Rabu, 05 Januari 2022

Beberapa Metode Untuk Mengembangkan Kualitas SDM



Sumber gambar: https://images.app.goo.gl/vpXwKSVXFdA79hsX6


Tulisan untuk Ujian Akhir Semester Psikologi Manajemen & Organisasi 

(Semester Ganjil 2021/2022) 

Gideon Petra Malia (20310410066)

Kelas A (Reguler)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A


Di era sekarang ini perusahaan dituntut untuk lebih kompetitif. Persaingan antar perusahaan semakin meningkat dan menantang para pemimpin menjadikan perusahaan yang terbaik dan jadi nomor 1. Maka dari itu sangat penting untuk meningkatkan kinerja suatu perusahaan secara menyeluruh. Salah satu bagian penting dari perusahaan adalah kualitas SDM atau Sumber Daya Manusia yang menjadi penentu berkembangnya perusahaan. SDM dituntut harus bisa professional dan kompeten dalam bekerja. Para karyawan sudah seharusnya memiliki wawasan yang luas sehingga punya kemampuan yang handal dalam. memprediksi suatu tindakan yang harus didahulukan dan tindakan yang dapat ditunda dalam pekerjaan, sehingga hasilnya bisa lebih maksimal.

Pengembangan SDM adalah hal yang harus dilakukan, agar SDM yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan dapat terus berkembang, seiring dengan perkembangan zaman. Untuk itulah, manusia harus terus berusaha mengembangkan dirinya sendiri, agar dapat menjalani kehidupan yang penuh kompetisi ini. Untuk mengembangkan kualitas para karyawan, tentu saja memerlukan metode pengembangan SDM yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sebaiknya juga disesuaikan dengan karakteristik perusahaan dan karyawan-karyawan yang bekerja di dalamnya. Pengembangan SDM ini perlu melalui metode yang tepat, agar perusahaan bisa memiliki karyawan-karyawan yang handal untuk membantu perusahaan. Beberapa metode pengembangan SDM yang sering dilakukan oleh perusahaan antara lain:

 

1. Pelatihan atau Training

Metode ini adalah metode pengembangan SDM yang paling umum digunakan. Pelatihan atau training biasanya dilakukan agar kinerja karyawan semakin terampil dalam melakukan tugasnya, khususnya jika ada teknologi baru yang harus mereka kuasai. Namun, pelatihan juga bisa diberikan agar para karyawan memiliki wawasan atau kemampuan baru yang dapat menunjang tugasnya di kantor. Dengan pelatihan secara internal atau eksternal diharapkan bisa mengembangkan kualitas karyawan

2. Magang

Metode Ini adalah metode pengembangan SDM yang melibatkan karyawan yang memiliki pengalaman mendalam di suatu bidang pekerjaan. Magang biasanya diberikan kepada para karyawan baru, untuk melatih para karyawan baru ini, karyawan berpengalaman tersebut diterjunkan. Tujuannya adalah untuk membagikan keterampilan dan wawasannya kepada mereka.

3. Pendidikan

Metode pengembangan SDM ini adalah dengan memberi pendidikan formal kepada para karyawan atau memberikan kesempatan kepada karyawan untuk melanjutkan pendidikannya. Misalnya, karyawan lulusan SLTA diberikan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di tingkat selanjutnya yaitu kuliah, baik tingkat S1 atau D3,juga tergantung dengan kebijakan perusahaan. Dengan ini karyawan diharapkan bisa memiliki wawasan yang luas dan lebih kompeten dalam melakukan tugasnya.

 

4. Rotasi Kerja

Tujuan dari metode pengembangan SDM ini adalah memberikan kesempatan kepada karyawan untuk merasakan pengalaman variasi pekerjaan yang lain. Biasanya, karyawan dari suatu divisi dipindahkan ke divisi lain. Sebelum dipindahkan, para karyawan tersebut mendapatkan bimbingan dan instruksi kerja terlebih dahulu. Metode ini juga sangat bermanfaat jika ada karyawan yang tiba-tiba izin mendadak, cuti, atau bahkan mengundurkan diri.

 

Referensi

Kurniasih, W. (2021). Pengembangan SDM: Pengertian, Tujuan, Metode Dan Fungsinya. Retrieved January 05, 2022, from https://www.gramedia.com/literasi/pengembangan-sdm/

 


0 komentar:

Posting Komentar