Senin, 27 November 2023

Essay 5 " Belajar di TPS 3R Randu Alas - Chornelia Minar Tampubolon

 

Kunjungan ke Tempat Pengolahan Sampah (TPS) untuk Memahami Proses Pengelolaan Sampah

Psikologi Lingkungan Essay 5 Belajar di TPST Randu Alas

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

Nama : Chornelia Minar Tampubolon

Nim : 22310410078

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

TPS merupakan singkatan dari Tempat Pengolahan Sampah Terpadu. TPS merupakan tempat pengumpulan, pemilahan, pemanfaatan kembali sampah, daur ulang, pengolahan, dan penyelesaian sampah.. TPS lebih kompleks dibandingkan tempat pembuangan sampah 3R (TPS 3R). Sebab, TPS dapat melakukan pengolahan akhir sampah dan mengembalikannya ke media lingkungan dengan aman. Peran TPS adalah  mengelola sampah agar tidak mencemari lingkungan, meminimalkan dampak negatif sampah terhadap lingkungan, dan menghasilkan produk yang dapat digunakan kembali.


Kunjungan yang kami lakukan dari Prodi Psikologi SJ Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta yang berlokasi di Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, yang didampingi oleh Dosen Dr., Dra. Arundati Shinta MA, pada hari minggu 28 Oktober 2023.

TPS Randu Alas didirikan pada Tahun 2015 dan 16 februari 2016 mulai buka akses/peresmian. TPS randu alas mengelola sampah dari 5 pedukuhan, awal berproses TPS Randu alas hanya memiliki 25 kk sebagai pelanggan dan seiring berjalannya waktu dan untuk sekarang sudah mencapai 370 kk yang berlanganan ke TPST Randu Alas.

Tugas utama TPS Randu Alas adalah memilah sampah organik dan an-organik sampah yang di psoses dari produk pabrik. Untuk sampah organik di olah menjadi kompos dan untuk sampah an-organik di berikan kepada tukang ronsok untuk sampah sisa makanan akan di jadikan makanan lele dan ayam. Kompos hasil buatan dari TPS Randu Alas di berikan kepada petani petani dan kepada DLH di gunakan untuk taman taman kabupaten (DLH Sleman).TPS Randu Alas memiliki 6 orang kariawan, 3 orang untuk pengambilan sampah dan 3 orangnya lagi memilah sampah, untuk gaji yang di terima sudah UMR dan memiliki tunjangan BPJS.

Permasalahan :

Permasalahan yang terdapat adalah sulitnya mencari tenaga kerja/kariawan untuk bekerja di bank sampah TPS Randu Alas, dan kurang nya kepedulian masyarakat dengan 3R (reduksi, reuse, recycle) di mana sampah dipilah berdasarkan jenisnya dan diolah menjadi bahan yang dapat didaur ulang atau dikomposkan.

 

 


0 komentar:

Posting Komentar