UJIAN AKHIR SEMESTER PSIKOLOGI
INDUSTRI DAN ORGANISASI
Nama : Sillvi Yunia Anggraeni
Nim : 22310410019
Prodi : Psikologi A1
Dosen Pengampu : Dr.,
Dra. Arundati Shinta, MA
Karakteristik
Produser Yang Berkuasa, Berhasil Membuat Konsumen Ketergantungan Dengan Produknya
Pendahuluan
Setiap perusahaan dalam menjalankan
aktivitas usahanya selalu menyusun rencana kegiatan terlebih dahulu yang akan
dilakukannya dalam rangka untuk mencapai tujuan usaha yang di harapkan. Rencana
yang disusun memberi arah terhadap kegiatan yang akan dijalankan untuk
pencapain tujuan. Rencana kegiatan perusahaan yang menyeluruh harus didukung
dengan rencana pelaksanaan yang lebih rinci dalam bidang-bidang kegiatan yang
terdapat dalam perusahaan tersebut. Dalam hal ini, sering ditemui adanya recana
produksi, rencana keuangan, dan rencana pemasaran. Rencana pemasaran yang
disusun suatu perusahaan tidak lepas dari rencana kegiatan perusahaan secara
menyeluruh, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.
Produser adalah orang yang bisa
memproduksi barang maupun jasa. Namun, bila kualitas barang maupun jasa yang
dihasilkan sangat memuaskan konsumen, maka produser bisa menjadi berkuasa dan
konsumen menjadi sangat tergantung pada produser. Hal ini terjadi karena
produser telah menguasai psikologi konsumen dan mampu memuaskan kebutuhan serta
keinginan konsumen. Sebagai produser, baik produser barang maupun produser jasa,
sudah menjadi kewajiban untuk memuaskan konsumen. Namun, ada karakteristik
produser tertentu yang membuat konsumen menjadi tergantung pada mereka.
Pembahasan
Apa saja 3 syarat itu?
-Syarat
pertama adalah produser harus memiliki pengetahuan lebih tentang produknya
dibandingkan konsumen. Pengetahuan mengenai suatu produk merupakan suatu hal
yang paling penting serta sangat harus dikomunikasikan oleh seorang produsen
dalam memberikan petunjuk atas produk yang ditawarkannya kepada seorang
konsumen. Segala upaya promosi yang dilakukan oleh seorang pemasar dimana
bertujuan guna memberikan edukasi atau pengetahuan kepada seorangkonsumen
khususnya dalam hal keunggulan apa yang dimiliki produknya tersebut dan tentu
tidak dimiliki oleh produk yang lainnya.
-Syarat
kedua adalah produser harus memiliki kendali/strategi penuh atas produksi dan
distribusi produknya. Strategi Distribusi produksi yang diterapkan oleh sebuah
perusahaan harus memastikan produk / layanan dapat mencapai maksimal potensial
konsumen dengan biaya distribusi yang minimal atau optimal. Strategi distribusi
yang baik dapat memaksimalkan pendapatan dan keuntungan Anda. Tetapi strategi
distribusi yang buruk dan tidak terencana dapat menyebabkan tidak hanya
kerugian namun juga membantu pesaing mendapatkan keuntungan melalui peluang di
pasar yang Anda buat.
-Syarat
ketiga adalah produk yang dihasilkan harus sulit untuk digantikan oleh produk
lain atau oleh produsen lain. Sistem monopoli sangat berguna untuk perusahaan. Sistem
tersebut menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat
dekat, serta keuntungan yang diperoleh melebihi normal. Bahkan dalam pasar
monopoli biasanya hanya satu produsen yang dapat menetapkan harga
produk-produknya.
Permasalahan
Karakteristik
produser yang berkuasa ini dapat menimbulkan ketergantungan konsumen pada
produser, sehingga mereka tidak memiliki banyak pilihan dan harus membeli
produk dari produser tersebut. Hal ini juga dapat membuat produser menjadi
terlalu puas dengan dirinya dan kurang mendengarkan kebutuhan dan keluhan
konsumen. Produser yang berkuasa bisa menimbulkan ketidakseimbangan kekuasaan
antara produser dan konsumen. ini dapat memunculkan praktik-praktik bisnis yang
tidak etis.
Solusi
Solusinya
adalah dengan memastikan bahwa produk yang dihasilkan tidak hanya memenuhi
kebutuhan konsumen, tetapi juga memberikan nilai tambah yang membedakan dengan
produk dari produsen lain. Produser juga harus fleksibel dan dapat beradaptasi
dengan perubahan kebutuhan konsumen, sehingga tidak hanya fokus pada produk
yang dihasilkan. Dalam hal ini, produser juga harus memperhatikan feedback dari
konsumen dan terus meningkatkan kualitas produknya. Selain itu, mempertahankan
kredibilitas dan kepercayaan konsumen juga sangat penting, sehingga produser
harus transparan dan jujur dalam menghadapi konsumen. dengan meningkatkan
kualitas barang/jasa yang dihasilkan. Sebagai seorang produser, Anda harus
mampu memenuhi ketiga syarat agar konsumen menjadi sangat tergantung pada Anda.
Ketiga syarat tersebut adalah kualitas, keunikannya, dan kebutuhan yang
dihasilkan oleh barang/jasa yang Anda produksi. Dengan meningkatkan kualitas
barang/jasa yang dihasilkan, produser akan lebih memuaskan kebutuhan konsumen
dan menjadi produser yang lebih berkuasa.
Daftar Pustaka
Czinkota, M. R., &
Ronkainen, I. A. (2013). International marketing. Cengage Learning.
Kotler, P., & Keller,
K. L. (2015). Manajemen Pemasaran. Pendidikan Pearson, Terbatas.
Siti F., Mirza C. (2019)
Makalah Manajemen Pemasaran. https://id.scribd.com/document/431677113/Makala-h-Manajemen-Pemasaran
0 komentar:
Posting Komentar