Kamis, 20 Juli 2023

UAS : Psikologi Sosial “ Tradisi Nyumbang “ _ Zaky Hilmi Muhammad _ 22310410065 _ Psikologi Sp

 UJIAN AKHIR SEMESTER 

PSIKOLOGI SOSIAL 


Dosen Pengampu Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

 

Zaky Hilmi Muhammad / 22310410065

 

Mata Kuliah :

Psikologi Sosial

 

Program Studi Psikologi
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi Yogyakarta  


2022

 

 

 

 

FAKTOR MENYUMBANG SEBAGAI SARANA BANTU DI MASYARAKAT UMUM

Kasus penyimpangan dengan adanya penyumbangan adalah dari segi ekonomi masyarat yang kurang memadai dengan timbal balik biaya aspek pangan yang meningkat ini kurang efesien karena akan menimbulkan skala prioritas menyumbang yang tinggi, tingkat pengorbanan untuk menyumbang yang besar, waktu dan tenaga yang direlakan demi untuk menyumbangNyumbang juga dimaknai sebagai nilai kerukunan untuk menjalin silaturahmi dan nyumbang juga dimaknai sebagai wujud solidaritas masyarakat dengan membantu orang lain tanpa adanya pamrih . Akan tetapi disisi lain kegiatan nyumbang menjadi beban masyarakat terutama warga miskin karena adanya standarisasi nominal sumbangan apalagi bagi masyarakat yang kurang mampu dalam segi ekonomi akan tetapi juga takut dengan adanya sanksi sosial sehingga akan mengusahakan berbagai cara agar bisa menyumbang walaupun pada akhirnya bisa memberatkan diri sendiri.

 

Langkah awal jika kita tinggal di daerah yang memiliki kebiasaan menyumbang namun kita ataupun ada warga lain yang mengalami permasalahan ekonomi adalah kita berkomunikasi dengan tujuan sebisa mungkin jika ingin menyumbang tidak harus selalu dibagikan kepada semua wargaKita harus meyakinkan kepada warga agar tidak ada penyumbang yang malah semakin terbebani setelah menyumbang.

 

Hal tersebut tergantung dengan sudut pandang yang berbeda bisa dibilang perilaku gotong royong bisa juga di bilang dengan kerja individu Situasi yang dijelaskan menunjukkan perilaku bergotong royong (mutualisme sosial) di dalam masyarakat desa tersebut. Perilaku menyumbang kotak makanan dalam berbagai acara seperti kelahiran anak, upacara kematian, dan upacara syukuran atas peristiwa tertentu merupakan contoh konkret dari gotong royong.

Albert Bandura adalah seorang psikolog sosial yang mengembangkan teori pembelajaran sosial, yang menekankan peran penting pengaruh orang lain dalam pembentukan perilaku dan kepribadian individu. Berdasarkan teori ini, anak-anak belajar melalui pengamatan dan interaksi dengan orang lain di sekitarnya. Menurut saya sendiri, penting untuk mengajarkan pada anak tentang apa yang terkandung pada teori tersebut untuk membantu anak-anak tumbuh menjadi individu yang berempati, bertanggung jawab, dan berperilaku positif. Namun, perlu diingat bahwa setiap anak memiliki kepribadian dan karakteristik unik, sehingga ada kemungkinan bahwa tidak semua anak akan menanggapi atau mengadopsi perilaku menyumbang dengan cara yang sama. Penting untuk tetap menghormati pilihan anak dan memberikan dukungan serta pemahaman, sambil terus mengajarkan nilai-nilai positif tentang kontribusi dan kepedulian terhadap sesama.Perilaku menyumbang sesuai dengan teori Niccolo Machiavelli dalam karyanya “The Prince” yaitu invidu bersikap untuk menghalalkan segala macam cara agar dapat menyumbang sesuai dengan tradisi yang ada. Hal ini memang sesuai dengan kebiasaan seseorang yang ingin memenangkan sebuah Pilkada, dimana pada musim-musim Pilkada banyak calon (namun tidak semua) menghalalkan segala cara untuk dapat menarik hati masyarakat dengan memberikan sumbangan agar mereka bisa dipilih oleh masyarakat.

Perilaku menyumbang sesuai dengan teori Niccolo Machiavelli pada karyanya “The Prince’ yaitu invidu bersikap untuk menghalalkan segala macam cara agar dapat menyumbang sesuai dengan tradisi yang ada. Sama halnyadengan seseorang yang ingin memenangkan sebuah Pilkada, pada saat musim Pilkada banyak calon yang melakukan segala cara untuk dapat menarik hati masyarakat dengan memberikan sumbangan agar mereka bisa dipilih oleh masyarakat namun saat sudah terpilih mereka melalaikan tugasnya sebagai pemimpin.

 

 

 

 

 

Daftar Pustaka

Adhitya Suryana dkk. Pemaknaan Tradisi Nyumbang Dalam Pernikahan Di Masyarakat 

Desa Kalikebo, Trucuk, Klaten.Artikel Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakart

Soetji Lestar dkk. Potret Resiprositas dalam Tradisi Nyumbang di Pedesaan Jawa  di 

TengahMonetisasi Desa.Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Sosiologi Universitas Jenderal Soedirma.

Eko Setiawan. Potret Resiprositas Tradisi Nyumbang Pada Perempuan Perdesaan Di Desa 

Kalipait Banyuwangi. Equalita, Vol. 4 Issue 1, Juni 2022. Universitas Brawijaya.

 

 

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar