Sabtu, 01 Juli 2023

Essay Prestasi “JUARA 1 Lomba Game online MOBILE LEGENDS Bang-Bang”

Endy Zhuans Saputra

Nim : 22310410071

Mata Kuliah : Psikologi Sosial

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundanti Shinta, MA

Universitas Proklamasi 45 YK





Topik

Kegiatan Perlombaan Esport “Mobile Legends Bang-Bang” yang di laksanakan di Kedai SAMARATA Kecamatan Muara Badak.

Sumber

Endy Zhuans Saputra, Kedai Samarata, Jalan Perintis, Kec. Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, 9 April 2023.

Ringkasan

Esports atau electronic sports adalah istilah yang sangat populer saat ini. Esports adalah jenis olahraga berbasis peralatan elektronik seperti PC (komputer), HP (Mobile phone) atau konsol game seperti PlayStation atau Xbox. Ada banyak genre dan titel game esports yang dipertandingkan di seluruh dunia dalam format turnamen dari skala kecil, komunitas sampai kejuaraan dunia.

 

Pada perlombaan yang saya ikuti setingkat kecamatan saya dan sekitarnya. Di kedai ini sudah menyelenggarakan 2 kali atau biasanya di sebut 2 season. Jumlah tim yang mendaftar pada season ini mencapai 32 Tim dan juga multi slot di perbolehkan dalam perlombaan ini (multi slot yaitu dimana 5 orang memiliki 2 tim di kubu yang berbeda ) tujuan multi slot yaitu untuk memperbesar peluang untuk masuk ke babak final , jika slot pertama gugur masih mempunyai slot kedua yang nantinya akan bertanding kembali memperebutkan tiket menuju babak selanjutnya.

 

Kebetulan tim saya di tawarkan untuk mengambil 2 slot karena untuk memenuhi sisa slot yang masih kosong. Jika 1 tim memiliki 2 slot lalu menang sampai final otomatis tim yang memiliki 2 slot tersebut menjadi juara 1 dan juara 2. Di perlombaan ini tim saya termasuk tim yang kuat dan terkenal di kecamatan tersebut dan babak kualifikasi sampai final kami dapatkan dengan kesulitan yang tidak terlalu mudah dan tidak terlalu sulit. Pada akhirnya tim kami menang hingga akhir yang berarti tim saya otomatis mendapatkan juara 1 dan juara 2, tetapi karena pada technical meeting panitia mengganti aturan dengan ketika ada tim yang memiliki 2 slot lalu menang sampai akhir itu tidak bisa mengambil juara 1 dan juara 2, hanya bisa mengambil juara 1 dan juara 3. Mungkin kebijakan ini di terapkan panitia agar tim yang lain mendapatkan kesempatan untuk meraih posisi 2.

Ringkasan

(lanjutan)

Pada perlombaan ini saya menjadi ketua tim dan role yang saya mainkan yaitu Roamer, peran yang saya mainkan tidaklah mudah karena saya harus mengendalikan jalannya permainan saya juga bertanggung jawab atas segala tindakan yang nantinya akan menguntungkan tim atau merugikan tim. Perlombaan ini pun kami menangkan dengan meraih Juara 1 dan Juara 3 saya dan Teman-teman sangat senang karena ini adalah moment yang kami nantikan, Berdiri di puncak sebagai pemenang di kecamatan tempat kami tinggal. Tim yang saya buat akhirnya membuahkan hasil.

Permasalahan

Perlombaan yang di adakan di daerah saya masih kurang dalam segi fasilitas tentu hal itu mengganggu kami sebagai pemain dalam bermain game online tersebut contohnya yaitu,

-       Tempat bermain yang layak, kami bermain hanya di 1 ruangan kurang lebih 5x6 meter dan di dalam ruangan tersebut tim yang akan bermain akan bersatu dalam tempat tersebut dan mungkin beberapa player akan merasa terganggu saat berkomunikasi karena banyak suara di dalam sana

-       Jaringan yang tidak stabil, Kedai yang menyelenggarakan lomba juga tidak memfasilitasi jaringan Wifi sehingga player harus menyiapkan jaringan mereka sendiri. Hal ini juga mempengaruhi para player dalam mengeluarkan kemampuan mereka dalam bermain.

-       Waktu yang tidak On time, waktu yang melar atau ngaret itu menyebabkan pertandingan tim lain jadi tertunda bisa bisa sampai tengah malam dan itu akan mengganggu jam tidur player yang akan bermain lagi di kemudian hari. Walau pertadingan fase 1 di mulai jam 9 malam tetapi tetap saja player yang bermain hingga tengah malam tidak bisa mengoptimalkan kebugaran mereka akibatnya mood para player bisa terpengaruh.  

Opini saya

-       Dengan adanya perlombaan ini para remaja di daerah saya bisa mengganti kegiatan mereka menjadi lebih positif dan waktu luang mereka dipakai untuk berkompetitif bersama remaja yang lain.

 

-       Semoga kedepannya esport di kecamatan kecamatan lain juga bisa berkembang dari segi fasilitas, player, dan doorprize. Dan game online bisa membawa manfaat baik, banyak orangtua yang melarang anak mereka untuk banyak bermain game karena mereka menilai game online itu buruk semoga hobby mereka juga bisa di dukung melalui perlombaan ini.








0 komentar:

Posting Komentar