Jumat, 21 Juli 2023

UAS PSIKOLOGI INDUSTRI & ORGANISASI

 

UJIAN AKHIR SEMESTER

PSIKOLOGI INDUSTRI & ORGANISASI

 

Nama                           : Yoni R. Tamim

Nim                             : 22310410092                       

Kelas                           : Reguler A1

Dosen Pengampu    : Dr., Arundati Shinta, MA




DAYA TARIK PRODUSER DALAM MEMIKAT KONSUMEN


Ketergantungan rantai pasokan terjadi ketika konsumen bergantung pada produsen untuk memenuhi kebutuhan bisnisnya. Hal ini terjadi ketika konsumen tidak memiliki sumber daya atau kapabilitas yang cukup untuk memproduksi sendiri barang atau jasa yang dibutuhkan. Dalam kondisi ini, perusahaan mengandalkan produsen untuk memenuhi kebutuhan bisnisnya. Oleh karena itu, perusahaan cenderung membangun hubungan jangka panjang dengan produsen. .

Ketergantungan terhadap pemasok dapat memengaruhi keputusan strategis perusahaan, seperti pemilihan pemasok dan pengembangan produk. Dalam menjalankan bisnis di era globalisasi, tidak hanya faktor internal perusahaan yang perlu diperhatikan, namun juga faktor eksternal seperti rantai pasokan. Rantai pasokan merupakan jaringan pemasok dan distributor yang terlibat dalam proses produksi dan distribusi suatu produk. Oleh karena itu, teori ketergantungan rantai pasokan menjadi penting untuk dipahami dan diaplikasikan dalam strategi bisnis global

Konsumen atau erusahaan tidak hanya bergantung pada sumber daya internal untuk menjalankan bisnisnya, namun juga tergantung pada sumber daya eksternal seperti pemasok, distributor, dan mitra bisnis lainnya. Ketergantungan ini dapat berdampak pada risiko dan efisiensi operasional perusahaan Dalam konteks global, teori ketergantungan rantai pasokan semakin relevan mengingat semakin kompleksnya jaringan pasokan di era globalisasi. Perusahaan tidak hanya memiliki pemasok dan distributor lokal, namun juga di berbagai negara di seluruh dunia. Hal ini memunculkan risiko-risiko baru seperti risiko politik, risiko logistik, risiko mata uang, dan risiko perubahan regulasi yang dapat mempengaruhi rantai pasokan perusahaan.

Tiga syrat agar konsumen menjadi tergantung pada produser, yaitu:

1) daya tarik produk

Daya tarik produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, di konsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan.. Jika karakteristik menjadi lebih menarik untuk semua pelanggan, daya tarik pada kategori produk semakin bertambah untuk mereka, meningkatkan kemungkinan bilamana pelanggan akan mengadopsi pembaharuan dan melakukan pembelian. Daya tarik produk dibentuk oleh delapan pernyataan seperti harga produk, kelebihan produk, reputasi perusahaan, ketersediaan produk pendukung, aksesori dan jasa, baik buruknya review mengenai produk, kompleksitas produk, keuntungan relatif dan level standarisasi. Suatu produk tidak hanya memiliki mutu bila produk tersebut hanya menahan produk bebasnya saja, namun mutu dipengaruhi oleh berbagai aspek seperti daya tarik, daya tahan dan mudah dalam penggunaan dan pada khususnya suatu produk harus memuaskan keinginan dari konsumen. Prinsip-prinsip daya tarik produk merupakan perwujudan dari mutu produk yang sangat baik. Dimana dapat dikatakan bahwa mutu produk menentukan keadaan dan keberadaan suatu produk. Apabila mutu dari suatu produk itu jelek maka daya tarik suatu produk tersebut akan rendah, hal ini dikarenakan daya tarik merupakan sesuatu yang amat penting bagi produk.

2) Persepsi terhadapa produk

Salah satu teori yang dapat menerangkan hubungan antara sikap, minat dan perilaku adalah teori dari Fishbein dan Ajzen (1999:23) tentang model intensi perilaku (Fishbein’s Behavioral Intention Model) atau dikenal dengan teori Reasoned Action. Perilaku seseorang sangat tergantung pada minatnya sedangkan minat berperilaku sangat tergantung pada sikap dan norma subyetif atas perilaku. Keyakinan atas akibat perilaku sangat mempengaruhi sikap dan norma subyektifnya. Sikap individu terbentuk dari kombinasi antara keyakinan dan evaluasi tentang keyakinan penting seseorang konsumen sedangkan norma subyektif ditentukan oleh keyakinan dan motivasi bahwa orang lain penting berpendapat sebaiknya melaksanakan atau tidak berperilaku. Untuk melihat adanya proses daya tarik produk, dilihat adanya keinginan membeli yang timbul sebagai daya tarik produk. Timbulnya dorongan  untuk memiliki yang timbul karena kebutuhan dan ketertarikan pada produk yang ditawarkan. Keinginan untuk membeli juga bisa terbatas pada proses evaluasi terhadap produk dengan mempertimbangkan untuk membeli pada waktu yang akan datang. Minat beli yang diakibatkan daya tarik produk yang ditawarkan merupakan suatu mental dari konsumen yang merefleksikan rencana pembelian suatu produk terhadap merek tertentu. Naiknya daya tarik terhadap suatu produk yang sudah ditetapkan dapat meningkatkan tingkat konsumsi.

3) Produser harus dapat menciptakan kesan bahwa sumber-sumber, barang, atau jasa yang mereka tawarkan memiliki ketersediaan yang terbatas atau sulit diakses oleh konsumen. Dengan demikian, konsumen akan merasa perlu untuk segera memanfaatkan produk atau jasa tersebut karena takut kehilangan kesempatan.

permasalahannya adalah Hubungan antara produsen, konsumen, dan distributor adalah produsen sebagai penghasil barang/jasa yang dibutuhkan oleh konsumen akan menyalurkan barang/jasa yang diproduksi kepada distributor sebagai penyalur barang/jasa dari produsen kepada konsumen.


karena itu produser harus memahami kebutuhan konsumen, karena memahami kebutuhan konsumen merupakan salah satu cara yang perlu dilakukan para pelaku bisnis untuk mengetahui perilaku konsumen terutama kebutuhannya. Di mana dengan melakukan analisa kebutuhan konsumen, maka dapat membantu pelaku bisnis dalam menyusun strategi bisnis khususnya strategi pemasaran. Dengan melakukan analisis kebutuhan konsumen diharapkan pelaku bisnis mengetahui dengan jelas bagaimana dan apa kebutuhan konsumen yang sebenarnya.Sehingga nantinya diharapkan mampu menciptakan produk atau jasa yang sesuai ataupun mendekati dengan kebutuhan konsumen itu sendiri.


DAFTAR PUSTAKA 

ejournal.unsrat.ac.id

https://ejournal.unsrat.ac.id › ...PDF

pengaruh daya tarik iklan dan citra produk terhadap keputusan - eJournal Unsrat

jom.universitassuryadarma.ac.id

https://jom.universitassuryadarma.ac.id › ...PDF

pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian mo




















0 komentar:

Posting Komentar