tugas. Dia memimpin dengan menggunakan sumber kuasa formal. Pemimpin yang mengamalkan stail ini akan membuat keputusan yang berkaitan dengan tugas, mengeluarkan arahan dan memastikan arahan itu dipatuhi.

Ø  Kepemimpinan Yang Laissez Faire (Masa Bodoh)

Pemimpin yang mengamalkan stail kepemimpinan ini tidak begitu berminat dengan urusan yang diamanahkan kepadanya. Beliau biasanya tidak peduli mengenai kinerja maupun hasilnya.

Ø  Kepemimpinan Demokratis

Tipe dari kepemimpinan ini berlandaskan pada pemikiran bahwa aktifitas dalam organisasi akan dapat berjalan lancar dan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan apabila berbagai masalah yang timbul diputuskan bersama antara pejabat yang memimpin maupun para pejabat yang dipimpin.

Ø  Kepemimpinan Kharismatik

Tipe kepemimpinan ini pada dasarnya merupakan tipe pemimpin yang didasarkan pada charisma seseorang.

Ø  Kepemimpinan Tipe Militeristik

Tipe kepemimpinan yang biasa memakai cara yang lazim digunakan dalam kemiliteran.

 

Kesimpulan

Kepemimpinan dalam suatu organisasi sungguh sangat diperlukan baik itu berupa lembaga pendidikan maupun lembaga non formal. Kepemimpinan yang baik akan sangat berpengaruh pada pencapaian tujuan dari organisasi atau lembaga tersebut.

Daftar Pustaka

    Afifuddin. 2005. Administrasi Pendidikan. Bandung: Insan Mandiri

    Arifin, M. 1995. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara

    Burhannudin, 1994. Analisis Manajemen dan Kepemipinan Pendidikan. Malang: Bumi Aksara.

 

0 komentar:

Posting Komentar